4 Tips Menyusun Rencana Keuangan Keluarga

Menyusun Rencana Keuangan Keluarga

Tips Menyusun Rencana Keuangan KeluargaMenyusun Rencana Keuangan Keluarga perlu dilakukan secara hati-hati. Sangat mudah untuk kehilangan beberapa strategi dasar dalam menyusun rencana keuangan namun penting sehingga dapat melindungi dan meningkatkan keuangan keluarga Anda di masa depan. Ini menjadi hal yang penting, karena dalam beberapa kasus tak peduli seberapa besar pun penghasilan yang diadapat oleh seseorang, ternyata masih saja seringkali terjadi kekurangan uang di akhir bulan.

Berikut adalah empat point utama dalam Menyusun Rencana Keuangan Keluarga secara cerdas.

Dana Kas dan Kewajiban

Tips menyusun rencana keuangan keluarga pertama yaitu berapa banyak uang yang kamu miliki?, berapa pendapatan kamu?, dan juga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan, seperti tagihan telepon, listrik, belanja bulanan, biaya kesehatan, dan juga biaya perawatan kendaraan. Pastikan anda juga mengetahui dengan pasti berapa jumlah hutang kartu kredit, cicilan rumah, atau cicilan kendaraan anda. Dengan dengan mengidentifikasi semuanya anda dapat memperhitungkan kisaran pengeluaran yang mesti dikeluarkan setiap bulannya.

Pastikan Anda memiliki dana darurat yang memadai dan mencakup setidaknya enam bulan dari biaya hidup. Menyimpan beberapa dari uang dalam rekening yang bisa langsung dicairkan, seperti rekening tabungan atau reksadana pasar uang, dan beberapa instrumen berimbal hasil lebih tinggi yang dapat diakses cukup cepat dan menawarkan hasil yang lebih tinggi.

Lihat dan konsolidasikan hutang-hutang. Pinjaman rumah juga dapat menjadi alat yang baik untuk konsolidasi hutang, atau contoh hutang yang lain seperti kartu kredit dan kredit mobil, karena kredit tersebut mempunyai tingkat bunga yang lebih tinggi .

Investasi

Tips menyusun rencana keuangan keluarga kedua yaitu tinjau tujuan dan impian Anda secara teratur, bersama dengan toleransi risiko Anda, untuk memastikan portofolio investasi sejalan dengan ini. Menyeimbangkan portofolio setidaknya setahun sekali untuk menjaga aset. Anda juga perlu meninjau target keuangan keluarga secara berkala. Penyesuaian investasi dilakukan agar tetap selaras dengan horison waktu investasi Anda. Carilah cara-cara untuk lebih mendiversifikasi portofolio investasi. Misalnya, mempertimbangkan investasi dalam emas, saham, reksadana, atau obligasi. Diversifikasi membantu Anda menyebar risiko seluruh portofolio, sehingga investasi yang buruk dapat diimbangi oleh investasi yang relatif lebih baik dalam memberikan keuntungan.

Perlindungan – Asuransi

Tips menyusun rencana keuangan keluarga berikutnya adalah Check mobil dan rumah secara teratur untuk membantu memastikan memiliki asuransi dengan perlindungan yang tepat namun tetap dengan harga premi yang hemat. Pertimbangkan juga  membeli asuransi jiwa dan kesehatan. Sehingga bisa mengcover perawatan kesehatan jangka panjang untuk menutupi biaya perawatan yang berpotensi besar di kemudian hari.

Pajak

Tips menyusun rencana keuangan keluarga terakhir adalah Pajak yang dibayarkan atas investasi mempengaruhi berapa banyak keuntungan yang didapatkan, sehingga mempengaruhi pada tujuan dan impian Anda. Review besaran pajak dari berbagai investasi Anda.

Demikianlah tadi beberapa tips dalam melakukan perencanaan rencana keuangan keluarga secara cerdas. Tak ada salahnya untuk selalu bicarakan dengan penasihat keuangan Anda tentang Menyusun Rencana Keuangan Keluarga.

Informasi Tips Pengunaan Kartu kredit dsini tempatnya