Cara Mengendarai Mobil Matic – Panduan Langkah Demi Langkah

Dulu hanya populer di kalangan pengemudi tua dan mereka yang tidak bisa mengendarai mobil manual, kini mobil matic sudah menjadi hal yang lumrah.

Tidak hanya lebih mudah (dan lebih santai) untuk dikendarai daripada manual, dalam beberapa kasus mereka bisa lebih baik dalam hal bahan bakar dan biaya perawatannya lebih murah.

Namun, jika Anda belum pernah mengendarai mobil matic sebelumnya, akan sangat mudah untuk berada di belakang kemudi dan benar-benar bingung dengan tidak adanya pedal kopling dan berbagai opsi yang disediakan oleh shifter.

Jika Anda ingin mempelajari cara mengemudi mobil matic – lihat panduan cepat dan mudah di artikel ini

Sebelum Kamu Memulai

Sebagian besar gearbox otomatis memungkinkan Anda memilih antara ‘P’ (untuk parkir), ‘R’ (mundur), ‘N’ (netral) dan ‘D’ (berkendara).

  • Parkir hanya boleh digunakan saat Anda berhenti dan turun dari mobil. Ini ‘mengunci’ transmisi, mencegahnya agar tidak menggelinding (tetapi Anda masih perlu menerapkan rem tangan saat parkir juga).
  • Mundur melakukan seperti yang dikatakan – bertindak sama seperti gigi mundur dalam manual, dan harus dipilih saat Anda ingin mengemudi mundur.
  • Netral sama dengan merobohkan gearbox manual dari gigi. Seharusnya tidak dipilih saat bergerak – ini dikenal sebagai meluncur – tetapi dapat digunakan (bersama dengan rem tangan) jika Anda berhenti untuk waktu yang singkat.
  • Drive akan memilih gigi secara otomatis dan memungkinkan mobil untuk bergerak maju.

Beberapa gearbox matic juga akan memberi Anda opsi untuk memilih gigi pertama atau kedua.

Ini akan membantu dalam situasi di mana Anda ingin menggunakan gearbox untuk menjaga kecepatan Anda – seperti mengemudi menuruni bukit yang curam.

Memiliki opsi ini juga membantu menjaga putaran tetap rendah dan menghentikan roda agar tidak berputar saat menarik diri dalam situasi tertentu.

Misalnya ketika bergerak dalam kondisi bersalju atau dingin, kadang-kadang disarankan untuk menarik gigi kedua untuk menghentikan roda agar tidak tergelincir jika sangat bersalju – beberapa mobil otomatis juga memiliki ‘mode musim dingin’ khusus yang menangani hal ini.

Fakta bahwa tuas atau pemilih menggantikan tongkat persneling secara otomatis berarti hanya ada 2 pedal: akselerator dan rem. Tidak ada pedal kopling yang bisa ditemukan di sini.

Berhati-hatilah untuk tidak menekan pedal rem secara naluriah seperti yang Anda lakukan pada pedal kopling di manual! Ini akan menyebabkan penghentian darurat mendadak.

Cara Mengemudi Mobil Matic

Meskipun gearbox matic umumnya sangat mudah digunakan, kebingungan muncul saat memulai dan menghentikan.

Ketika Anda masuk ke mobil dengan gearbox matic, seharusnya dibiarkan di ‘parkir’.

Cara Menghidupkan Mobil Matic

  • Letakkan kaki kanan Anda di pedal kiri (rem) dan tekan ke bawah
  • Mulai mobil dengan memutar kunci atau menekan tombol start
  • Dengan kaki masih menginjak rem, pindahkan shifter ke ‘D’ (jika ingin maju) atau ‘R’ (jika ingin mundur)
  • Angkat kaki Anda dari rem, ini akan menyebabkan sebagian besar kendaraan otomatis ‘merangkak’ ke depan
  • Untuk menambah kecepatan, tekan perlahan kaki kanan Anda ke bawah pada pedal kanan (akselerator)
  • Setelah bergerak, gearbox akan memilih gigi yang tepat untuk situasi tersebut dan melakukan semua kerja keras untuk Anda

Cara Menghentikan Mobil Matic

  • Saat Anda mengurangi kecepatan, transmisi matic akan menurunkan persneling untuk Anda
  • Setelah Anda menyelesaikan perjalanan Anda, tekan pedal rem sampai mobil berhenti
  • Saat tidak bergerak, pertahankan kaki Anda pada rem dan geser tuas ke ‘P’
  • Terapkan rem tangan (baik tuas atau tombol biasanya di sebelah pemilih ger)
  • Kemudian matikan kunci kontak

Pada gambar di atas, Anda akan melihat dua huruf lain pada pemindah gigi.

‘S’ adalah singkatan dari Sports Mode. Ini akan sering menurunkan suspensi mobil, meningkatkan tingkat kepekaan terhadap throttle, dan meningkatkan kecepatan akselerasi kendaraan. Mobil akan sering tinggal di gigi lebih lama untuk memaksimalkan tingkat kecepatan.

‘L’ mengacu pada Mode Rendah. Ini akan memberitahu mobil untuk tetap di gigi yang lebih rendah untuk tenaga yang lebih besar dan kecepatan yang lebih sedikit. Ini akan membantu dengan penarik dan lereng curam.

Berbagai Jenis Gearbox Matic

Meskipun setiap mobil yang mengubah persneling sendiri tanpa pengemudi harus menggunakan pedal kopling umumnya dianggap sebagai mobil otomatis, sebenarnya ada beberapa jenis gearbox matic yang berbeda.

Gearbox Matic Konvensional

Volvo XC90

Sumber :Volvocars.com

Ini menggunakan ‘torsi-konverter’ untuk melakukan pekerjaan kopling, dan lebih halus daripada ‘kotak otomatis lainnya, tetapi akan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada manual.

Mobil mewah seperti Range Rover dan Volvo XC90 tetap menggunakan transmisi otomatis konvensional – menggunakan sebanyak sembilan gigi.

Transmisi Variabel Kontinu (CVT)

Toyota Prius 2020

CVT populer di mobil hibrida seperti Toyota Prius, karena mereka menghilangkan roda gigi demi sabuk yang bertindak sebagai rasio gigi tunggal.

Selain lebih efisien dan lebih andal, mereka juga menghasilkan pengendaraan yang lebih mulus karena mobil tidak perlu berpindah persneling.

Kelemahannya adalah akselerasi yang lebih lambat daripada gearbox otomatis lainnya, dan suara mesin yang keras dan tegang dapat terjadi jika Anda mencoba membuat kemajuan yang cepat.

Matic Kopling Ganda

Jenis gearbox ini mirip dengan gearbox otomatis konvensional, tetapi dua kopling (dioperasikan secara otomatis) menggantikan konverter torsi.

Mereka berbaris bergantian gigi, yang berarti rasio berikutnya disiapkan dan memungkinkan perubahan gigi yang cepat.

Mereka populer di mobil VW Group – mulai dari gearbox DSG yang ditemukan di Volkswagen Golf hingga PDK yang digunakan di Porsche.

Gearbox Manual Otomatis

Ini tidak sepopuler dulu, tetapi masih digunakan di mobil yang lebih murah seperti Skoda Citigo.

Ini bertindak seperti manual normal, tetapi memilih gigi secara otomatis dan mengoperasikan kopling dengan komputer daripada menggunakan pedal.

Kelemahan dari ini adalah mereka bisa sedikit tersentak – seperti manual, ada jeda kecil saat sistem bekerja melalui roda gigi.

Apa Keuntungan Dari Gearbox Matic?

Meskipun gearbox matic secara tradisional memiliki reputasi sebagai perawatan yang tinggi, mereka lebih dapat diandalkan daripada sebelumnya.

Mereka juga mengurangi kemungkinan bagian yang salah – misalnya, jika kontrol kopling Anda tidak sempurna, Anda tidak akan aus kopling di mobil matic.

Selain lebih mudah dikendarai, dalam beberapa kasus mobil versi matic sebenarnya bisa lebih efisien daripada versi manualnya.

Mereka juga bisa lebih cepat – banyak transmisi dual-clutch khususnya dapat mengubah persneling lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia, memangkas sepersepuluh detik dari waktu 0-62mph.

Ideal untuk olahraga hari lintasan – Anda dapat membaca panduan pemula kami untuk melacak hari di sini .

Namun, mobil matic  biasanya lebih mahal untuk dibeli, yang tidak akan membantu tujuan Anda jika Anda seorang pengemudi baru yang sudah menghadapi premi asuransi yang tinggi.

Jika Anda ingin menghemat uang untuk asuransi mobil sebagai pengemudi baru, Anda mungkin ingin melihat asuransi mobil kotak hitam . Atau Anda mungkin ingin mempertimbangkan asuransi mobil sementara untuk melindungi Anda dari peminjaman mobil. 

Artikel Lainnya

Cara Cek Freon AC Mobil Bocor Berikut Penyebabnya

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik, Mudah Dan Praktis

6 Cara Mengatasi Mobil Boros Oli

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok Dan Kenali Penyebabnya

Gadai BPKB Bandung