Cara Bayar Pajak Kendaraan Online Tanpa Bikin Ribet

Cara bayar pajak kendaraan baik motor atau mobil sekarang ini semakin mudah. Selain Anda bisa datang ke Samsat terdekat, membayar pajak kendaraan juga bisa dilakukan secara online. Seperti apa cara bayar pajak online yang bisa dilakukan?

Dengan hadirnya sistem bayar pajak online, tak ada alasan lagi untuk terlambat bayar pajak karena lupa, tidak sempat, sibuk atau sebagainya. Anda bahkan bisa membayar pajak tepat waktu hanya dengan duduk di rumah memanfaatkan smartphone atau laptop.

Caranya bayar pajak kendaraan seperti apa, bisa Anda simak langsung dalam ulasan di bawah ini! Simak informasinya dan selamat mencoba ya!

Cara Bayar Pajak Kendaran Secara Online

Cara bayar pajak kendaraan

Cara bayar pajak kendaraan salah satunya dengan membayar pajak secara online, aplikasi yang akan kita gunakan adalah Samolnas atau aplikasi Samsat Online Nasional. Melalui aplikasi tersebut, selain Anda bisa membayar pajak kendaraan, Anda juga dapat membayar PNBP pengesahan STNK, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Cara bayar pajak kendaraan, pembayaran pajak secara online melalui Samolnas, tentu Anda harus download aplikasi Samolnas terlebih dahulu. Selanjutnya setelah aplikasi sudah terdownload, ikuti tutorial di bawah ini :

  • Setelah aplikasi terdownload, masuk ke aplikasi tersebut.
  • Klik mulai pada aplikasi yang sudah Anda buka dan kemudian pilih pendaftaran. Baiknya jangan Anda lupa untuk mempersiapkan beberapa berkas penting yang memang diperlukan.
  • Nantinya Anda juga akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi dan data penting yang berkaitan dengan kendaraan seperti nomor polisi kendaraan, nomor polisi yang tertera pada STNK dan 5 digit nomor rangka yang terdapat pada mobil.
  • Kalau sudah Anda masukkan semua informasi penting yang berkaitan dengan mobil, setelah itu lanjut untuk meminta kode bayar.
  • Akan muncul SKPP elektronik dan kode bayar yang berlaku selama 2 jam. Jadi pastikan Anda lakukan pembayaran dalam kurun waktu 2 jam tersebut.
  • Proses pembayaran dalam kurun waktu 2 jam yang sudah ditentukan bisa dilakukan pada bank yang sudah bekerja dengan aplikasi Samolnas atau melalui ATM seperti BCA, BRI, BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, CIMB Niaga dan Permata Bank. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui e-commerce seperti Bukalapak atau pun Tokopedia.
  • Nantinya jika Anda sudah membayar, Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran pada aplikasi.
  • Setelah itu Anda akan dikirimkan E-TBPKB dan e-pengesahan STNK melalui email sesuai dengan akun yang sudah didaftarkan pada Samolnas. Kedua dokumen tersebut berlaku sampai 30 hari sejak pertama kalinya dikirimkan ke email Anda.
  • Selanjutnya Anda akan dikirimi ke alamat Anda berupa TBPKB dan STNK serta stiker pengesahan STNK secara fisik ke alamat Anda. Biasanya proses pengiriman memakan waktu sekitar 5 sampai dengan 7 hari. Jadi tunggu sampai TBPKB dan STNK datang, jangan panik.

Aplikasi Samolnas

Pada aplikasi samolnas, tentu Anda akan temukan berbagai macam menu nantinya yang bisa Anda akses untuk membantu mempermudah Anda melakukan pembayaran. Beberapa menu pada aplikasi Samolnas terdiri atas :

Masuk Menu pendaftaran

Ini adalah menu ini merupakan layanan yang dapat diakses untuk mendaftarkan pembayaran atas SWDKLLJ, STNK, PKB atau untuk mendapatkan kode bayar pajak. Menu ini akan Anda lewati pertama kali ketika mengakses aplikasi Samolnas.

Menu info proses

Melalui aplikasi, Anda juga bisa mendapatkan informasi pelayanan pembayaran sudah sampai mana prosesnya dilakukan. Tinggal klik pada menu info proses dan dapatkan semua informasi yang Anda butuhkan pada menu tersebut.

Menu info pajak

Menu info pajak merupakan suatu menu yang berguna dalam pemberian informasi yang berkaitan dengan besaran pajak PKB dan juga besaran pajak SWDKLLJ kendaraan bermotor.

Jadi kalau Anda belum tahu tahun ini pajak Anda kena biaya berapa dan apakah ada biaya denda atau tidak karena keterlambatan, Anda bisa mengakses informasinya melalui menu info pajak. Anda akan dapatkan uraian rinci sampai dengan total yang harus Anda siapkan atau Anda bayarkan.

Menu e-TBPKB

TBPKB merupakan sebuah menu yang hadir menampilkan bukti pembayaran yang telah dilunasi. Jadi jika Anda sudah melakukan pembayaran, akan muncul nominal bayar di sini.

Menu e-Pengesahan STNK

Layanan ini dihadirkan sebagai menu yang nantinya akan menampilkan pengesahan STNK secara elektronik. Jadi apa yang tertera pada STNK fisik yang dikirim ke alamat Anda akan sama dengan yang tercantum pada e-Pengesahan STNK ini.

Menu pindah bukti

Pindah bukti merupakan suatu menu yang berguna untuk memindahkan e-TBPKB dan juga e-Pengesahan STNK dari satu smartphone ke smartphone yang lainnya.

Menu pengaduan

Jika Anda merasa ada hal yang kurang nyaman dalam pelayanan pembayaran pajak secara online bisa mengadukan di menu pengaduan ini. Atau jika Anda ada keluhan, kritik dan saran dalam cara bayar pajak kendaraan online juga bisa menggunakan menu pengaduan ini untuk mengajukan keluhan, kritik pun beserta saran.

Menu panduan

Terakhir ada menu panduan yang menghadirkan informasi tentang cara mengakses dan menggunakan Samolnas dalam pembayaran pajak online. Jadi jika ada sesuatu yang belum Anda mengerti, jangan ragu membuka menu ini untuk mendapatkan informasi.

Selain tata cara pembayarannya seperti apa, ada beberapa hal penting lain yang juga Anda harus tahu tentang pembayaran pajak kendaraan secara online di antaranya :

  • Data kendaraan motor yang tampil dalam sistem Samolnas merupakan data yang sesuai dengan identitas NIK pemilik kendaraan yang sudah diinput. Data tersebut nantinya hanya akan muncul jika NIK pemilik kendaraan tidak dalam kondisi sedang diblokir karena masalah pidana atau karena masalah perdata.
  • Tata cara bayar pajak kendaraan online melalui Samolnas hanya dapat dilakukan untuk perpanjangan STNK tahunan dengan keterlambatan pembayaran pajak tak lebih dari satu tahun.
  • Pembayaran pajak kendaraan bermotor serta SWDKLLJ melalui aplikasi Samolnas sudah dapat dilakukan bahkan sejak tiga bulan sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Jika alamat wajib pajak atau alamat domisili tidak sesuai dengan alamat yang tertera pada STNK kendaraan, Anda dapat melakukan konfirmasi ke call center Samsat terkait secara langsung. Samsat terkait akan menerima laporan dan mengirimkan ke alamat yang sudah Anda konfirmasi tadi.
  • Stiker pengesahan STNK bisa Anda tempelkan langsung pada kolom pengesahan sesuai dengan tahun pengesahan.

Akan tetapi jika Anda merasa masih bingung dengan pembayaran pajak online sebagaimana yang sudah dipaparkan di atas dan Anda merasa masih punya banyak waktu untuk bayar pajak secara langsung di kantor Samsat, Anda juga bisa datang langsung ke kantor Samsat terdekat di kota Anda.

Bawa STNK kendaraan dan KTP Anda, kemudian minta bantuan pembayaran kepada petugas. Nantinya petugas akan melayani Anda sampai selesai.

Cukup mudah bukan cara bayar pajak kendaraan baik melalui Samsat atau secara online? Jadi, selamat mencoba! Pastikan Anda tidak terlambat dalam membayar pajak dan upayakan bayar pajak tepat waktu agar tidak sampai harus membayar denda keterlambatan pembayaran. Semoga informasi cara bayar pajak kendaraan yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menarik untuk Anda.