Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta yang Wajib Dipelajari

Bukan hal yang mudah untuk mengatur keuangan gaji 1 juta terlebih biaya hidup yang semakin lama semakin merangkak naik. Namun bukan berarti gaji 1 juta tidak bisa diatur dan wajar kalau habis begitu saja.

Anda tetap harus memiliki planning keuangan, wajib menyisihkan sebagian gaji untuk dana cadangan atau tabungan masa depan dan mengesampingan keinginan karena kebutuhan harus diutamakan dengan gaji terbatas tersebut. Lantas cara mengaturnya bagaimana? Berikut kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta

Atur keuangan dengan pembagian 70-15-10-5

Bagi Anda yang memiliki gaji 1 juta rupiah per bulan, dalam mengatur keuangan gaji 1 juta rupiah tidak bisa Anda bagi ke dalam tiga pos saja. Anda harus membaginya ke dalam 4 pos yang terdiri atas pos untuk kebutuhan hidup, pos untuk menabung, pos untuk investasi masa depan dan pos untuk hiburan.

Jadi, 70% dari total gaji akan Anda gunakan untuk mencukupi semua kebutuhan bulanan Anda. Cukup tidak cukup harus cukup di angka 700 ribu rupiah. Di sinilah tantangan Anda untuk bisa mencukupi kebutuhan hidup dengan 700 ribu rupiah saja.

Pastikan Anda mengatur keuangan untuk pos kebutuhan bulanan dengan benar agar tidak mengalami pembengkakan di kemudian hari.

Kemudian 15%nya untuk ditabung. Pastikan Anda memiliki tabungan lain atau pisahkan rekening tabungan dengan rekening sehari – hari Anda sehingga nantinya dana 15% ini tidak tergoda untuk Anda gunakan membeli keinginan atau apapun itu.

Anda yang memiliki gaji 1 juta rupiah per bulan, tentu tidak ingin memiliki gaji stagnan 1 juta saja seterusnya. Tentu Anda ingin adanya peningkatan taraf hidup di kemudian hari. Oleh sebab itu waktunya Anda sekarang untuk berinvestasi.

Pastikan 10% dari gaji yang Anda dapatkan yaitu sekitar 100 ribu rupiah Anda gunakan untuk berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih misalkan digunakan membeli emas, atau investasi di saham, reksadana dan lainnya.

Sementara Anda sebagai makhluk sosial dan makhluk Tuhan tentu tetap butuh bersosialisasi dan liburan. Nah, 5% dari gaji Anda yaitu 50 ribu rupiah per bulan bisa Anda gunakan untuk liburan atau bersosialisasi dan bersenang – senang.

Jika merasa tidak cukup dengan 50 ribu rupiah sebulan, Anda bisa tabung dulu dan digunakan untuk liburan beberapa bulan kemudian. Yang terpenting pastikan agar Anda tidak menyisihkan terlalu banyak untuk liburan.

Jika memang dalam satu bulan, uang untuk kebutuhan masih lebih baru bisa Anda gunakan untuk dana liburan atau ditambahkan sebagai tabungan jika memang Anda merasa tidak terlalu butuh liburan di bulan tersebut.

Catatlah semua pengeluaran Anda

2 Cara Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta

Mencatat pengeluaran juga menjadi hal yang sangat penting agar Anda bisa memanage gaji Anda dengan baik. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengantisipasi jika ada pembengkakan pengeluaran dan Anda juga dapat memperbaiki, merevisi atau meniadakan pengeluaran yang tidak Anda inginkan karena semuanya sudah Anda catat.

Jika seluruh pengeluaran tercatat, Anda akan sadar bahwa ada beberapa hal yang sebenarnya perlu dibeli dan yang lainnya tidak perlu dibeli. Anda jadi akan memiliki skala prioritas dalam penuntasan kebutuhan dan keinginan. Dengan demikian pengeluaran Anda akan terkontrol dengan baik.

Hindari hutang dan lunasi hutang

Hal yang juga tak boleh Anda lupakan adalah terkait hutang yang Anda punya. Jika Anda merasa masih punya hutang, oke tak masalah kalau konsep 70-15-10-5 Anda pending dulu beberapa bulan.

Gunakan uang Anda untuk melunasi hutang yang Anda punya terlebih dahulu. Setelah hutang yang Anda punya lunas, hindari berhutang lagi. Apalagi berhutang menggunakan pinjaman online karena hal tersebut bisa menjadi masalah baru bagi Anda di kemudian harinya.

Selalu pikirkan masa depan Anda

Bagi Anda yang belum terbiasa, menabung memang menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Oleh sebab itu menabung harus dipaksa. Agar lebih termotivasi untuk menabung, ada baiknya Anda pikirkan menabung untuk mewujudkan suatu target Anda.

Misalkan jika 5 tahun lagi Anda berkeinginan untuk membeli motor, maka Anda harus mulai menyisihkan beberapa ratus ribu mulai sekarang agar 5 tahun lagi target Anda membeli sebuah motor tercapai. Inilah yang disebut sebagai motivasi dalam menabung.

Pikirkan juga bagaimana jadinya jika suatu hari ada pengeluaran tak terduga atau kebutuhan tak terduga sementara Anda tidak memiliki tabungan sama sekali. Pikirkan semua kemungkinan agar ketika masa sulit tiba, Anda masih bisa memiliki pegangan dari tabungan Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi.
Itulah informasi yang kami dapat berikan untuk Anda terkait cara mengatur keuangan gaji 1 juta. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menjadi solusi mencukupi kebutuhan hidup dan menyisihkan uang untuk menabung bagi Anda yang memiliki gaji 1 juta.

 

Dapatkan Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Melalui Leasing hanya di Pembiayaanbpkb.com