Cara Cek Freon AC Mobil Bocor Berikut Penyebabnya

Cek Freon AC Mobil Bocor

Freon merupakan bagian penting dari sistem AC, baik AC rumah maupun AC mobil. Gas ini berperan sebagai sumber AC pada ventilasi AC. Jadi jika freonnya habis, jelas AC mobil tidak akan dingin dan perlu cara cek freon AC mobil bocor yang cepat dan praktis.

Namun, kasus kebocoran gas freon ini sulit dideteksi. Karena freon merupakan gas yang mudah menguap walaupun dalam cuaca dingin. Jadi begitu ada lubang kecil di pipa AC, tidak butuh waktu lama bagi freon untuk menguap.

Hal lain yang agak membingungkan adalah gejala AC tidak dingin bukan hanya karena freon hampir habis. Kalau AC tidak dingin dikira freonnya mati, tapi setelah mau ngecharge freon ternyata freon di mobil masih penuh?

 

Alasan Yang Menyebabkan Freon AC Cepat Habis

AC adalah bagian terpenting dalam berkendara, terutama di cuaca panas dan macet. Biasanya freon hanya mengeluarkan udara dingin meskipun sudah lama tidak diganti. Berikut ulasan penyebab dan cara cek freon AC mobil bocor.

Magnetic Clutch Failure

Magnetic clutch atau solenoid valve adalah bagian dari kompresor AC kendaraan yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor melalui sabuk penggerak. Biasanya terjadi kerusakan akibat pengoperasian AC yang tidak tepat.

Ini adalah bentuk menyalakan suhu yang terlalu rendah untuk memutus aliran listrik. Sebaiknya saat berkendara dengan kecepatan tinggi, atur suhu AC ke setelan terdingin. Pilih komponen AC mobil yang asli untuk meminimalkan kerusakan terlalu sering.

Saluran Air Tersumbat

Saluran air dengan cara cek freon AC mobil bocor biasanya kotor dan mudah tersumbat, karena air akan menumpuk karena penyumbatan. Jika air menumpuk lebih lama berikut dengan debu dan kotorannya, di beberapa titik akan bocor.

Inilah penyebab AC tidak bekerja dengan efisien dan jadi tidak dingin. Sedangkan solusinya adalah dengan mengecek seluruh bagian sistem AC, mulai dari sistem kebocoran, kondisi freon dan kompresor lemah atau rusak.

Kebocoran Evaporator Dalam Ruangan

Sama seperti pipa kondensor, evaporator dalam ruangan memiliki masalah yang sama, yaitu kebocoran. Inilah penyebab cepat habisnya freon AC pada kendaraan. Usia tua dan penggunaan yang terlalu lama menyebabkannya berkarat dan bocor secara fatal.

 

Kenali Ciri Berikut Cara Cek Freon AC Mobil Bocor

Kebocoran pada freon AC mobil bisa membuat kendala yang cukup fatal, oleh sebab itu kita harus mengetahui cara cek freon AC Mobil. Untuk itu Anda juga perlu memahami ciri dan perawatannya dengan cara cek freon AC mobil bocor seperti pada ulasan berikut:

Tidak Ada Freon Di Lampu Peringatan

Jika mulai merasa ada yang kurang sesuai pada freon, segera buka kap mesin untuk mengecek arus AC. Yang perlu Anda periksa adalah kaca viewfinder berupa kaca bundar transparan, fungsi kaca ini untuk melihat sirkulasi freon pada sistem AC.

Biasanya viewfinder berada di dalam filter pengering atau freon. Dengan motor masih hidup dan tenaga AC, coba lihat lampu ini. Jika freon tetap, akan ada cairan yang keluar. Tetapi jika freon habis, tidak ada yang akan mengalir di belakang jendela bidik.

Mengapa cairan bukan freon gas? Dalam bentuk normalnya, freon adalah gas. Tetapi jika ditekan, cara cek freon AC mobil bocor tersebut akan berubah menjadi cair. Ibarat pemantik gas di dalam wadahnya cair tapi ketika keluar jadi gas.

Tidak Ada Embun Pada Selang AC Tekanan Rendah

Selanjutnya, masih di ruang mesin dimana kali ini perhatikan selang AC mobil Anda. Ada dua pipa dari kompresor, yaitu pipa bertekanan tinggi berbentuk lebih kecil mengalir dari kompresor ke kondensor.

Pipa bertekanan rendah berbentuk lebih lebar menghubungkan evaporator (di dalam kabin) ke kompresor. Saat AC beroperasi secara normal, embun terkumpul pada selang bertekanan rendah.

Kabut ini adalah hasil dari perbedaan suhu antara suhu di dalam selang tekanan rendah dingin dan suhu mesin panas. Tetapi jika tidak ada embun, atau Anda tidak kedinginan, itu berarti cara cek freon AC mobil bocor tersebut telah padam.

AC Hanya Meniupkan Udara Dan Tidak Dingin

Saat Anda menyalakan AC, udara yang keluar dari ventilasi akan langsung dingin. Tetapi jika AC bermasalah, meskipun pemilih suhu AC disetel ke suhu paling dingin, udara yang bertiup dari ventilasi AC tetap pada suhu yang tidak dingin.

Gejala ini merupakan indikasi bahwa ada yang tidak beres dengan sistem AC mobil Anda. Baik hal itu adalah kompresor yang rusak, kopling magnet yang rusak, kipas pendingin yang mati, atau knalpot freon.

Jika freon habis, semuanya tampak berfungsi dengan baik. Saat AC hidup, ketukan menandakan bahwa kompresor AC bekerja, kecepatan motor juga meningkat dan kipas pendingin bekerja. Tapi anginnya tidak dingin artinya regulator AC mobil hampir habis.

Kompresor AC Tidak Berhenti Bekerja Saat AC Hidup

Ada juga masalah pada sistem dan cara cek freon AC mobil bocor, saat saklar AC dihidupkan maka kopling magnet tetap terhubung. Namun kopling magnet akan terlepas dalam jangka waktu tertentu saat tekanan freon maksimal.

Anda mungkin pernah mengalami sendiri situasi di mana ketukan pintu ruang mesin sering terjadi saat AC dihidupkan. Namun jika kopling magnet dari start AC ON terus tersambung, itu tandanya freon AC hampir habis.

Hal ini karena ketika Freon habis karena bocor, AC di dalam pipa terisi udara. Sifat udara membuatnya mudah untuk dikompres. Dibandingkan dengan freon, lebih mudah untuk mengompres udara.

Jadi saat kompresor bekerja, alat dengan cara cek freon AC mobil bocor ini hanya memompa udara biasa. Karena udara lebih mudah dikompresi, tekanan udara di selang bertekanan tinggi tidak dapat mencapai tingkat maksimum.

Oleh karena itu, sakelar tekanan tidak dapat melepaskan kopling magnet karena tekanannya belum mencapai level maksimum. Berbeda dengan freon yang lebih padat, dengan sedikit tekanan maka tekanannya langsung naik.

 

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Freon Habis

Untuk mengetahui letak pasti kebocoran freon, beberapa cara bisa digunakan. Menggunakan air sabun adalah metode tradisional yang dicoba dan benar untuk menemukan kebocoran Freon.

• Cara pertama adalah dengan mengoleskan air sabun secara merata ke setiap saluran AC saat motor hidup dan listrik AC menyala. Jika terjadi kebocoran, pasti akan ada busa yang keluar sebagai pertanda prosesnya masih berjalan seperti biasa.

• Cara kedua adalah dengan menggunakan detektor kebocoran. Kemudian arus bolak-balik dihidupkan selama beberapa menit dan kemudian saluran AC ditandai dengan senter ultrasonik. Cairan tinta yang disuntikkan akan menunjukkan lokasi kebocoran.

• Untuk cara yang terakhir, Anda bisa melakukannya tanpa alat apapun. Caranya adalah dengan memperhatikan setiap inci pipa AC. Namun hal ini hanya mungkin jika freon baru saja bocor, jika dibiarkan terlalu lama, noda akan mengering dan sulit dideteksi.

Sekian ulasan terkait cara cek freon AC mobil bocor berikut penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mengetahui permasalahan pada ac mobil tersebut dengan lebih praktis dan cara cek freon AC mobil.