Raih Untung Di Masa Depan, 6 Cara Aman Investasi untuk Pelajar

Memulai investasi tidak perlu menunggu dewasa atau memiliki pekerjaan tetap, sebab berinvestasi juga bisa dilakukan pelajar dan mahasiswa. Sama halnya dengan menabung, berinvestasi akan lebih baik dilakukan secepat mungkin.

Bahkan dibandingkan menabung, investasi bisa lebih menguntungkan karena retur penanaman modal yang dapat melawan inflasi. Saat ini, investasi jarang dilakukan pelajar karena ada rasa takut yang menghantui.

Ketakutan untuk memulai, takut tidak cukup andal hingga  ketakutan mengalami kerugian. Memang seharusnya investasi dilakukan dengan pemahaman yang baik, setidaknya memahami jenis investasi yang dipilih, cara kerjanya serta risiko yang dimiliki.

Pengertian Investasi dan Macam-macamnya untuk Pelajar

pengertian investasi

Sebelum memilih investasi untuk pelajar yang cocok dan sesuai, penting memahami terlebih dahulu apa itu investasi. Investasi adalah kegiatan menanamkan modal uang atau aset dalam waktu tertentu untuk mendapat keuntungan. Namun investasi juga memiliki risiko mengalami kerugian dalam kondisi tertentu.

Bagi pelajar atau investor pemula yang belum paham betul, bisa menggunakan Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya. MI adalah pihak yang berwenang menghimpun dan mengelola dana dari investor untuk diinvestasikan. Bagi investor pemula, menggunakan jasa MI bisa menjadi pilihan untuk menginvestasikan dana Anda.

Ada banyak macam-macam investasi yang ditawarkan untuk para investor. Namun untuk pelajar, lebih baik memilih yang tidak sulit untuk dicoba dan memiliki risiko kerugian lebih rendah.

Emas

Investasi emas dapat dipilih pelajar untuk mengamankan modal dan memperoleh keuntungan. Termasuk investasi dengan risiko rendah namun mudah untuk dicairkan ketika dibutuhkan karenanya sangat cocok untuk pemula.

Modal yang dibutuhkan juga terjangkau, apalagi saat ini banyak penawaran cicilan investasi emas. Namun sebagai investasi rendah risiko, keuntungan yang dihasilkan juga rendah, hanya sekitar 2 hingga 4 persen per tahun.

Deposito berjangka

Berikutnya deposito berjangka sebagai investasi yang aman untuk pelajar. Investasi deposito biasanya ditarakan perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Termasuk investasi rendah risiko dengan keuntungan yang dapat disesuaikan.

Sebab deposito memberikan penawaran jangka waktu atau disebut tenor untuk pengambilan dana. Semakin lama tenor yang dipilih semakin banyak keuntungan didapat. Besaran modal yang dibutuhkan tergantung dari bank atau lembaga keuangan yang menawarkan deposito.

Reksadana

Investasi reksadana juga termasuk investasi yang rendah risiko karenanya menjadi sangat populer untuk anak muda. Yakni menanamkan modal yang dimiliki pada beberapa jenis investasi.

Investasi ini juga biasanya ditawarkan lembaga keuangan, dengan keuntungan yang beragam. Karena risiko kerugian yang rendah membuat jenis investasi ini dijadikan pembelajaran untuk mulai berinvestasi.

Saham

Investasi saham menjadi yang terakhir dapat dicoba pelajar. Sebab dibandingkan jenis investasi sebelumnya, saham memiliki risiko kerugian paling tinggi. Teknisnya juga berbeda, yakni menginvestasikan modal yang dimiliki pada satu perusahaan.

Investor akan mendapat lembaran atau slot saham yang dapat dicairkan dengan keuntungan sesuai kondisi perusahaan. Namun karena risikonya cukup tinggi, penting untuk mempelajari lebih dalam untuk pelajar yang ingin mencoba investasi saham.

Cara Mudah dan Aman Investasi untuk Pelajar

investasi untuk pelajar
Raih Untung Di Masa Depan, 6 Cara Aman Investasi untuk Pelajar 1

Beberapa jenis investasi memiliki risiko kerugian rendah cocok untuk pelajar. Namun tidak kalah penting untuk lebih memahami tentang investasi untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu, investasi dengan risiko rendah sekali pun juga memiliki kemungkinan untuk merugi, karenanya penting untuk melakukan investasi dengan benar. Bagi pelajar atau investor pemula, beberapa langkah berikut sebagai perhatian untuk investasi dengan aman:

Pahami konsep dan risiko investasi

Seperti dijelaskan sebelumnya penting memahami investasi lebih dalam, karena investasi bukan hanya ada keuntungan melainkan risiko kerugian. Keuntungan berbanding lurus dengan risiko kerugian, jadi semakin kecil risiko kerugian kecil pula keuntungan yang bisa didapat.

Dengan pemahaman yang baik, dapat menentukan jenis investasi yang cocok. Risiko kerugian juga disebabkan beberapa hal yang dapat dipelajari, misalkan risiko pasar, risiko likuiditas, risiko inflasi, risiko suku bunga dan lain sebagainya.

Pilih jangka waktu investasi yang tepat

Keuntungan investasi untuk pelajar tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, namun dapat ditentukan untuk menyesuaikan jenis investasi yang tepat. Bagi pelajar, menetapkan jangka waktu dapat mempertimbangkan kebutuhan di masa depan, misalkan dana yang dijadikan investasi adalah tabungan untuk biaya kuliah.

Menentukan jenis investasi yang cocok dengan jangka waktu juga dapat mengoptimalkan keuntungan yang bisa didapat. Pilihan jangka waktu bisa dibagi menjadi jangka pendek untuk waktu kurang dari tiga tahun, jangka menengah untuk 3 – 5 tahun dan jangka panjang jika lebih dari 5 tahun.

Tentukan jenis investasi

Jika sudah menentukan jangka waktu investasi dengan mempertimbangkan tujuan, Anda dapat memilih jenis investasi yang tepat. Jangan lupa mempertimbangkan profil risiko Anda untuk mendapat hasil lebih efektif.

Ada tiga jenis profil risiko yakni konservatif untuk investor mengharapkan keuntungan cenderung stabil. Moderat bagi yang dapat menerima naik turunnya saham dan Agresif untuk investor yang dapat mentolerir risiko tinggi.

Karena untuk pelajar maka dapat dikategorikan sebagai konservatif, maka dapat memilih investasi dengan risiko rendah yang menawarkan keuntungan stabil. Namun bukan berarti semua pelajar demikian, bisa saja Anda cukup berani untuk mencoba jenis investasi dengan risiko tinggi. Karena itu semua kembali pada masing-masing orang.

Lakukan secara konsisten

Setelah menentukan menanamkan modal pada suatu instrumen investasi, jangan meninggalkannya begitu saja. Untuk memaksimalkan aktivitas investasi yang dilakukan, Anda perlu memantau perkembangan investasi secara berkala atau dalam periode tertentu. Dari pemantauan tersebut, lakukan evaluasi kinerja investasi yang berjalan secara berkala.

Selain itu, Anda dapat menambahkan modal investasi untuk hasil lebih maksimal. Karena investasi dapat dilakukan bertahap, Anda dapat menambahkan menanam modal setiap periode tertentu sesuai budget yang dimiliki.

Lakukan investasi beberapa jenis sekaligus

Setelah mencoba memulai investasi, Anda dapat mencoba menanamkan modal pada instrumen investasi lain. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kerugian dibandingkan menanamkan modal pada satu instrumen sekaligus.

Misalkan mencampur tabungan dengan reksadana, deposito berjangka, emas sekaligus. Jika ada satu saja investasi yang gagal atau mengalami kerugian, masih memiliki kemungkinan mendapatkan keuntungan pada jenis investasi lainnya.

Jangan ragu memulai dengan modal kecil

Tidak perlu menunggu memiliki modal besar untuk memulai investasi pertama Anda. Apalagi untuk pelajar, dengan uang Rp 100 ribu sudah bisa memulai investasi. Jangan khawatir karena kini banyak platform investasi yang memungkinkan investasi dengan modal kecil. Misalkan saja, investasi emas yang dapat dibeli dengan cicilan melalui tabungan emas.

Jadi apakah Anda sudah siap mendapatkan keuntungan dari investasi? Dunia investasi adakalanya membuat Anda gugup terlebih bagi pemula. Namun jangan mundur karena di samping ada risiko juga ada keuntungan masa depan yang menanti.

Dengan menerapkan tips investasi untuk pelajar di atas, dapat membantu lebih tenang dan percaya diri dalam investasi Anda. Terima kasih dan selamat mencoba

Artikel Keuangan lainnya bisa di cek Di bawah ini :

  1. Rumus Mengatur Gaji 4-3-2-1 Untuk Pengeluaran Lebih Bijak
  2. 7+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sangat Mudah
  3. 7+ Cara Mengatur Uang Bulanan Dan Manfaatnya Yang Luar Biasa
  4. Apa Itu Kakeibo Dan Penerapannya Lengkap
  5. Mengapa Dana Darurat Untuk Lajang Itu Penting
  6. Metode 50 30 20 Dalam Mengatur Gaji, Anti Boros
  7. Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 juta Yang Wajib Dipelajari
  8. Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
  9. 4 Tips Menyusun Rencana Keuangan Keluarga
  10. 6 Tips Penggunaan Kartu Kredit
  11. Tips Mengelola Keuangan Dan Manfaatnya
  12. Cara Mengatasi Masalah Finansial Agar Rumah Tangga Awet
  13. 7+ Kelebihan Dan Kekurangan Menabung Di Bank, Anda Harus Tau
  14. Tips Mengunakan Paylater Dengan Bijak Agar Tidak Tergelincir Hutang
  15. Mengenal Dan Memahami Cara Menyiapkan Dana Darurat
  16. Tips Mengatur Keuangan Traveling Agar Budget Anda Mencukupi
  17. Kakeibo, Cara Mengatur Gaji Orang Jepang
  18. Menabung Vs Berinvestasi Manakah Yang Lebih Baik
  19. 7+ Keuntungan Dan Kerugian Investasi Emas, Anda Harus Tahu
  20. Tips Investasi Emas Online
  21. 5 Kiat Memulai Investasi Reksadana Untuk Mahasiswa
  22. 7+ Tips Investasi Deposito Yang Gampang Dan Menguntungkan
  23. 7 Kesalahan Dalam Berinvestasi Saham Dan Cara Menghindarinya
  24. Kakeibo, Cara Mengatur Gaji Orang Jepang
× Halo Min.. Minta Informasi