7+ Cara Mengatur Uang Bulanan dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Semua orang pasti setuju bahwa keberadaan uang sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Tidak jarang, uang bulanan yang kita miliki ternyata tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengatur uang bulanan dengan benar.

Selain berguna untuk mencegah pengeluaran lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika sudah terbiasa mengatur keuangan.

Lalu, apa saja manfaat mengatur uang bulanan dan bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini!

Manfaat yang Bisa Anda Dapat Jika Mengatur Uang Bulanan 

Cara mengatur uang bulanan rumah tangga bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Namun, jika sudah terbiasa melakukannya, maka hal ini akan terasa mudah.

Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan setelah rutin mengatur uang bulanan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Terbiasa hidup hemat

Pola hidup hemat berbeda dengan hidup kekurangan atau pas-pasan. Saat terbiasa dengan pola hidup hemat, maka Anda akan hidup berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang Anda inginkan.

Saat mengatur keuangan bulanan, Anda harus senantiasa mendahulukan kewajiban dan kebutuhan. Hidup hemat juga berguna untuk mengontrol pengeluaran yang selama ini sering berlebihan.

2. Berlatih hidup tertib dan teratur

Terbiasa mengatur uang bulanan juga akan membuat Anda hidup lebih tertib serta teratur. Ini bisa dilihat dari semua kebutuhan Anda dan keluarga yang selalu terencana dengan baik dan detail.

Hal ini juga berlaku untuk anak kos yang rutin melakukan cara mengatur uang bulanan anak kos

Bukan hanya kebutuhan pokok saja yang terpenuhi, kebutuhan lain seperti liburan dan kebutuhan jasmani juga bisa terwujud. Dengan begitu, maka kehidupan Anda akan jauh lebih seimbang.

3. Memiliki rencana masa depan yang baik

Saat terbiasa melakukan pola hidup hemat dan menjalani hidup tanpa hutang, maka perencanaan masa depan Anda akan jauh lebih baik. Saat semua hal Anda rencanakan dengan sedetail mungkin, maka apapun yang diinginkan pada masa depan bukanlah menjadi hal yang mustahil untuk tercapai.

4. Terhindar dari stres

Memiliki banyak hutang, pinjaman yang tidak lunas-lunas karena bunga yang semakin tinggi, dan berbagai masalah keuangan lainnya tentu akan menyebabkan stres. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda terbiasa mengelola keuangan dengan baik. 

Cara mengatur uang bulanan dengan benar akan membantu Anda terhindar dari stres. Pikiran menjadi lebih tenang dan ringan saat kondisi keuangan baik-baik saja. Dengan terhindar dari stres, maka tubuh juga bisa jauh lebih sehat.

5. Jauh dari hutang

Saat memutuskan untuk mengatur keuangan dengan maksimal setiap bulan, maka Anda akan terhindar dari yang namanya hutang. Pola hidup hemat dan teratur akan meredam keinginan terhadap sesuatu yang bisa menyebabkan Anda harus berhutang. 

Cukup dengan merencanakan dan mencatat barang dan keinginan yang ingin Anda miliki, kumpulkan uangnya, baru kemudian bisa mendapatkannya secara cash. Hindari mendapatkan sesuatu dengan cara berhutang karena akan menambah masalah keuangan.

6. Terhindar dari kejadian tidak terduga

Siapa yang tahu bahwa sewaktu-waktu ada suatu kejadian yang menimpa Anda di masa depan? Dengan cara mengatur uang bulanan sejak sekarang, maka Anda bisa terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak terduga pada masa depan. 

Dalam hal ini, Anda bisa memilih perlindungan yang paling sesuai, misalnya dengan memiliki asuransi. Ketika mengatur keuangan bulanan, Anda bisa memberikan pos khusus untuk asuransi agar bisa melindungi diri Anda dari kejadian tidak terduga di masa depan.

7. Dapat bersedekah

Nah, manfaat lain yang bisa Anda dapat jika mengatur uang bulanan dengan baik adalah bisa bersedekah. Semua orang pasti percaya bahwa sedekah akan membawa ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Tidak harus banyak, bersedekah juga bisa dilakukan mulai dari yang kecil.

Agar bisa bersedekah dengan maksimal, maka Anda perlu mengatur keuangan terlebih dahulu. Dengan bersedekah, rasa kemanusiaan Anda terhadap sesama juga akan semakin besar, sehingga rasa bahagia tersebut akan muncul. Dengan bersedekah, maka rezeki juga bisa semakin lancar.

Inilah  Cara Mengatur Uang Bulanan dengan Baik dan Bijaksana

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan jika mengatur uang bulanan dengan baik, kini saatnya Anda mulai melakukannya. Mengatur uang bulanan rumah tangga sebenarnya cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk terbiasa melakukan hal ini.

Nah, berikut ini adalah cara mengatur uang bulanan rumah tangga agar tidak boros.

1. Buatlah anggaran pengeluaran sesuai kebutuhan

Langkah pertama dalam mengatur uang bulanan adalah membuat anggaran pengeluaran. Buatlah daftar seluruh pengeluaran setiap bulan.

Mulai dari uang sewa tempat tinggal, tagihan listrik, internet, makanan, transportasi, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Dalam hal ini, Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Setelah membuat daftar anggaran pengeluaran per bulan, maka Anda bisa memperkirakan berapa total uang yang harus dikeluarkan pada bulan tersebut. 

Ada baiknya untuk berhati-hati dengan kebiasaan kecil yang bisa membuat keuangan menjadi boros padahal tidak terlalu penting. Contohnya, dari pada minum kopi di kafe setiap hati, maka lebih baik menyeduh kopi sendiri di rumah. Jauh lebih hemat bukan?

2. Tetapkan tujuan keuangan jangka panjang

Menetapkan tujuan keuangan jangka panjang sangat penting dalam mengatur keuangan bulanan. Keuangan jangka panjang tersebut dapat berupa membeli rumah, kendaraan, pendidikan anak, pensiun, dll.

Dengan menetapkan tujuan keuangan jangka panjang, maka akan membantu mengingatkan Anda untuk selalu berada di jalur yang benar. Anda juga bisa semakin terdorong untuk terus meningkatkan kekayaan dari waktu ke waktu supaya tujuan jangka panjang tersebut bisa dicapai.

3. Rencanakan pelunasan hutang dengan baik

Ingat bahwa bunga yang timbul dari hutang bisa berdampak buruk bagi kondisi keuangan pribadi Anda. Jadi, sebisa mungkin untuk segera membayar hutang tersebut. Jika Anda meminjam uang dengan tujuan untuk investasi atau bisnis, maka pastikan melunasi hutang tersebut jika sudah mulai menghasilkan pendapatan. 

Jangan biarkan hutang begitu saja karena akan semakin menumpuk akibat bunga yang terus bertambah. Sisihkan penghasilan untuk melunasi hutang agar tidak mengganggu keuangan dan hidup juga bisa jauh lebih tenang.

4. Gunakan aturan 50/30/20

Cara mengatur uang bulanan dapat dilakukan menggunakan aturan 50/30/20. Metode ini terbukti bisa membantu mengatur keuangan dengan baik. Aturan ini dilakukan dengan cara membagi total gaji ke dalam tiga kategori utama, yaitu:

  • 50% gaji untuk memenuhi kebutuhan utama sehari-hari, seperti uang makan, biaya sewa, dll.
  • 30% gaji untuk memenuhi keinginan, misalnya shopping, nonton bioskop, liburan, dll.
  • 20% gaji dialokasikan untuk menabung dalam bentuk instrumen keuangan, seperti investasi, dana darurat, dll.

Metode 50/30/20 tersebut merupakan alternatif cara mengatur uang bulanan 1 juta, 2 juta, 3 juta atau gaji lainnya sesuai dengan penghasilan Anda masing-masing. Cara tersebut akan membantu Anda untuk mengatur keuangan secara mudah dan efektif.

5. Bijaksana jika ingin membeli sesuatu

Jika tidak ingin pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan, maka yang harus Anda ingat adalah hindari membeli secara impulsif. Saat melihat ada suatu barang yang sedang promo atau diskon, sebaiknya tidak serta merta langsung membelinya.

Apalagi jika barang tersebut tidak benar-benar Anda butuhkan dan tidak ada pada daftar rencana pengeluaran.

Menghindari pembelian impulsif merupakan cara yang baik agar Anda bisa mengatur gaji bulanan dengan lebih baik. Jadi, sebelum membeli suatu barang, pastikan untuk memikirkannya baik-baik. Apakah Anda membutuhkan barang tersebut? 

Pikirkan juga mengenai kualitasnya dan nilai yang didapatkan, apakah sesuai dengan harga yang Anda bayar? Dengan menanyakan hal-hal tersebut kepada diri sendiri, maka Anda bisa lebih bijaksana dalam melakukan pembelian terhadap suatu barang.

6. Jangan abaikan dana darurat

Jika ingin menjaga keuangan agar tetap aman, maka Anda harus memaksakan diri untuk menyisihkan penghasilan. Bukan hanya itu, Anda juga wajib menyisihkan gaji untuk dana darurat. Keberadaan dana darurat sangat penting untuk mengatasi hal-hal tidak terduga di masa depan.

Contohnya, tiba-tiba Anda harus membeli HP baru akibat rusak atau hilang. Selain itu, dana darurat juga bisa digunakan jika Anda mengalami sakit dan harus berobat ke dokter.

Mengingat tidak ada satu orang pun yang tau mengenai apa yang akan terjadi di waktu mendatang, maka memiliki dana darurat penting untuk kebutuhan tidak terduga tersebut.

7. Miliki asuransi

Tidak dipungkiri bahwa saat ini masih banyak orang yang meremehkan asuransi. Padahal, peran asuransi sangat penting. Kenapa penting? Pasalnya, dengan asuransi Anda bisa terlindung dari kejadian tidak terduga yang tidak diinginkan.

Jangan sampai Anda jatuh sakit yang membuat hasil kerja keras selama ini habis begitu saja karena digunakan untuk biaya pengobatan yang sangat besar.

Maka dari itu, cara mengatur uang bulanan juha harus disisihkan untuk membayar asuransi. Dengan memiliki asuransi, maka Anda juga akan mendapatkan ketenangan pikiran.

8. Alokasikan penghasilan untuk investasi

Sebagian gaji yang Anda dapatkan sebaiknya disisihkan sebagai tabungan untuk kemudian bisa diinvestasikan. Setelah mengumpulkan tabungan yang cukup, Anda dapat menggunakan tabungan tersebut untuk dikelola dalam bentuk investasi. 

Jenis investasi yang bisa Anda pilih sangat beragam. Misalnya, investasikan uang dalam bentuk instrumen keuangan, seperti reksadana, pasar uang, saham, dan obligasi. Dengan investasi, maka Anda bisa meningkatkan pendapatan bulanan tanpa harus bekerja lebih lama.

9. Hindari rasa ingin pamer ke orang lain

Tidak dipungkiri bahwa rata-rata orang menghabiskan uang terlalu banyak untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting dengan tujuan untuk pamer. Mulai dari menggunakan pakaian bermerek dengan harga mahal, makan di restoran mewah untuk diposting di media sosial, dan berbagai hedonisme lainnya.

Hindari memiliki rasa ingin pamer ke orang lain. Hal ini akan membuat hidup Anda jauh lebih tenang karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Sebaliknya, gunakan uang yang Anda miliki untuk menabung dan memenuhi kehidupan sehari-hari.

Nah, itu dia beberapa cara mengatur uang bulanan yang bisa Anda lakukan. Mungkin awalnya terlihat sulit untuk dilakukan. Namun, jika sudah terbiasa melakukannya, maka semua akan terasa mudah.

Bahkan, Anda akan merasakan betapa besar manfaat yang bisa didapatkan setelah berhasil mengatur keuangan dengan baik. Jadi, mulailah untuk mengatur keuangan dengan bijak agar manfaat tersebut bisa Anda dapatkan.

Info Pinjaman Jaminan BPKB Motor hanya di pembiayaanbpkb.com