kerusakan kopling mobil

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

Kerusakan Kopling Mobil Cara Memperbaikinya

Kerusakan kopling mobil adalah sesuatu yang berefek utama terhadap kinerja kendaraan.Berbicara mengenai transmisi mobil, saat ini terbagi menjadi 3 varian yakni, manual, automatic, dan triptonic. Pastinya setiap varian tersebut memiliki cara kendali yang berbeda-beda. Namun, untuk transmisi yang saat ini banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat global adalah transmisi manual. Dimana transmisi tersebut diklaim lebih support untuk perjalanan jauh seperti perjalanan luar kota, hingga perjalanan luar pulau.

Mobil yang dengan transmisi manual pastinya sudah dibekali komponen kopling sebagai pengatur gigi percepatannya saat mobil melaju. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan, otomatis akan menimbulkan masalah besar, dikarenakan pengatur utama laju mobil tersebut berfungi tidak sewajarnya, dan jika mobil tetap terus melaju, maka akan membahayakan penumpang dan pengemudi didalam mobil terebut. Bagaimana cara mengatasi kerusakan kopling? Daripada penasaran, ikuti ulasan lengkapnya mengenai Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil berikut ini.

Cara Memperbaiki Kerusakan Kopling Mobil

Kopling Kesulitan Masuk Gigi

Kesulitan memasukkan gigi pada sistem transmisi memang biasa, tapi mengenai hal ini menjadi tanda-tanda permulaan kerusakan pada kopling mobil. Meskipun demikian, hal tersebut tidak bisa langsung diklaim sebagai suatu kerusakan pada transmisi. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pelepasan pedal kopling yang belum sempurna, yang berpengaruh penginjakan gigi berikutnya menjadi lebih sulit

Bagaimana cara menanggulanginya kerusakan kopling mobil tersebut? Caranya cukup sederhana, hanya dengan melakukan penyetelan pada kopling yang sesuai dengan standart, maka kopling akan kembali berfungsi seperti biasanya.

Mobil Bergetar Saat Kopling Dilepas

Bergetar saat kopling di lepas biasanya disebabkan karena adanya plat kopling serta kondisi roda mobil yang kurang rata, sehingga mempengaruhi proses pengaliran tenaga yang akan dialirkan dari mesin ke bagian transmisi menjadi lebih berat. Akibatnya timbul getaran pada mobil pada saat kopling terebut dilepas.

Cara menanggulangi kerusakan kopling mobil hal tersebut cukup mudah. Dengan mengubah roda yang tidak rata dan mengubah komponen yang bermasalah, bisa dijamin kopling mobil akan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Kopling Blong

Salah satu ciri kopling blong ialah kopling terasa sangat enteng dan ringan saat diinjak. Dengan kata lain, Anda tidak memerlukan tenaga besar saat mengalihkan kopling dari satu posisi ke posisi lain. Kopling blong diakibatkan karena angin yang masuk pada sistem hidrolik terlalu banyak, sehingga sistem hidrolik juga akan mengalami kebocoran. Kebocoran ini juga akan bertambah besar seandainya tidak segera ditangani.

Kerusakan kopling mobil tersebut dengan segera bawa mobil Anda ke bengkel jika terjadi kebocoran pada bagian sistem hidrolik. Apabila kopling mobil Anda hanya kehabisan minyak rem, periksa dan isi kembali minyak rem supaya kopling kembali bermanfaat dengan baik.

Tercium Bau Terbakar dari Kopling

Bau terbakar pada kopling diakibatkan karena proses penginjakan kopling yang tidak sempurna, dalam artian hanya menginjak separuh kopling saja. Penginjakan kopling yang tidak penuh menyebabkan kekuatan kopling menjadi lebih kecil, sehingga kampas kopling menjadi lebih kecil.

Kondisi ini pada umumnya terjadi saat jalanan menanjak. Dimana terjadi gesekan pada bagian komponen di dalam kopling menjadi semakin memanas, sehingga pada akhirnya memicu bau gosong dari kopling.

Kurangi kebiasan untuk menginjak kopling setengah, khususnya saat kondisi jalanan menanjak. Kebiasaan ini lambat laun akan mempercepat usia dari kampas kopling tersebut, sehingga kampas kopling jadi cepat rusak.

Pedal Kopling Sulit Diinjak

Ada dua hal yang menjadi penyebab terjadinya pedal kopling sulit diinjak. Pertama,pegas pengembali kopling mendadak kembali menjadi keras, sehingga proses penginjakan pedal kopling juga menjadi lebih sulit. Kedua, kerusakan yang terjadi pada sistem kopling yang bisa diakibatkan oleh usia mobil yang sudah tua, dapat juga karena mobil jarang digunakan oleh pemiliknya.

Untuk menanggulangi kerusakan kopling mobil tersebut dengan dua penyebab tersebut, Anda dapat mencoba untuk menghidupkan mesin mobil dengan memijak pedal kopling secara perlahan. Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Kalau tidak, kerusakan yang timbul pada pedal kopling justru tidak akan berkurang, melainkan klerusakan akan bertambah banyak.

Cara mengatasi kerusakan kopling mobil cukup mudah. Hanya saja, Anda butuh super hati-hati saat memperbaiki sistem kopling ataupun pedal kopling agar proses perbaikannya berlangsung mulus. Apabila Anda tidak yakin dapat membenahi masalah kopling mobil sendirian, Anda bisa serahkan langsung ke bengkel yang berpengalaman di bidang perbaikan ini.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil yang dapat kami sampaikan kali ini. Diharapkan isi ulasan bisa memberikan referensi bagi Anda yang saat ini memiliki mobil bermasalah pada bagian kopling. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Tips Otomotif lainnya :

  1. Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor
  2. Tukar Tambah Motor Ke Mobil, Tips Dan Syaratnya Apa Saja ?
  3. Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling
  4. Jenis Surat Tilang
  5. Golongan Kendaraan Di Tol
  6. Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil
  7. Arti Plat Putih Pada Mobil
  8. Ini Dia 7 Penyebab AC Mobil Berangin Terasa Kurang Berangin
  9. Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil
  10. 9 Tips Memilih Mobil Listrik Sesuai Kebutuhan
  11. 5+ Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Dapat Dipertimbangkan
  12. Cara Cek Freon AC Mobil Bocor Berikut Penyebabnya
  13. Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik, Mudah Dan Praktis
  14. 6 Cara Mengatasi Mobil Boros Oli
  15. Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok Dan Kenali Penyebabnya
  16. Cari Tahu Sejarah Perkembangan Mobil Listrik Dari Masa Ke Masa Sini
  17. Mari Ketahui Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang Dipakai
  18. Lebih Menguntungkan, 5 Cara Menghemat Daya Pada Mobil Listrik
  19. Mudah..! 4 Cara Merawat Cat Mobil Doff Tetap Kinclong
  20. Kelebihan Dan Kelemahan Roda Pengerak FWD Pada Mobil, Cek Disini
  21. Fitur Parking Sensor Pada Mobil Cara Kerjanya Bagaimana
  22. Cari Tahu Asuransi Mobil All risk Di sini
  23. Asuransi Mobil Tlo Dengan All Risk, Apa Bedanya ?
  24. Jangan Salah Pilih ! Tips Asuransi Kendaraan Bermotor
  25. Cari Tahu ! Ini Dia Cara Klaim Asuransi Mobil Wahana Tata
  26. Review Spesifikasi Dan Harga Suzuki Jimny 2019 Terbaru
  27. Review Spesifikasi Dan Harga Datsun Go Live 2019
  28. Review Spesifikasi Dan Harga Toyota Avanza Veloz 2019
  29. Review Spesifikasi Dan Harga Daihatsu Grand Max Terpercaya
  30. Daftar Mobil Family Car 7 Seater Untuk Keluarga Anda
  31. Daftar Mobil Listrik Murah di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan
  32. 5 Daftar Mobil Listrik Murah Di Indonesia Yang Bisa Jadi Pilihan
  33. Daftar Mobil City Car Terbaik Untuk Anak Muda, Cek Harganya Disini
  34. Rekomendasi Mobil Cross SUV Terbaik 2022 Yang Wajib Dimiliki
  35. Mobil Jeep Terbaru Untuk Dampingi Petualangan Serumu
  36. Spesifikasi Mobil Toyota Vellfire Terlengkap Disini
  37. Rekomendasi Mobil Double Cabin Terbaik Dan Harganya
  38. Mobil Sport Dibawah 1 M Yang Cocok Untuk Pecinta Mobil Sport Low Budget
  39. Mobil Buatan Rusia Canggih Beberapa Masuk Indonesia Lho
  40. 10 Perbedaan Vario 160 ABS Dengan Vario 160 CBS, Baca Sebelum Beli
  41. Rekomendasi Harga Motor Untuk Wanita Dan Tips Merawat Kendaraan
  42. Motor Untuk Remaja Wanita Paling Keren, Ini Rekomendasinya !

INFO PINJAMAN JAMINAN BPKB DISINI TEMPATNYA

Similar Posts