Cek TNKB Mobil

2 Cara Cek TNKB Mobil: Proses dan Manfaatnya

TNKB Mobil

Cek TNKB Mobil: Proses dan Manfaatnya. TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) adalah plak nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor di Indonesia. Setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di Indonesia harus memiliki TNKB yang valid. TNKB terdiri dari tiga bagian, yaitu kode wilayah, nomor seri, dan tanda negara. Kode wilayah menunjukkan wilayah di mana kendaraan tersebut didaftarkan, nomor seri menunjukkan urutan pendaftaran kendaraan, dan tanda negara menunjukkan negara asal kendaraan. TNKB harus ditempelkan pada bagian depan dan belakang kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Banyak masyarakat yang bingung tentang cara cek plat nomor kendaraan dan pemilik. Biasanya untuk mengecek plat nomor kendaraan dilakukan di Samsat.

Cek TNKB Mobil

Cek TNKB Mobil Via SMS

Cara cek TNKB Mobil plat nomor kendaraan dan pemilik yang pertama dengan menggunakan SMS. Kirim SMS secara regular dari ponsel pintar dengan format METRO [spasi] plat nomor polisi kendaraan yang akan Anda cek. Kemudian kirim SMS ke nomor 1717.

Contoh dari penggunaan SMS untuk cek plat nomor mobil di Jakarta adalah METRO B1234SAM. Kemudian kirim ke 1717. Setelah itu SMS balasan berisi data kendaraan, seperti nama pemilik kendaraan dan berbagai macam informasi lainnya.

Cek TNKB mobil, Nomor kendaraan bermotor, Status STNK mobil, Pemilik mobil, Tanggal pembuatan mobil, Masa berlaku STNK mobil, Informasi kendaraan bermotor, Proses cek TNKB mobil, Jasa cek TNKB mobil, Cek kendaraan bermotor online, Cek status mobil, Cek legalitas mobil, Cek data pemilik mobil, Cek masa berlaku STNK mobil,Cek tanggal pembuatan mobil,Cek nomor kendaraan bermotor.

Cek TNKB Mobil Via Aplikasi

Cara cek plat nomor kendaraan dan pemilik yang lainnya yaitu menggunakan aplikasi ponsel pintar. Unduhlah aplikasi ‘Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta’ untuk langsung mendapatkan informasi terkait mobil sesuai plat nomor yang dimasukkan. Tampilan aplikasi ini mirip dengan website Samsat DKI Jakarta yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya.

Anda hanya perlu memasukkan plat nomor mobil yang informasinya ingin dicari. Setelah itu, informasi terkait mobil tersebut akan tampil secara jelas. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat digunakan jika kamu sudah melakukan registrasi terlebih dulu. Jadi kamu perlu mendaftar dengan memasukkan alamat email serta password.

Jika sudah melakukan registrasi, kamu tinggal memilih menu PKB, lalu isi plat nomor kendaraan bermotor yang ingin dicari informasinya. Klik Proses untuk mendapatkan informasi sepenuhnya.

Cara cek plat nomor kendaraan dan pemilik yang terakhir menggunakan website. Anda bisa mengakses http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Saat masuk ke dalam website tersebut, maka muncul tampilan Samsat DKI Jakarta. Masukkanlah kombinasi nomor plat kendaraan yang informasinya ingin dicari. Di bagian kolom berikutnya, kamu sebenarnya diminta untuk memasukkan NIK.

Tetapi jika memang tidak ada, Anda bisa membiarkannya tetap kosong. Lalu beri tanda centang pada bagian klik kota kosong di sebelah tulisan “I’m not a robot” untuk verifikasi otomatis. Jika semuanya telah dilakukan, sekarang waktunya klik Proses.

Dari sana, maka kamu akan mendapatkan informasi mobil berdasarkan plat nomor yang telah dimasukkan. Informasi ini terdiri dari merek mobil, tipe mobil, jenis bahan bakar, warna mobil, besar pajak, hingga masa berlaku pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan pemilik kendaraan. Cara ini juga bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan saat jatuh tempo membayar pajak.

Cek TNKB atau Cek Nomor Kendaraan Bermotor adalah proses untuk melakukan pengecekan status dan informasi dari sebuah kendaraan bermotor. Informasi yang didapat melalui proses cek TNKB dapat berupa data pemilik, tanggal pembuatan, dan masa berlaku STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Proses cek TNKB dapat dilakukan secara online melalui website resmi pemerintah atau melalui jasa cek TNKB yang tersedia. Cek TNKB sangat penting untuk memastikan kendaraan yang akan dibeli atau digunakan tidak memiliki masalah hukum dan dapat digunakan dengan aman.

Baca Juga : Gedung BPKB Bandung, Apa Saja Pelayanan yang Diberikan?

Similar Posts