7+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Sangat Mudah!

Cara mendapatkan penghasilan tambahan menjadi topik yang banyak dicari orang dari berbagai kalangan. Walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap, namun banyak orang yang masih merasa perlu mencari pekerjaan tambahan untuk meningkatkan penghasilan.

Saat ini, siapa saja dari berbagai kalangan memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.

Dengan kemajuan zaman, Anda dapat memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selengkapnya, cara mendapatkan penghasilan tambahan dapat Anda simak dalam ulasan berikut.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan yang Mudah Dicoba

Zaman sekarang, cara mendapatkan penghasilan tambahan dapat diperoleh dari berbagai sumber. Berikut beberapa pekerjaan

1. Melakukan Pekerjaan Freelance

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang layak dicoba adalah menjadi freelancer. Saat ini, informasi mengenai pekerjaan freelance semakin mudah Anda dapatkan karena kemajuan teknologi dan informasi.

Banyak situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Pekerjaan tersebut dapat disesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda.

Ada banyak pekerjaan freelance yang dapat dilakukan sebagai cara mendapatkan penghasilan tambahan, di antaranya copywriting, penerjemah, desain grafis, dan sebagainya.

Dengan menjadi seorang freelancer Anda dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja. Bahkan, seorang freelancer memiliki kemungkinan berpenghasilan besar setiap bulannya jika kemampuan dan pengalamannya semakin banyak.

Bahkan seorang freenlacer juga bisa membuat kartu kredit untuk keperluan bisnis dan transaksi.

2. Menjadi Blogger

Hobi menulis dapat Anda jadikan sebagai cara mendapatkan penghasilan tambahan yang kedua. Caranya, dengan memanfaatkan situs blog untuk menulis beragam artikel seperti fashion, gaya hidup, kuliner, teknologi, dan sebagainya.

Buatlah konten-konten menarik agar blog Anda semakin ramai dikunjungi. Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan blog untuk jasa pemasangan iklan yang dapat menambah pundi-pundi uang Anda.

3. Bisnis Online (Menjadi Reseller atau Dropshipper)

Bisnis online dengan cara menjadi reseller atau dropshipper menjadi cara yang tepat untuk Anda coba jika ingin berbisnis tanpa modal dan menambah penghasilan dari pekerjaan utama.

Reseller berarti menjual kembali suatu barang dari pihak pertama dengan menyimpan stok barang tersebut dalam jumlah tertentu. Sedangkan dropshipper berarti menjual barang kembali dari pihak pertama tanpa harus menyimpan stok barang yang dijual.

Jika Anda ingin memeriksa setiap kualitas produk yang dijual dan melakukan pengemasan sendiri, maka Anda dapat mencoba sistem reseller.

Namun, jika tidak ingin melakukan pengemasan dan pengiriman barang sendiri serta memulai bisnis tanpa modal, Anda dapat mencoba sistem dropship.

4. Membuka Kewirausahaan Mikro dan Usaha Sampingan Kecil-kecilan

Selain menjadi reseller dan dropshipper, cara mendapatkan penghasilan tambahan juga dapat dilakukan dengan membuka kewirausahaan mikro dan usaha sampingan kecil-kecilan.

Contoh kewirausahaan mikro yang dapat Anda coba adalah jasa delivery makanan atau driver online. Dengan memanfaatkan motor atau mobil yang Anda miliki, Anda bisa menghasilkan uang tambahan diluar pekerjaan utama.

Membuka usaha sampingan juga dapat Anda coba untuk menghasilkan uang tambahan. Usaha sampingan tersebut dapat Anda lakukan berdasarkan hobi atau keahlian yang dimiliki.

Misalnya, jika Anda hobi memasak maka bisa membuka jasa catering kecil-kecilan dirumah. Atau jika Anda seorang yang kreatif, Anda dapat mencoba membuat kerajinan dan menjualnya.

Anda juga bisa memanfaatkan keahlian dengan menjadi seorang konsultan atau pengajar untuk menambah penghasilan Anda.

5. Membuka Jasa Pembuatan Website

Website menjadi salah satu elemen penting dalam promosi produk barang atau jasa saat ini. Oleh sebab itu, keahlian di bidang IT seperti website developer, programming, dan apps developer sangat dibutuhkan dan banyak dicari.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai cara mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan membuka jasa pembuatan website.

Bahkan, dengan cara ini Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

6. Menjadi Content Creator

Media sosial menyediakan ruang dan sarana bagi siapa saja yang ingin menjadi content creator. Dengan membagikan konten-konten menarik dan bermanfaat, Anda dapat menarik orang-orang untuk menjadi followers Anda.

Akun media sosial yang memiliki banyak followers akan mengundang brand tertentu untuk bekerjasama mempromosikan barang atau jasanya atau yang lebih dikenal dengan endorsement.

Semakin banyak jumlah followers Anda, maka tarif endorsement juga dapat Anda naikkan. Hal ini tentunya dapat menambah penghasilan Anda diluar pekerjaan utama.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi content creator juga merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan saat ini.

7. Menjual Foto dan Video

Anda yang hobi fotografi dan videografi dapat menambah penghasilan tambahan dengan menjual foto atau video hasil jepretan Anda. Saat ini telah banyak situs-situs yang dapat Anda manfaatkan untuk menjual foto dan video tersebut.

Anda bisa mendapatkan komisi mulai dari 20% hingga 45% dari harga jual saat foto dan video yang Anda masukkan ke situs diunduh oleh pengunjung. 

Cara mendapatkan penghasilan tambahan ini juga mulai banyak diminati karena hanya bermodal foto dan video saja bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

8. Investasi 

Investasi juga menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan yang banyak diminati. Selain menambah penghasilan, Anda juga bisa menjadikan investasi sebagai tabungan masa depan.

Saat ini sudah banyak aplikasi investasi yang memudahkan Anda untuk berinvestasi secara online bahkan dengan jumlah yang kecil. Sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya Anda mengenali berbagai produk investasi seperti reksadana, saham, emas, dan sebagainya. 

Anda juga harus memahami setiap resiko dari produk-produk investasi tersebut dan menyesuaikan produk investasi yang akan Anda ambil dengan tujuan Anda.

9. Menyewakan Properti

Cara mendapatkan penghasilan tambahan secara pasif yang dapat Anda coba adalah dengan menyewakan properti.  Properti yang bisa Anda bangun misalnya kos-kosan atau kontrakan yang bisa disewakan untuk memperoleh keuntungan setiap tahun atau setiap bulannya.

Cara ini sangat tepat bagi Anda yang memiliki modal untuk membeli atau membangun properti dan sebagai aset untuk masa depan Anda.

10. Menjadi Affiliator

Untuk mendapatkan uang dari internet, Anda dapat mengikuti program afiliasi. Sistem kerja program afiliasi menekankan pada keberhasilan Anda dalam promosi atau menjual produk.

Tugas Anda adalah melakukan promosi dengan menyebarkan link produk kepada orang lain. Jika link tersebut di klik dan produk berhasil terjual, maka Anda bisa mendapatkan sejumlah komisi sesuai perjanjian.

11. Membuka Jasa Titip Barang

Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam memperoleh penghasilan tambahan adalah membuka jasa titip barang, misalnya untuk barang-barang yang sulit didapatkan atau barang-barang dari luar negeri.

Kemudian, Anda dapat menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi karena ditambah dengan ongkos jasa titip untuk mencarikan barang.

12. Menjadi Admin Sosial Media

Jika Anda adalah seseorang yang aktif terutama dalam media sosial, Anda dapat mencoba jenis pekerjaan ini untuk menghasilkan uang tambahan. 

Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan admin sosial media secara online. Pekerjaan admin sosial media biasanya adalah membalas chat dari para customer.

 Jika Anda menemukan lowongan pekerjaan tersebut dan sudah memenuhi syaratnya, jangan ragu untuk segera memasukkan lamaran.

13. Membuka Bisnis Preloved 

Jika Anda memiliki barang-barang masih layak pakai namun tidak digunakan, jangan terburu-buru untuk membuangnya. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan untuk menambah penghasilan.

Barang-barang tersebut dapat Anda jual kembali, walaupun dengan harga yang lebih rendah daripada harga awal ketika membeli. 

Namun, setidaknya barang-barang tersebut tidak terbuang sia-sia dan masih bisa menghasilkan keuntungan untuk Anda. Apalagi jika Anda memiliki barang yang berkualitas dan impor, maka harga jualnya dapat lebih tinggi.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari Penghasilan Tambahan

Anda sudah mengetahui berbagai cara mendapatkan penghasilan tambahan seperti di atas. Namun, ada beberapa hal yang juga sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan di antaranya sebagai berikut:

1. Disiplin Mengatur Waktu

Bagi Anda yang bekerja full time di kantor, maka harus pandai mengatur waktu dalam bekerja sampingan. Anda harus pandai memanfaatkan waktu luang yang Anda dengan produktif.

Saat memiliki waktu luang, seperti di malam hari Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan pekerjaan atau bisnis sampingan.

Sebaiknya, buatlah jadwal harian agar pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan tidak terbengkalai. Pastikan pula untuk selalu mematuhi jadwal harian yang telah Anda buat agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar.

2. Siap Menguras Energi Lebih

Dalam mencari penghasilan tambahan, tentunya Anda harus siap jika energi akan terkuras lebih. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan rutin mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh semakin kuat.

Jika Anda merasa bahwa tubuh sudah terlalu lelah untuk bekerja, jangan paksakan dan cepatlah beristirahat agar kondisi tubuh tetap terjaga.

3. Melakukan riset lewat internet

Internet menjadi sarana yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan berbagai jenis pekerjaan sampingan dengan mudah.

Saat ini Anda harus memanfaatkan internet secara kreatif dan bijaksana agar bisa mendapatkan informasi pekerjaan tambahan yang tepat. Pasalnya, modus penipuan pekerjaan lewat internet sangat marak terjadi akhir-akhir ini.

4. Memanfaatkan Aset yang Dimiliki

Mencari pekerjaan sampingan tidak perlu memanfaatkan aset besar. Salah satu aset yang dapat Anda manfaatkan sebagai modal mencari penghasilan tambahan adalah smartphone.

Saat ini, mayoritas pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dapat Anda lakukan melalui smartphone. Contohnya dengan menjalankan bisnis online hingga pekerjaan freelance lain.

5. Mendalami Hobi dan Keahlian

Banyak orang yang belum memahami pentingnya mendalami hobi dan keahlian sebagai sarana mendapatkan penghasilan tambahan. 

Bagi Anda yang memiliki hobi di bidang tertentu, misalnya fotografi dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuka jasa foto atau bahkan menjual foto hasil jepretan Anda.

Contoh lainnya jika Anda memiliki keahlian dalam make-up artist, maka dapat memanfaatkannya untuk membuka jasa make-up yang dilakukan saat waktu luang.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dan informasi lainnya di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin memperoleh uang tambahan selain dari pekerjaan utama. Selalu disiplin waktu dan menjaga kesehatan agar Anda dapat bekerja dengan baik.

Selain itu, untuk bisa menerapkan berbagai pilihan cara mendapatkan penghasilan di atas. Anda tentunya membutuhkan beberapa tips penting.

Oleh karena itu, selain mencari tahu jenis pekerjaan samping apa saja yang cocok. Anda juga dapat mencari tahu hal apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja lepas atau pencari penghasilan tambahan.

Info Gadai BPKB terpercaya hanya di Pembiayaanbpkb.com