Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik, Mudah dan Praktis

Berniat membeli mobil listrik? Sebelum membeli, ada baiknya Anda mencari tahu seluk-beluk mobil listrik. Termasuk mengenai prinsip pengoperasian dan bagaimana cara mengisi baterai mobil listrik tersebut. 

Hal ini sangat penting untuk dipahami agar nantinya Anda tidak bingung bagaimana cara pengoperasian mobil listrik dan pengisian baterainya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Mobil Listrik

mengenal mobil listrik

Jika dibandingkan dengan mobil bahan bakar minyak, mobil listrik memiliki beberapa keunggulan. Berbeda dengan mobil bahan bakar minyak yang menggunakan bensin sebagai sumber tenaganya, mobil listrik tentunya menggunakan listrik sebagai sumber bahan bakar.

Karena menggunakan sumber energi berupa listrik, maka mobil listrik harus melalui proses charge atau pengisian listrik untuk dapat menjalankannya. Pengisian baterai listrik sendiri bisa dilakukan di rumah maupun di stasiun pengisian mobil listrik yang telah disediakan oleh pemerintah.

Mobil listrik kini mulai banyak dilirik karena dinilai memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan mobil bensin. Lalu, apa saja keunggulan mobil listrik? Keunggulan mobil listrik dibandingkan dengan mobil bahan bakar minyak adalah sebagai berikut:

  • Mesin yang digunakan lebih halus dan senyap, sehingga lebih nyaman bagi pengendara di dalamnya. Umumnya, saat mobil ini sedang tidak jalan, suara yang dihasilkan hanya sekitar 30 – 40 db saja.
  • Biaya perawatan mobil listrik lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk perawatan mobil berbahan bakar minyak. Mobil listrik tidak membutuhkan banyak perawatan karena tidak menggunakan oli serta jumlah komponennya lebih sedikit.
  • Ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi seperti mobil bahan bakar minyak. Mobil listrik menghasilkan lebih sedikit polusi udara dan gas rumah kaca, sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.
  • Pengisian bahan bakar mobil listrik sangat fleksibel. Jika malas mengantri pengisian daya di stasiun, maka isi daya mobil listrik bisa dilakukan di rumah sendiri. Tidak perlu lama mengantri, lebih praktis dan efektif.

Prinsip Pengisian Daya Baterai Mobil Listrik

Isi daya Mobil Listrik

Sebagai pemilik mobil bertenaga listrik, Anda tentunya harus tahu bagaimana prinsip pengisian sumber energi pada mobil tersebut. Prinsip pengisian energi pada mobil listrik sebenarnya hampir sama dengan prinsip pengisian baterai pada umumnya. 

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan beberapa komponen pengisian baterai, seperti konektor, adaptor, dan sumber listrik. Lalu, bagaimana cara mengisi baterai mobil listrik? Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa cara untuk mengisi baterai pada mobil listrik.

1. On Board Charger

Cara mengisi baterai mobil listrik yang pertama adalah menggunakan pengisi daya yang telah tersedia di dalam mobil listrik itu sendiri. Perlu Anda tahu, bahwa listrik masuk ke mobil menggunakan arus bolak-balik. 

Charger ini berfungsi sebagai adaptor untuk menggantikan arus bolak-balik yang berasal dari luar agar menjadi arus searah, sehingga arus listrik tersebut dapat masuk ke dalam baterai mobil.

2. Off Board Charger

Off board charger merupakan prinsip mengisi baterai mobil listrik yang menggunakan pengisi daya terpisah. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menemukan pengisi daya pada sistem pengisian baterai di dalam mobil tersebut. 

Pada sistem ini, Anda harus menggunakan listrik dengan arus searah agar dapat masuk ke dalam baterai. Namun, sangat jarang ada mobil yang menggunakan sistem pengisi daya seperti ini. Kebanyakan mobil bertenaga listrik menggunakan on board charger sebagai sistem pengisi dayanya.

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Pengisian daya mobil listrik dapat dilakukan sendiri di rumah maupun di stasiun pengisian daya mobil listrik yang sudah disediakan oleh pemerintah. Untuk mengisi daya mobil listrik di rumah sampai penuh, Anda membutuhkan waktu setidaknya selama 17 jam. 

Berbeda dengan pengisian baterai mobil listrik di rumah, Anda hanya membutuhkan waktu selama 3 jam saja jika melakukan pengisian daya mobil listrik di stasiun. Bahkan, waktu tersebut juga dapat dipercepat menjadi 1 jam apabila menggunakan fast charger.

Langkah-langkah pengisian daya mobil listrik di stasiun pengisian baterai mobil listrik di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi Charge.IN
  • Cari stasiun terdekat menggunakan aplikasi Charge.IN
  • Kunjungi stasiun pengisian baterai mobil listrik terdekat
  • Pasang gun yang paling sesuai dengan jenis mobil listrik Anda
  • Gunakan kartu NFC untuk otentikasi di tempat isi daya mobil listrik tersebut
  • Lakukan scan QR di stasiun tersebut agar bisa mengisi kWh untuk mengisi daya listrik ke mobil
  • Bayar biaya pengisian daya mobil listrik lewat aplikasi LinkAja
  • Tunggu hingga proses pengisian baterai mobil listrik selesai dilakukan
  • Selesai, mobil listrik Anda sudah terisi dengan daya sesuai kebutuhan

Itu dia cara pengisian daya baterai mobil listrik di Indonesia. Sangat mudah bukan? Jika ingin mengisi baterai mobil listrik di stasiun, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Charge.IN serta menyiapkan pembayaran lewat aplikasi LinkAja.

Dengan begitu, maka proses pengisian daya baterai listrik di stasiun lebih mudah dan cepat diproses.

Berapa Biaya Pengisian Daya Baterai Listrik?

Pada dasarnya, mobil listrik merupakan kendaraan yang cukup hemat. Hal ini karena ada beberapa tempat pengisian baterai mobil listrik yang siap memberikan listrik secara gratis. 

Pada stasiun berbayar, biasanya Anda akan dikenai biaya senilai Rp1.650,- sampai Rp2.466,- saja per kWh.

Apabila mengambil harga pengisian daya paling murah, kemudian dikalikan dengan kapasitas baterai mobil Anda misalnya 75 kWh, maka pengisian daya baterai mobil listrik Anda sampai penuh adalah sekitar Rp123.750,- saja.

Perlu Anda tahu bahwa 1 kWh dapat digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak sampai 5,1 kilometer. Ini artinya, satu kali pengisian baterai mobil sampai penuh dapat digunakan untuk menempuh jarak hingga 112,5 km. 

Biaya tersebut merupakan besarnya biaya yang harus Anda keluarkan jika melakukan pengisian baterai mobil listrik di stasiun. Biaya yang dibutuhkan untuk pengisian baterai mobil listrik di rumah tentunya berbeda. 

Untuk mengisi baterai mobil listrik di rumah, biayanya ditentukan oleh harga per kWh listrik rumah Anda. Selain itu, hal lain yang menentukan biaya isi daya mobil listrik di rumah adalah lama pengisian daya, besar arus maksimal charger, serta besar tegangan listrik. Sebagai contoh, harga per kWh di daerah DKI Jakarta adalah Rp1.444,-.

Melihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh mobil listrik, pastinya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki mobil listrik. Bukan hanya hemat saja, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil bensin yang menimbulkan emisi. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan mobil listrik, pastikan untuk memilih produk mobil listrik dengan kualitas terbaik. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan yang sesuai untuk mobil listrik agar kendaraan bertenaga listrik tersebut tetap awet digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa mobil listrik mungkin tidak bisa digunakan untuk menempuh perjalanan yang sangat jauh seperti layaknya mobil bahan bakar minyak. Apalagi, belum semua kota di Indonesia menyediakan stasiun pengisian daya mobil listrik. 

Jadi, pastikan untuk mengisi baterai mobil sampai penuh sebelum menempuh perjalanan jauh.

Artikel Mengenai Mobil Listrik Bisa Dicek Di Bawah Ini :

  1. 5 Daftar Mobil Listrik Murah Di Indonesia Yang Bisa Jadi Pilihan
  2. 9 Tips Memilih Mobil Listrik Sesuai Kebutuhan
  3. 5+ Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Dapat Dipertimbangkan
  4. Cari Tahu Sejarah Dan Perkembangan Mobil Listrik Dari Masa Ke Masa Disini
  5. Lebih Menguntungkan, 5 Cara Menghemat Daya Pada Mobil Listrik
× Halo Min.. Minta Informasi