memperbaiki shockbreaker motor bocor

Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor

Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor

Bagaimana cara memperbaiki shockbreaker motor bocor? Sebagai pemilik kendaraan penting Anda untuk memperhatikan perawatan kendaraan baik dari luar maupun dalam.

Hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan baik dalam jangka pendek maupun panjang. Semakin baik Anda melakukan perawatan secara rutin, tentu saja akan berdampak baik pada sistem kendaraan Anda. Begitu pula sebaliknya, jika Anda tidak memperhatikan kesehatan kendaraan Anda.

Bagaimana cara memperbaiki shockbreaker motor bocor? Sebagai pemilik kendaraan penting Anda untuk memperhatikan perawatan kendaraan baik dari luar maupun dalam.

Hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan baik dalam jangka pendek maupun panjang. Semakin baik Anda melakukan perawatan secara rutin, tentu saja akan berdampak baik pada sistem kendaraan Anda. Begitu pula sebaliknya, jika Anda tidak memperhatikan kesehatan kendaraan Anda.

 

Apa itu Shockbreaker?

Sebelum membahas bagaimana cara memperbaiki shockbreaker motor bocor, ada baiknya kita simak terlebih dahulu apa itu shockbreaker. Shockbreaker merupakan salah satu bagian terpenting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai peredam getaran.

Shockbreaker diharapkan dapat menjamin kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan bergelombang, dan getaran akibat kerja mesin dapat diredam oleh shockbreaker yang menyebabkan pergerakan vertikal pada suspensi sepeda motor.

Sepeda motor memiliki bodi yang berfungsi untuk penempatan mesin, sistem suspensi, dan rem, serta perlengkapan kemudi. Rangka sepeda motor memungkinkan penempatan komponen yang berkaitan dengan fungsi efisiensi, kenyamanan, dan keselamatan saat berkendara.

Pada rangka sepeda motor, komponen yang sangat pentingdari segi keamanan dan kenyamanan pengendara adalah sistem suspensi. Sistem suspensi berfungsi untuk meningkatkan keselamatan pengendara sepeda motor, serta menjaga kestabilan atau keseimbangannya saat terjadi pengereman.

Pada sepeda motor modern, jenis suspensi yang paling sering digunakan untuk suspensi depan adalah jenis teleskop. Sistem suspensi berfungsi sebagai peredam getaran, dimana getaran akibat pengereman pada bagian depan merupakan fungsi dari suspensi depan.

Terciptanya getaran dari roda belakang menyebabkan terjadinya gerakan vertikal pada lengan ayun, yang bertujuan untuk meredam getaran dengan menggunakan suspensi belakang.

Sistem suspensi depan dan suspensi belakang merupakan dua sistem suspensi yang wajib dimiliki oleh sepeda motor. Komposisi sistem peredam getaran depan dan belakang terdiri dari tabung suspensi yang diisi dengan tekanan udara, oli, dan pegas.

Saat merancang sistem suspensi sepeda motor, komponen seperti lengan atas, pegas koil, dan lengan bawah harus disertakan. Oleh karena itu, shockbreaker mengalami tegangan sebagai efek samping dari regangan, sehingga pembebanan pada shockbreaker sepeda motor dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain pembebanan aksial, momen lentur, dan pembebanan torsi.

Model pembebanan ini memiliki dampak besar pada desain pemutus kejut. Beban dan jenis tegangan yang terjadi pada shock breaker mengalami pembebanan luar, yang bekerja sejajar dengan sumbu batang, sehingga batang akan menimbulkan gaya.

Beban yang terdapat pada shockbreaker meliputi pembebanan statis dan pembebanan dinamis. Pembebanan statis terdiri dari pembebanan yang tetap, sedangkan pembebanan dinamis adalah pembebanan yang terjadi ketika nilai pembebanan berubah dalam satu interval waktu.

Ketika kita mengetahui ada kegagalan seperti kebocoran berarti ada komponen mesin yang bermasalah. Dengan mengetahui kegagalan tersebut, Anda bisa menyelidiki akar penyebab ketidaknyamanan shockbreaker pada sepeda motor.

Kegagalan yang terjadi pada shockbreaker mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara, serta mengakibatkan terjadinya guncangan pada sepeda motor. Ketidaknyamanan ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kecepatan sepeda motor, jalan bergelombang, dan bagian yang rusak.

Selain itu, terdapat keunikan pada penyebab utama dan mekanisme kegagalan pada setiap kasus kegagalan. Informasi yang ada mengenai kegagalan komponen yang diharapkan dari pemutus kejut tidak lengkap.

Kenali Shockbreaker Motor Yang Bocor

Ada beberapa cara untuk mengenali apakah shockbreaker Anda bocor atau tidak. Caranya pun juga mudah, Anda bisa memperhatikan dari mulai suara, keadaan mesin dan lainnya. Berikut adalah tips untuk mengenali apabila shockbreaker Anda mengalami kerusakan atau kebocoran!

Dengarkan Suara Shockbreaker Anda

Pertama-tama, ciri-ciri yang bisa dijadikan aspek atau tolak ukur jika terjadi kebocoran pada oli shockbreaker, umumnya akan terdengar seperti suara mencicit saat motor melaju di medan jalan bergelombang.

Biasanya suara ini akan lebih keras ketika Anda sedang mengendarai sepeda, mengingat ada beban tambahan yang harus diimbangi oleh kaki-kaki sepeda motor. Perlu Anda ketahui bahwa munculnya suara mencicit tersebut tentunya disebabkan oleh gesekan antara gardan shock dengan tulang kaki-kaki motor.

Dimana, suara mencicit menandakan bahwa gesekan drag tidak terlumasi akibat kebocoran oli pada motor itu sendiri. Jadi, tidak bisa dipungkiri jika mengalami kondisi ini berulang kali, kemungkinan besar oli shockbreaker bocor pada motor itu sendiri.

Untuk itu segera bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih mendalam agar nantinya tidak merembet ke sektor lain. Sebab, jika kondisi ini dibiarkan akan memicu damage lainnya. Terutama kerusakan pada bagian atau area sirkuit shockbreaker.

Rembesan Minyak Muncul Sebagai Kejutan

Lalu, ciri lain yang jelas merupakan tanda kebocoran oli shockbreaker pada motor bisa dideteksi dari adanya bekas rembesan oli yang keluar dari gardan shock itu sendiri.

Rembesan seperti ini menandakan bahwa oli shock keluar melalui celah-celah pada shock axle. Itu karena tidak ada segel karet untuk mencegah oli kejut keluar. Jika ini terjadi maka sangat disarankan agar Anda mengganti seal dengan yang lebih baru untuk mencegah oli keluar.

Namun, jika solusi ini tidak dapat menghilangkan rembesan oli, yang terbaik adalah membawa sepeda motor yang dikenali ke bengkel. Bukan tanpa alasan, mengingat kondisi ini tak pelak lagi pertanda tidak hanya oli bocor tapi juga abu mengenali shock motor yang sudah mulai bengkok atau kurang presisi.

Padahal, jika shock absorber terlihat seperti tergores, sudah jelas ada kebocoran pada shock absorber sepeda motor Anda. Oleh karena itu, hindari mengendarai sepeda motor di jalan bergelombang.

Atau, bila perlu, kurangi kecepatan untuk meminimalkan gesekan pada gardan mengenali shock motor. Dan, solusinya jelas harus dibongkar karena nanti akan jelas sumber masalahnya ada di shock motor.

Shockbreaker Terasa Memantul

Selain itu, mengenali shock yang mulai memantul saat melewati jalan bergelombang juga merupakan tanda mengenali kebocoran oli shock yang perlu diperhatikan.

Secara fungsional, peran shockbreaker adalah meredam atau meminimalkan guncangan saat melewati jalan bergelombang. Namun, jika Anda benar-benar merasa ingin terpental saat berkendara, itu tandanya oli shock absorber sudah habis.

Bisa jadi karena bocor atau memang kualitas oli shock mulai menurun akibat intensitas penggunaan motor. Sehingga penting Anda kenali apabila terasa ada yang aneh pada mesin Anda.

 

Baca Juga : Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling

 

Bagaimana Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor?

Setelah mengetahui sekilas tentang shockbreaker dan juga beberapa hal yang bisa membuat Anda tidak nyaman ketika mengalami kegagalan, kebocoran atau mesin yang tidak beres.

Nah, cara paling aman, efisien dan efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa kendaraan ke tempat servis. Sehingga kendaraan Anda bisa dengan mudah ditangani oleh mereka yang handal dan tahu letak kesalahannya.

Itulah ulasan singkat mengenai bagaimana cara memperbaiki shockbreaker motor bocor dan juga tips mengenali apabila shockbreaker Anda mengalami kerusakan atau kendala lainnya. Sehingga anda mengetahui apabila shockbreaker anda bocor, anda mengetahui cara memperbaiki shockbreaker motor bocor Semoga membantu!

Info Pinjaman Jaminan BPKB Mobil Hanya di Pembiayaanbpkb.com

Similar Posts