Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula

Investasi Saham

Investasi saham – Sebenarnya banyak pilihan produk investasi yang bisa dijalankan para pemula. Tentu saja investor juga bisa menerapkan perbandingan dan karakteristik pada masing-masing produk investasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari nilai kerugian yang sangat besar bagi pemula. Pastikan memilih produk dengan resiko yang tidak terlalu tinggi. Salah satu produk rekomendasi yang bisa digunakan adalah investasi saham. Ini merupakan produk investasi yang memberikan nilai keuntungan besar dan dapat dilakukan jangka panjang. Selain itu, cara memulai investasi dari produk saham dianggap tidak terlalu rumit. Hal paling menguntungkan adalah nominal modal yang dianggap sangat terjangkau.

2 1

Persiapan investasi saham untuk pemula

Untuk memulai investasi saham memang membutuhkan beberapa persiapan. Hal ini dilakukan agar pemula juga tidak mengambil tindakan atau keputusan yang dianggap sangat merugikan. Selain itu, persiapan ini membantu investasi bisa dilakukan untuk jangka waktu yang panjang sekaligus. Pehamanan tentang investasi produk saham harus dilakukan melalui pertimbangan yang sangat matang. Semakin baik persiapan maka pemula juga bisa menerapkan banyak hal penting dalam pengambilan keputusan. Beberapa persiapan investasi saham seperti:

1. Modal

Ini merupakan salah satu persiapan yang harus dimiliki untuk memulai investasi saham. Banyak investor pemula yang memulai dengan nominal modal cukup besar. Namun, ada juga peluang untuk memulai investasi dengan nilai modal lebih kecil. Hal ini juga akan bergantung pada strategi yang digunakan. Bila investor sudah menentukan pilihan emiten dengan prospek jangka panjang mungkin bisa memulai penggunaan modal besar. Hal penting yang menjadi pertimbangan adalah penggunaan modal besar justru memudahkan investor dalam menerapkan strategi investasi jangka panjang sekaligus.

2. Pemahaman instrumen saham

Investor pemula maupun profesional juga harus memiliki pemahaman tentang instrumen saham. Ini menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan transaksi singkat maupun jangka panjang. Instrumen yang digunakan tentu sana dengan memahami laporan keuangan, bidang kerja dari emiten, target jangka panjang, pemilihan tepat dalam penjualan dan pembelian hingga analisis teknikal. Setiap instrumen yang terdapat pada saham saling beruhubungan. Bahkan, banyak instrumen yang mempengaruhi pergerakan dari nilai saham untuk jangka pendek.

3. Akses Internet

Ini adalah tools yang menjadi bagian penting dalam persiapan. Bagi investor yang ingin memulai investasi cobalah gunakan dukungan perangkat memadai. Jaringan internet yang digunakan juga harus memiliki kualitas sangat baik. Hal ini karena pergerakan dari nilai saham terjadi secara real time. Internet yang stabil akan membantu investor mengambil keputusan yang tepat pada saat membeli atau menjual. Banyak sekuritas yang memiliki dukungan aplikasi membutuhkan jaringan internet stabil.

4. Pengetahuan analisis

Investor wajib untuk memiliki pengetahuan analisis yang baik. Metode analisis yang bisa digunakan termasuk teknikal dan fundamental. Masing-masing analisis ini membantu investor dalam mendapatkan prediksi pergerakan saham jangka pendek maupun jangka panjang. Analisis teknikal biasanya akan berkaitan dengan beberapa tools pada kurva hingga laporan keuangan periodik. Namun, metode fundamental biasanya berkaitan dengan target yang dimiliki emiten untuk periode tertentu. Selain itu, pemberitaan tentang emiten juga memiliki pengaruh besar terhadap analisis fundamental.

5. Mental

Investor harus memiliki persiapan mental yang sangat baik. Hal ini dilakukan untuk selalu siap dalam kondisi apapun. Apalagi mental yang baik juga memudahkan investor untuk pengambilan keputusan. Perlu diingat bahwa bursa efek juga memiliki ketentuan yang sangat ketat pada pergerakan saham. Bila terjadi pergerakan tidak wajar maka bisa saja saham terkena ARA atau ARB. Ini membuat investor tidak bisa melakukan transaksi dalam waktu tertentu. Siapkan mental untuk kondisi lebih buruk lagi.

 

Baca Juga : Apa Itu RTI Business

 

Tips memulai investasi saham untuk jangka panjang

Ada beberapa tips atau cara yang diterapkan dalam investasi produk saham. Metode ini membantu investor untuk melakukan investasi jangka panjang. Apalagi metode ini dianggap memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan trading. Selain itu, pengambilan keputusan dalam setiap investasi memang melibatkan banyak instrumen sekaligus. Berikut ini beberapa pilihan tips yang bisa dicoba untuk memulai investasi saham seperti:

1. Perhitungkan modal

Salah satu tips yang bisa dicoba dengan memperhitungkan modal. Nominal modal untuk investasi saham memiliki pengaruh besar dalam pembelian saham. Bila investor memiliki target untuk memiliki saham prospek jangka panjang dengan jumlah besar maka harus menggunakan modal besar juga. Nilai profit yang didapatkan dengan penggunaan modal juga akan semakin bertambah. Modal yang besar memudahkan investor untuk mengkoleksi blue chip sekaligus. Namun, jangan khawatir karena investor pemula juga bisa mencoba investasi dengan modal kecil.

2. Pilih sekuritas terpercaya

Seluruh transaksi investasi saham memang dilakukan melalui layanan dari sekuritas. Saat ini ada banyak pilihan layanan sekuritas terbaik dan terpercaya. Masing-masing sekuritas juga memberikan penawaran yang berbeda. Pastikan investor memilih sekuritas terpercaya yang sudah memiliki ijin operasional OJK. Hal ini dilakukan agar investor tidak mengalami kerugian akibat investasi bodong. Selain itu, sekuritas yang sudah memiliki ijin OJK akan mengikuti seluruh ketentuan dan perundang-undangan. Investor juga akan mendapatkan perlindungan bila terjadi kesalahan yang diakibatkan sekuritas. Sekuritas terbaik juga selalu memberikan rincian transparansi transaksi dengan lengkap.

3. Lakukan analisis

Cobalah terapkan analisis sebelum melakukan pembelian saham pada emiten tertentu. Analisis utama yang dilakukan dengan melihat hasil laporan keuangan. Investor tidak perlu khawatir karena rincian dari laporan keuangan juga ditampilkan pada profile emiten. Akses untuk laporan keuangan juga sangat lengkap. Ini memudahkan investor dalam pengambilan keputusan jangka panjang. Analisis teknikal lainnya juga berkaitan dengan nilai profit atau loss dari emiten untuk periode tertentu. Investor bisa mengkolaborasikan analisis fundamental dari seluruh press release emiten yang diterbitkan media.

4. Pilih emiten menguntungkan

Sebenarnya ini menjadi hal yang sangat penting bagi banyak investor. Pemilihan emiten yang berkualitas dianggap akan memberikan nilai profit besar. Biasanya emiten ini masuk dalam kategori blue chip. Banyak investor memilih emiten ini karena memiliki laporan keuangan yang baik. Selain itu, emiten blue chip sering membagikan dividen kepada pemegang saham. Semakin banyak investor memiliki saham blue chip maka peluang mengumpulkan profit jangka panjang juga terbuka lebar. Perlu diingat bahwa investor membutuhkan modal besar untuk membeli emiten blue chip.

5. Siapkan modal cadangan

Ini adalah tips yang sering dilakukan investor profesional. Namun, metode ini bisa diterapkan bagi pemula. Penggunaan modal untuk investasi produk saham sebaiknya tidak seluruhnya. Investor bisa membuat modal cadangan. Fungsi penting dari modal cadangan ini akan membantu investor menghadapi berbagai situasi. Misalnya saja, pada saat emiten saham awal mengalami penurunan nilai yang signifikan maka investor bisa menggunakan modal cadangan untuk membeli jumlah saham sama lebih banyak lagi. Modal cadangan ini juga bisa digunakan untuk trading jangka pendek sambil menunggu valuasi investasi terus meningkat sesuai target.

Info Gadai BPKB Motor Terpercaya hanya di pembiayaanbpkb.com