Cara Kerja Motor Hybrid dan Plus Minusnya, Cek Yuk!

Semakin mahal dan langkanya BBM dari waktu ke waktu menjadikan pabrikan motor semakin memutar otak untuk menyediakan produk yang bisa bertahan dengan segala situasi dan kondisi. Akhirnya motor hybrid pun hadir sebagai solusinya. Lantas, cara kerja motor hybrid sendiri seperti apa?

Hal tersebut memang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang karena memang masih belum banyak informasi yang membahas motor hybrid. Karena itu di sini kita akan membahasnya!

 

Cara Kerja Motor Hybrid

Cara Kerja Motor Hybrid

Motor hybrid pada dasarnya merupakan sebuah jenis motor yang bekerja dengan menggabungkan tenaga dari mesin berbahan bakar konvensional dengan mesin berbahan bakar tenaga listrik dari baterai.

Kunci dari sistem hybrid pada motor agar dapat bekerja maksimal juga ada pada alternatornya. Alternator ini pada masing – masing merk motor yang dibuat pabrikannya pasti berbeda. Sebagai contoh, alternatif pendukung yang bekerja untuk motor hybrid Honda dengan motor hybrid Yamaha adalah berbeda.

Pada motor hybrid Honda, kunci sistem hybridnya ada pada perangkat starter canggih yang biasa kita kenal dengan nama Alternating Current Generator (ACG) starter. Komponen bernama ACG starter ini merupakan suatu alternator yang menjadikan perangkat pengisian arus listrik menuju baterai kemudian digunakan untuk menyuplai semua kebutuhan listrik pada sistem motornya.

ACG tersebut kemudian diberi tambahan tugas sebagai generator yang berguna dalam memutar kruk as motor. Sehingga fungsinya dapat berubah seketika menjadi starter ketika mesin pada motor dinyalakan.

Fungsi generator tersebut jika diberi arus yang lebih besar ketika motor sedang berjalan mampu memberikan tambahan tenaga yang lebih besar juga untuk semakin menunjang mesin bakarnya.

Sementara pada motor hybrid Yamaha, sistem kerja hybridnya memanfaatkan teknologi bernama electric power assist start yang bekerja langsung di saat pertama kalinya motor akan berakselerasi untuk berjalan.

Atau dengan kata lain bahwa motor listrik pada motor hybrid akan membantu engine sejak mesin ditarik pertama kali untuk diberangkatkan. Dengan begitu tenaga yang melaju pada motor menjadi lebih besar dan tidak boros energi karena semua mesin pendukungnya bekerja maksimal.

Baca Juga : 10 Merk Motor Gede Mahal, Cek Harganya yang Bikin Melongo!

Plus Minus Memiliki Motor Hybrid

PCX Hybrid

Sama seperti motor dengan bahan bakar bensin atau motor dengan transmisi listrik yang punya kelebihan dan kekurangan, motor dengan mekanisme mesin hybrid juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Setelah membahas bagaimana cara kerja motor hybrid, di sini kita akan bahas apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari motor hybrid ini.

Adapun terkait kelebihannya terdiri dari :

  • Dengan sistem hybrid, motor memiliki tenaga cadangan yang mana tenaga cadangan tersebut dapat membantu mesin motor bekerja jauh lebih maksimal utamanya ketika melewati jalan menanjak, dipakai boncengan atau pun membawa barang dalam jumlah banyak.
  • Tenaga dan torsinya pun akan bertambah.
  • Bahan bakar akan semakin efisien ketika motor digunakan
  • Dibandingkan motor dengan hanya bahan bakar bensin, motor dengan sistem hybrid ini menjadi sebuah motor yang sangat ramah lingkungan.

Kemudian untuk kekurangannya, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari motor ini di antaranya :

  • Motor hybrid dibanderol dengan harga yang masih jauh lebih mahal daripada motor dengan bahan bakar bensin
  • Perawatan motor yang jauh lebih sulit
  • Biaya perawatan dan juga suku cadang motor yang masih terkategori mahal.

Baca Juga : Simulasi Gadai BPKB Motor

Jenis – Jenis Motor Hybrid

Pada motor hybrid, mekanisme mesinnya terdiri atas beberapa jenis. Jadi setiap motor hybrid sangat dimungkinkan menggunakan mekanisme mesin dengan jenis yang berbeda – beda.

Beberapa jenis motor hybrid terdiri dari :

Series hybrid system

Pada motor hybrid dengan penggunaan mekanisme series hybrid system, mesin konvensional pada motor akan dimanfaatkan sebagai generator.

Sementara semua tenaga yang digunakan untuk membuat motor jenis hybrid ini dapat berjalan dengan memanfaatkan dinamo yang secara otomatis dapat hidup dengan memanfaatkan aliran tegangan listrik yang berasal dari tenaga baterainya.

Paralel hybrid system

Pada mekanisme sistem hybrid paralel, motor akan secara otomatis digerakkan oleh mesin bensin atau mesin konvensional. Namun keberadaan dari mesin dinamo atau listrik hanya akan bekerja atau dipakai ketika berada dalam kondisi mendesak atau sangat dibutuhkan saja.

Beberapa contoh kondisi mendesak yang memungkinkan mesin dinamo atau listrik digunakan adalah seperti pada area tanjakan atau di moment penting lainnya. Atau dengan kata lain bahwa motor listrik jenis ini hanya akan dipakai sebagai media pembantu saja.

Series and parallel hybrid system

Series and parallel hybrid system menggabungkan dua jenis hybrid yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Pada motor hybrid yang menggunakan jenis ini, mesin listrik dan mesin bensinnya akan bekerja bersamaan.

Dengan demikian, tenaga pada motornya akan meningkat secara lebih baik sehingga pengalaman berkendara dengan motor jenis ini akan semakin menarik dan mengesankan memanfaatkan berbagai tenaga dan torsi yang dimilikinya.

Itulah sedikit informasi terkait cara kerja motor hybrid dan informasi lain yang kami dapat suguhkan untuk Anda. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat dan menginspirasi ya khususnya bagi Anda yang ingin tahu berbagai hal terkait motor hybrid.

Baca Juga : 12 Sepeda Motor Listrik di Indonesia, Irit dan Harga Terjangkau!

Gadai BPKB Bandung