Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok dan Kenali Penyebabnya!

Mobil injeksi merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk bepergian. Hal ini tidak terlepas dari keunggulannya berupa lebih irit bensin yang dikarenakan sistem pengabut bahan bakarnya yang memang sudah diatur secara elektronik. Namun mobil injeksi akan lebih mudah mogok, maka dari itu Anda harus mengetahui cara mengatasi mobil injeksi mogok.

Biasanya, mobil injeksi yang mogok diakibatkan adanya masalah pada sistem kelistrikan salah satunya aki drop. Hal ini dikarenakan mobil injeksi yang memiliki ketergantungan pada bagian kondisi kelistrikan yang dialirkan oleh aki. Jika Anda merupakan pemilik mobil injeksi, maka Anda harus mengetahui beberapa informasi berikut.

 

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok Berdasarkan Penyebabnya

Untuk mengatasi mobil injeksi mogok tentunya Anda harus mengetahui penyebab utama mogoknya mobil injeksi tersebut. Adapun cara mengatasi mobil injeksi mogok berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut :

 

Mogok Karena Masalah Pada Sektor Pengapian

Salah satu penyebab mobil injeksi mogok yaitu karena terdapat masalah pada bagian sistem pengapian. Untuk itu, Anda bisa mengecek kondisi busi untuk mengetahui apakah busi kemasukan air atau tidak. Sebab air pada busi bisa menjadi salah satu pemicu mobil injeksi mogok.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu untuk membersihkan busi dari berbagai kotoran yang menempel, khususnya kerak hitam. Langkah berikutnya dari cara mengatasi mobil injeksi mogok akibat air di busi ini yaitu dengan meniup pada penutup busi untuk menghilangkan air yang mungkin saja masih mengendap.

 

Mogok Karena Filter Fuel Pump Yang Kotor

Biasanya filter fuel pump bisa ditemukan sebagai penghubung antara tangki bahan bakar dengan injektor. Hal ini dikarenakan filter ini memiliki fungsi untuk mencegah kotoran ada pada bagian bahan bakar masuk ke dalam mesin.

Agar tidak menyebabkan mobil injeksi mogok, biasanya filter ini harus dibersihkan setiap kali menempuh jarak 25 hingga 30 km. Untuk itu, cara mengatasi mobil injeksi mogok diakibatkan filter fuel pump yang kotor ini bisa dilakukan dengan cara melepas dan merendamnya di dalam bahan bakar.

Hal ini dilakukan untuk merontokkan kotoran yang menempel. Setelah itu, Anda bisa menyemprotkan filter tersebut menggunakan kompresor dan memasangkannya kembali.

 

Mogok Karena Masalah Pada Bagian Kelistrikan

Masalah pada bagian kelistrikan merupakan salah satu penyebab mobil injeksi mogok yang paling sering dialami oleh pengguna mobil injeksi. Secara umum, permasalahan kelistrikan ini akan terjadi pada bagian sekring atau aki. Maka dari itu, Anda memerlukan cara mengatasi mobil injeksi mogok yang tepat.

Jika memang permasalahan ini terjadi di bagian aki, maka Anda bisa salah satu dari dua solusi berikut. Pertama, Anda bisa langsung mengganti akinya saja. Jika tidak, maka Anda bisa mencoba untuk gunakan jumper. Sedangkan apabila memang problemnya berasal dari sekring, maka Anda bisa langsung melakukan penggantian saja.

 

Mogok Karena TPS Rusak

Throttle position sensor merupakan salah satu bagian yang ada di mobil injeksi yang berfungsi untuk melakukan pembacaan besaran bukaan gas dan untuk menentukan sinyal menuju bagian ECU. Jika Anda mengalami masalah di bagian TPS ini, maka cara mengatasi mobil injeksi mogok lebih mudah.

Dengan mengikuti panduan dan selalu melakukan servis mobil secara rutin dipercaya mampu mengatasi masalah TPS rusak ini. Selain itu, dengan kebiasaan menggunakan bahan bakar yang berkualitas baik juga akan meminimalisir TPS menjadi rusak.

 

Mogok Karena Kehabisan Bensin

Mobil mogok yang diakibatkan oleh kehabisan bensin memang bisa dialami oleh mobil jenis apa saja. Bahkan mobil dengan harga di atas rata-rata pun juga akan mengalami mogok jika memang bensin sudah habis. Namun Anda tidak perlu pusing, sebab terdapat cara mengatasi mobil injeksi mogok akibat bensin yang sangat mudah.

Anda hanya perlu memutar posisi kunci kontak dari yang awalnya berada di posisi on dirubah menjadi off. Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali. Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk menyalakan mobil kembali dengan tujuan untuk mempercepat aliran bahan bakar yang ada di tangki menuju injektor.

 

Mogok Karena CDI

Cara mengatasi mobil injeksi mogok akibat CDI yang rusak memang sedikit sulit untuk dilakukan sendiri. CDI merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di mobil, terlebih mobil injeksi.

Hal ini dikarenakan CDI memiliki fungsi yang cukup penting dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin. Apabila terdapat masalah di bagian tersebut maka pembakaran tidak akan sempurna.

Hal inilah yang kemudian akan mengakibatkan tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran tersebut tidak full. Sehingga nantinya mobil menjadi tidak bertenaga. Biasanya CDI yang mengalami kerusakan ditandai dengan munculnya suara ledakan dari mobil. Cara mengatasi mobil injeksi mogok yaitu dengan membawanya ke bengkel.

Namun, jika memang kerusakannya cukup parah, maka Anda bisa langsung mengganti CDI dengan yang baru. Dengan begitu, maka mobil injeksi Anda akan kembali normal seperti semula.

 

Baca Juga : 9 Tips Memilih Mobil Listrik Sesuai Kebutuhan

 

Tips Merawat Mobil Injeksi

Selain mengetahui cara mengatasi mobil injeksi mogok, Anda juga harus mengetahui tips merawat mobil injeksi agar mobil Anda tidak selalu mogok. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  • Selalu pastikan bahwa kondisi aki dalam keadaan bagus. Hal ini dikarenakan kinerja dari motor injeksi sangat bergantung pada kondisi dan kualitas aki yang akan menghidupkan mesin dan sistem pembakarannya.
  • Pastikan bahwa Anda selalu mengganti aki secara teratur. Biasanya oli dari mobil injeksi harus diganti setidaknya dua bulan sekali atau jika motor sudah menempuh jarak sekitar 1000 km. Oli gear juga harus rutin diganti setiap 5000 km untuk memaksimalkan kinerjanya.
  • Memilih bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang tinggi atau di atas 90. Hal ini dikarenakan bahan bakar seperti ini akan membantu proses pembakaran dari motor injeksi menjadi lebih sempurna. Sehingga nantinya tidak akan meninggalkan residu yang nantinya menjadi kerak.
  • Rutin memeriksa kondisi Electronic Control Unit. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa meminta bantuan pihak bengkel.
  • Pastikan bahwa Anda selalu rutin membawa mobil injeksi tersebut untuk diservis di tempat yang terbaik. Jika memang mobil tersebut Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka alangkah lebih baiknya jika Servis dilakukan setiap bulan.
  • Selalu rutin melakukan pengecekan kondisi busi. Busi merupakan salah satu komponen penting yang ada di mobil dan berfungsi sebagai pemantik api dalam proses pembakaran. Jia busi dalam keadaan baik, tentu saja proses pembakaran akan kurang bagus dan bisa menyebabkan berbagai permasalahan lainnya yang salah satunya mogok.

Demikianlah beberapa informasi seputar mobil injeksi, khususnya mengenai cara mengatasi mobil injeksi mogok berdasarkan penyebabnya serta dalam merawat mobil injeksi agar selalu dalam keadaan prima. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, maka Anda tidak akan terlalu sering ke bengkel, apalagi hanya karena mobil mogok.