Wajib Tahu! Ini Dia Cara Klaim Asuransi Mobil Wahana Tata

Cara Klaim Asuransi Mobil Wahana Tata

Pembahasan terkait asuransi selalu menarik minat para nasabah, tidak terkecuali asuransi mobil wahana tata. Adanya pelayanan terhadap nasabah melalui berbagai jenis tanggungan terhadap kerusakan mobil menjadi faktor utama asuransi tersebut digandrungi. Nah, pastinya muncul di benak Anda tentang bagaimana cara klaim asuransi mobil wahana tata?

Di bawah ini, kami akan membantu Anda untuk menemukan jawabannya dengan ulasan yang kami uraikan.

Tidak dapat dipungkiri, banyak masyarakat atau nasabah yang belum mengetahui cara klaim asuransi mobil wahana tata. Mereka juga mempertanyakan bagaimana tips dalam mengklaim asuransi tersebut sehingga dapat membantu mengatasi biaya perbaikan kendaraan, khususnya mobil.

Bagi pemilik kendaraan mobil, tentu asuransi mobil wahana tata ini akan sangat bermanfaat. Asuransi tersebut akan dapat dimanfaatkan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan mobil Anda, seperti pencurian mobil, kecelakaan bencana alam, dan tabrakan.

Nah sebelumnya, Anda akan diajak membaca sekilas mengenai asuransi tersebut sehingga harapannya dapat menambah wawasan Anda mengenai hal tersebut.

Apa Itu Asuransi Mobil Wahana Tata?

Secara definisi, asuransi mobil wahana tata yang kemudian juga dikenal dengan ASWATA merupakan sebuah polis dari asuransi mobil yang telah melayani nasabah mulai dari tahun 1964. Pelayanan sejak waktu tersebut yang dapat dikatakan sangat lama membuat perusahaan asuransi wahana tata menjadi sebuah perusahaan umum terbesar di negara Indonesia.

Asuransi tersebut digadang-gadangkan memiliki modal dengan solidaritas yang tinggi dan memiliki sebanyak 70 lebih kantor yang menyebar di seluruh penjuru Indonesia. Tidak mengherankan, hal tersebut membuat asuransi wahana tata berhasil meraih sejumlah prestasi, salah satunya yakni sebagai salah satu top 50 asuransi tahun 2022 dalam kategori performing in assets.

Tentunya, prestasi itu berhasil dicetak dengan didasari oleh visi mereka yakni menjadi sebuah perusahaan asuransi yang inovatif, kuat, dan mampu memberikan solusi kepada para nasabah maupun mitra kerja.

Bagaimana Cara Registrasi Asuransi Mobil Wahana Tata?

Nah, jika Anda ingin menjadi bagian dari asuransi mobil wahana tata, Anda dapat melakukan registrasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Adapun prosedurnya cukup mudah untuk diikuti sehingga Anda tidak perlu merasa repot untuk melalui prosesnya.

Buka Website Resmi Milik Perusahaan Asuransi Mobil Wahana Tata

Jika Anda berpikir bahwa registrasi asuransi tersebut dapat dilakukan secara online, maka tebakan Anda benar. Namun, Anda perlu dan harus sedikit berhati-hati untuk menemukan website asuransi tersebut agar tidak salah.

Anda dapat mengunjungi website www.aswata.co.id sebagai portal online resmi milik perusahaan asuransi tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai asuransi terkait.

Anda juga dapat mendaftar melalui DuitPintar di mana perusahaan tersebut telah terdaftar dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keungan (OJK) sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Mengisi Formulir

Registrasi tentu tidak lepas dari pengisian formulir sebagai identitas diri atau melengkapi suatu berkas yang harus dipenuhi. Dalam registrasi tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan teliti dan lengkap maupun memilih asuransi mobil dengan pilihan perusahaan yang terbaik.

Memilih Polis Sesuai dengan Keinginan dan Kebutuhan

Tentunya, pemilihan polis tersebut dilakukan untuk membandingkan beberapa polis yang memiliki kemungkinan besar untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan Anda. Anda juga dapat melakukan konsultasi sebelum memilih polis terbaik sebelum kemudian menentukan asuransi wahana tata yang akan Anda beli.

Melakukan Pembayaran

Menjadi langkah terakhir, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran. Setelah berhasil, Anda hanya perlu menunggu polis tersebut dikirimkan kepada Anda. Selesai.

Apa Benefit yang Diterima dari Adanya Asuransi Mobil Wahana Tata?

Nah, menjadi nasabah di sebuah asuransi juga tidak terlepas dari benefit yang akan diterima oleh suatu nasabah. Adapun keuntungan atau manfaat yang akan Anda peroleh dari adanya asuransi tersebut yakni sebagai berikut.

Melindungi Kendaraan Mobil Anda Secara Menyeluruh

Sebagai pemilik kendaraan mobil, benefit ini akan dapat Anda manfaatkan secara maksimal mengingat terdapat jaminan terhadap kerugian akibat kerusakan pada kendaraan. Fasilitas tersebut bergerak secara all risk sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menjadi bagian dari asuransi mobil wahana tata.

Merawat Kendaraan Anda Sebagai Bentuk Investasi

Memiliki mobil yang senantiasa terawat adalah hal yang diidam-idamkan. Adanya asuransi tersebut memungkinkan kendaraan Anda dapat terawat dengan baik dan jika sewaktu-waktu Anda ingin menjualnya, Anda tidak perlu rugi karena akan dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Pihak Asuransi Akan Membantu Anda Secara Teamwork dan Integrity

Mendapatkan pelayanan yang dibantu dengan pihak yang paham akan hal yang Anda hadapi akan menjadi sebuah hal yang menguntungkan. Asuransi mobil wahana tata tersebut memiliki sejumlah karyawan dengan kinerja teamwork yang kompak dan memiliki integritas dengan bertanggung jawab terhadap hal-hal yang Anda hadapi.

Adapun contohnya yakni mereka memberikan jaminan kepada mobil Anda jika hilang dan memberikan biaya kerusakan lebih dari 70% dari harga kendaraan mobil Anda.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil Wahana Tata?

Nah, Anda sudah sampai pada uraian mengenai cara klaim asuransi mobil wahana tata. Sama halnya dengan proses registrasi, cara klaim asuransi tersebut juga cukup mudah dan juga bisa Anda lakukan secara online dengan memanfaatkan aplikasi SiDia atau pergi ke kantor asuransi mobil wahana tata terdekat.

Berikut langkah-langkah klaim asuransi mobil wahana tata yang dapat Anda ikuti.

Melakukan Klaim dengan Segera dalam Jangka Waktu 3×24 Jam

Anda cukup memiliki waktu yang panjang untuk mengklaim asuransi tersebut setelah terjadi sebuah kerusakan pada mobil Anda. Dengan mencari kantor asuransi mobil wahana tata terdekat, Anda dapat melaporkan kejadian tersebut kepada pihak perusahaan.

Menyiapkan Beberapa Dokumen Dengan Lengkap

Menjadi catatan penting bahwa sebelum melakukan klaim, Anda harus membawa beberapa dokumen yang diwajibkan. Umumnya, dokumen tersebut yakni SIM, STNK, kronologi kejadian (bermaterai), KTP, serta kartu polis dari asuransi mobil wahana tata. Pastikan Anda juga tidak melakukan pelanggaran hukum sehingga klaim Anda diterima dengan cepat oleh pihak perusahaan asuransi.

Menunggu Respons Pihak Asuransi untuk Menganalisa Kerugian

Sebelum klaim Anda diterima, pihak asuransi akan melakukan survei terhadap kejadian pada mobil Anda dan melakukan analisa kerugian. Analisa kerugian tersebut tentu berdasarkan pada risiko yang Anda alami sehingga memenuhi kebutuhan Anda dengan efektif dn maksimal.

Perusahaan Asuransi Akan Mengganti Rugi Berdasarkan Kesepakatan Polis

Langkah terakhir, Anda perlu sedikit menunggu keputusan dari pihak asuransi apakah klaim Anda diterima atau ditolak. Jika risiko yang dihadapi berdasarkan kesepakatan polis, maka Anda akan mendapatkan biaya ganti rugi tersebut.

Demikian ulasan mengenai cara klaim asuransi mobil wahana tata yang cukup mudah untuk diikuti. Semoga bermanfaat untuk keperluan perbaikan mobil Anda dan tetap berhati-hati di perjalanan.

Baca Juga : Apa Itu Asuransi All Risk

Baca Juga : Perbedaan Asuransi TLO dan Asuransi All risk

× Halo Min.. Minta Informasi