Apa Itu Kakeibo dan Penerapannya Lengkap

Pertanyaan mengenai apa itu Kakeibo dan penerapannya menjadi salah satu hal yang banyak dibicarakan, dikarenakan sulitnya mengatur keuangan dalam rumah tangga. Tentu saja karena metode penerapan Kekeibo dipercaya dapat menghemat keuangan lebih efektif.

Apalagi dalam manajemen finansial tidak semudah yang kita bayangkan terkadang ada kendala berujung pada bengkaknya pengeluaran sehingga tidak ada uang tersisa untuk ditabung. Alhasil keuangan bocor dan tak tertangani sehingga terlilit hutang ke sana kemari.

Nah, penerapan Kakeibo ternyata sudah berlangsung sejak 100 di Jepang oleh para ibu rumah tangga. Jika Anda dalam mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan bisa menerapkan metode Kakeibo ala Jepang ini.

Apa Itu Kakeibo?

Kakeibo dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘seni penganggaran manual’. Bahkan juga ada yang menyebutnya sebagai buku rekening untuk ekonomi rumah tangga.

Metode Kakeibo dibuat oleh jurnalis Jepang Hani Motoko pada tahun 1904. Apa itu Kakeibo dan penerapannya sebenarnya sederhana, kita hanya cukup melakukan pencatatan keuangan secara rinci.

Kakeibo hanya sebuah jurnal pembukuan untuk mengelola penghasilan dan pengeluaran yang dilakukan dengan pencatatan secara tulis tangan. Kakeibo method ini dibuat demikian agar kita memiliki kesadaran emosional pada setiap pengeluaran yang dicatat.

Adanya kesadaran diri ini membuat kita kedepannya lebih berpikir lagi untuk mengeluarkan uang. Apakah digunakan untuk hal-hal yang benar ataukah tidak.

Sekilas mengetahui tentang apa itu Kakeibo dan penerapannya, ada empat pertanyaan dasar dalam pengaplikasiannya. Di antara pertanyaan tersebut yaitu :

  • Berapa banyak uang yang dimiliki?
  • Berapa banyak uang yang ingin disimpan?
  • Berapa banyak uang yang dibelanjakan?
  • Bagaimana cara meningkatkan jumlah uang yang ditabung?

Cara Menerapkan Metode Kakeibo dalam Menghemat Keuangan ala Orang Jepang

penerapan kakeibo

Setelah mengetahui lengkap apa itu Kakeibo dan penerapannya, meskipun pengaplikasian yang hanya sekilas pada cacatan tertulis tangan saja. Lebih lengkap mengenai penerapan metode tersebut sebagai berikut:

1. Fokus Mengontrol Pengeluaran dan Jangan Menganggap Menabung Sebuah Tugas

Penerapan Kakeibo adalah dengan fokus mengontrol pengeluaran dan jangan terlalu memikirkan berapa uang yang akan ditabung. Sebab, dalam filosofi Kakeibo menabung akan berlangsung konsisten bila dapat mengeluarkan uang pada kebutuhan dengan baik.

Gunakan prinsip Kakeibo ini agar Anda lebih semangat dalam menabung. Menggiring diri untuk fokus mengelola pengeluaran dengan baik membuat menabung terasa lebih ringan.

Sebab, bila Anda terlalu fokus pada jumlah uang yang harus disimpan itu akan menjadi sebuah tugas. Kita tahu tugas sebagian besar adalah beban sehingga bisa saja menabung menjadi tidak konsisten dan berlangsung lama.

Jadi, setelah mengetahui apa itu kekeibo dan penerapannya yang pertama ini, Tentu saja Anda harus memiliki konsep berpikir kalau menabung merupakan cara untuk mewujudkan impian besar agar lebih termotivasi lagi.

2. Catat Seluruh Pemasukan

Selain fokus pada pengelolaan pembelanjaan uang, dalam menerapkan Kakeibo budgeting Anda juga perlu mencatat seluruh pemasukan. Mulai dari pekerjaan utama atau sampingan.

Catat semua jenis penghasilan pada buku catatan khusus pengeluaran. Penerapan -metode Kakeibo yang kedua ini penting untuk mengetahui dengan pasti nominal pendapatan yang sudah Anda kumpulkan setiap bulannya.

Memahami -apa itu Kakeibo dan penerapannya disadari cukup penting dalam pengelolaan keuangan utamanya pemasukan sebagai pertimbangan untuk pengeluarannya.

Jika sudah mencatat semua pemasukan secara rinci, lanjutkan dengan mendaftar berbagai kebutuhan pokok yang harus terpenuhi dalam sebulan.

3. Buat List Kebutuhan Sesuai Kategori

Dalam metode Kakeibo tidak hanya menerapkan pencatatan pada pemasukan saja. Tetapi mencatat semua kebutuhan dan pengelompokannya sesuai kategori juga diperlukan untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan agar lebih hemat.

Pada metode ala orang Jepang ini terdiri dari empat jenis pengeluaran yang dikategorikan sebagai berikut:

  • Survival adalah kebutuhan pokok seperti makan, biaya pendidikan, kesehatan transportasi cicilan dan berbagai kebutuhan urgent lainnya.
  • Optional merupakan kebutuhan sekunder seperti hiburan, makan di resto dan sejenisnya.
  • Culture termasuk kebutuhan yang sifatnya memperluas wawasan seperti membeli buku, berlangganan majalah dan lain sebagainya.
  • Extra merupakan pengeluaran lain yang mencangkup biaya perbaikan rumah perawatan kendaraan, hadiah dan lain sebagainya.

Mengetahui apa itu Kakeibo dan penerapannya yang ke tiga ini. Maka Anda harus memakai 4 kategori di atas untuk mengelompokkan kebutuhan pengeluaran Anda dalam sebulan.

Dengan demikian Anda bisa melihat berapa uang yang tersisa dan disediakan untuk disimpan. Bisa juga untuk dialokasikan pada kebutuhan atau keinginan lainnya yang sekiranya penting dan bermanfaat.

4. Pilah antara Kebutuhan dan Keinginan

Cara menerapkan metode Kakeibo berikutnya yaitu dengan mengelompokkan antara kebutuhan dan keinginan secara jelas dari uang yang tersisa. Misalnya, jika terlintas untuk membeli makan di luar coba pikirkan terlebih dahulu apakah itu merupakan sesuatu yang penting dan sangat kita butuhkan?

Dengan mencoba mempertimbangkan dengan baik maka akan menjadi lebih mudah mengetahui hal yang memang dibutuhkan dalam menunjang kehidupan Anda.

Pikirkan terlebih dahulu kondisinya jika memang tidak memungkinkan untuk memasak sendiri seperti sakit, maka makan di luar juga menjadi kebutuhan yang penting.

Namun berbeda jika sebaliknya, kalau memang sangat ingin dan itu mengganggu Anda maka caranya agar hajat ini terpenuhi yaitu dengan mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga : cara mengatasi masalah finansial.

5. Siapkan Amplop untuk Setiap Kategori Pengeluaran

Setelah mengetahui apa itu Kakeibo dan penerapannya dalam pengkategorian kebutuhan, maka langkah selanjutnya Anda harus menyiapkan amplop untuk semua mengelompokkan pengeluaran.

Jika semuanya dipastikan sudah tercatat dengan baik. Langkah selanjutnya, tinggal masukkan uang dalam amplop pada masing-masing kategori. Ini akan mememudahkan Anda untuk mengetahui berapa pengeluaran dan uang yang tersisa.

6. Kurangi Pemakaian Kartu Kredit

Mengurangi penggunaan kartu kredit akan meminimalisir peluang berbelanja untuk hal penting dengan nominal besar. Oleh karena itu, dalam Kakeibo budgeting Anda dianjurkan untuk menarik uang tunai saat gajian, kemudian kelompokkan dalam empat kategori.

Dengan begitu, pengeluaran jadi lebih teratur dan tidak berlebihan. Karena Anda membelanjakan uang sesuai kebutuhan.

7. Rutin Lakukan Evaluasi Tiap Akhir Bulan

Mengetahui apa itu Kakeibo dan penerapannya dalam pengeluaran sesuai kategori. Cara menerapkan metode menghemat ala orang Jepang yang terakhir adalah mengevaluasi pengeluaran pada tiap akhir bulan.

Lihat pengeluaran selama satu bulan terakhir pada jurnal, nantinya Anda bisa menilai terkait pengeluaran selama ini apakah harus diperbaiki atau sudah teratur. Jika dirasa sudah teratur, mungkin sisanya pada percobaan pertama tidak terlalu besar.

Tetapi jika dilakukan secara konsisten bisa saja akan meningkatkan nominal sisa uang yang lumayan besar dan ini dapat dimanfaatkan untuk ditabung.

Bagaimana sudah memahami apa itu Kakeibo dan penerapannya dalam mengelola keuangan? Nah, metode Kakeibo ini cukup sederhana kan, cukup dengan mengkategorikan masing-masing kebutuhan dan mengeluarkan uang dalam amplop sesuai tingkat kebutuhan.

Alhasil menjadi lebih hemat dan memungkinkan menabung dengan nominal besar. Keren kan?