Cash Management System (CMS) BRI : Pengertian, Manfaat, Dan Fungsinya

Cash Management System (CMS) BRI

Cash Management System (CMS) BRI : Pengertian, Manfaat, Dan Fungsinya. Di zaman yang sudah terdigitalisasi seperti ini banyak inovasi yang terus bermunculan untuk membantu dan memudahkan segala urusan baik itu personal maupun bersama yang dapat diselesaikan. Yang pastinya inovasi yang dibuat harus memberikan keuntungan dan manfaat bagi penggunanya.

Karena memang itu tujuan dari inovasi di ciptakan. Inovasi yang di buat memiliki tujuan yang berbeda beda sesuai dengan masalah apa yang ingin diselesaikan dari diciptakannya Inovasi tersebut.

Salah satu contoh penerapan inovasi adalah di dalam sebuah bisnis, dimana akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi pengguna nya.

Salah satu dari inovasi bisnis yang diciptakan adalah CMS singkatan dari Cash Management System. Sistem ini diciptakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dimana inovasi ini membantu para pelaku usaha dalam mengelola keuangan mereka, agar menjadi lebih teratur dan menambah kesuksesan bisnisnya nya.

CMS atau Layanan BRI ini berangkat dari kebutuhan para pebisnis dalam mengelola keuangan mereka. Pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena akan menentukan bagaimana prospek bisnis kedepannya.

Pengelolaan keuangan yang bagus juga akan mengantarkan para pebisnis untuk meraih kesuksesan mereka. Namun jika pengelolaan tidak di jalankan dengan baik atau benar maka perusahaan atau bisnis yang dijalankan tidak akan bisa lebih berkembang dan menjadi bisnis yang lebih besar.

Dari masalah tersebut membuat banyak pihak untuk memecahkan dan mencari solusinya salah satunya adalah bank rakyat Indonesia (BRI). Bank ini membuat terobosan inovasi baru untuk mengatasi masalah yang di rasakan oleh para pelaku usaha.

Dimana inovasi tersebut bernama CMS atau Cash Management System yang berfungsi untuk membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih baik.

Layanan BRI ini memiliki fungsi untuk mengatur dan mengontrol tata kelola keuangan mereka dengan memberikan hasil yang bagus untuk para pebisnis. Menentukan tindakan yang akan digunakan dalam mengembangkan dan meningkatkan usaha mereka menjadi lebih besar serta membawa kesuksesan.

Layanan Layanan BRI ini sebenarnya sudah lama di luncurkan oleh Bank Rakyat Indonesia dimana sudah dirilis sejak tahun 2009 yang lalu. Memang sudah cukup lama diluncurkan tapi masih relevan untuk di gunakan pada model bisnis masa sekarang.

Fitur utama dari Cash Management System ini hanya berfokus pada pengelolaan keuangan dan transaksi dalam sebuah bisnis. Fitur tersebut dapat memberikan banyak manfaat antara lain yaitu simpel untuk digunakan dan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses transaksi.

Layanan Cash Management System ini dapat di gunakan melalui internet yang ada. System CMS ini sudah terintegrasi dengan keamanan yang kuat sehingga data pribadi dari para pengguna yang menggunakan layanan ini dapat terjamin.

Sebagai pelaku usaha yang menggunakan layanan Cash Management System untuk mengelola keuangan bisnis mereka tentu saja sangat membantu. Sistem ini memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi para penggunanya.

Dimana salah satu keuntungan yang didapat adalah mencegah bocornya keuangan dalam perusahaan yang mungkin saja tidak diketahui penyebabnya jika tidak memakai Layanan BRI ini. Selain itu CMS juga dapat memberikan warning atau sebuah peringatan jika telat dalam melakukan pembayaran tagihan.

Misalnya saja pembayaran gaji karyawan selain itu juga bisa melakukan transaksi secara otomatis serta real-time. Layanan BRI ini ini sangat cocok digunakan untuk para pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka.

Fitur fitur utama yang bisa di gunakan oleh pengguna adalah akses e-banking, asuransi gratis, dan sistem keuangan yang aman dan terjamin. Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur andalan yang didapat oleh pengguna jika berlangganan layanan Layanan BRI ini.

Pengguna dalam konteks ini sebagai pelaku usaha yang memanfaatkan layanan CMS bisa mendapatkan keuntungan berupa lebih mudah dalam menjalankan dan mengelola bisnis mereka. Selain itu juga dapat mengoptimalkan pengelolaan arus keuangan dari usaha. Keluar masuknya kas dapat menjadi lebih jelas yang bisa memaksimalkan pendapatan dari usaha.

Cara Mendaftar Layanan CMS BRI

Dimana pelaku usaha yang ingin menggunakan layanan Cash Management System bisa dengan mudah mendapatkannya tanpa perlu melakukan sesuatu yang rumit.

Bank Rakyat Indonesia sendiri tidak membebankan biaya operasional kepada para penggunanya. Layanan keuangan yang di tawarkan bisa diakses secara gratis untuk para pebisnis. Dan untuk melakukan pendaftaran Layanan BRI ini bisa melakukan tahap-tahapan sebagai berikut ini :

1. Mendapatkan Formulir Pendaftaran
Untuk melakukan pendaftaran para pelaku usaha harus mengunduh formulir pendaftaran. Untuk mendapatkannya bisa di akses dengan leluasa dan mudah di situs resmi dari Bank Rakyat Indonesia.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran
Setelah mendapatkan formulir pendaftaran yang digunakan untuk mendaftar layanan Cash Management System para pelaku usaha haru melengkapi semua informasi yang di butuhkan dalam formulir dan di tulis sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

3. Mengkonfirmasi Pendaftaran
Sesudah mengisi formulir pendaftaran yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan Layanan BRI ini bisa langsung pergi mengunjungi kantor cabang BRI terdekat setelah itu menyerahkan formulir pendaftaran kepada staff yang sedang bertugas agar segera di accept.

Baca Juga : Tips Menyusun Rencana Keuangan Keluarga

Fitur Dan Sistem Keamanan CMS

Setelah berhasil dalam melakukan pendaftaran dan di setujui maka para pelaku usaha harus membuat suatu keamanan yang di sediakan oleh Bank Rakyat Indonesia.

Sistem tersebut berfungsi untuk menjaga agar data diri para pengguna aman dan terjamin. Selain itu sistem ini juga mengatur banyaknya pengguna yang dapat mengakses Cash Management System.

Selain fitur keamanan di atas Bank Rakyat Indonesia juga memberikan sistem kemanan tambahan dimana tujuan nya agar dapat menjamin selalu data diri para pengguna nya.

Sistem keamanan tambahan ini berfungsi untuk menambahkan maksimal 3 pengguna dalam satu akun yang bertugas untuk menyetujui semua proses transaksi yang terjadi.

Untuk menambah keamanan dari Layanan BRI ini Bank Rakyat Indonesia membuat sistem keamanan yang berlapis lapis. Dengan menggunakan SMS Security System yang membantu data diri para pengguna tetap terjaga.

Fitur dari SMS Security System ini menggunakan User id, kata sandi, dan token untuk melakukan konfirmasi bahwa akan menyetujui suatu transaksi yang akan dilakukan oleh pengguna. Dari sistem keamanan ini diharapkan mampu mengurangi resiko yang menyebabkan data penting dalam CMS hilang.

Ini bisa saja dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri semua data diri dan menyalahgunakan untuk tujuan tertentu.

Baca Juga : Tips Menyiapkan Rencana Pendidikan Anak

Daftar Fitur Fitur Yang Di Tawarkan Dalam CMS Oleh BRI

Dengan sistem keamanan sedemikian ketat maka tidak diragukan lagi bahwa Cash Management System adalah pilihan yang paling tepat untuk para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya. Dimana dengan begitu mampu menunjang semua aktivitas bisnis yang dilakukan dapat terjamin dan pengguna tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia. Selain sistem keamanan yang kuat di Cash Management System juga terdapat beberapa

Baca Juga : Tips Mengatur Keuangan Gaji 1 Juta

Fitur canggih yang dapat membantu mobilitas dari para pengguna nya dimana fitur fitur yang tersedia adalah sebagai berikut ini :

1. Internal Fun Transfer
fitur yang satu ini merupakan salah satu yang di unggulkan dimana fitur ini memberikan kebebasan para pelaku usaha atau pengguna dari layanan Cash Management System untuk dapat melakukan transfer uang untuk rekening BRI ataupun BRIVA secara massal.

Dengan fitur tersebut para pengguna dapat lebih menghemat waktu dalam hal transfer mentransfer uang. Karena dimana para pengguna dapat melakukan transfer uang secara bersama ke berbagai rekening yang sudah terdaftar.

Jadi sangat memberikan kemudahan dan efisiensi tinggi sehingga tidak melakukan pentransferan secara satu persatu lagi.

2. External Fun Transfer
Selanjutnya ada fitur external Fun Transfer dimana fitur kedua dari CMS ini mirip mirip seperti layanan pada fitur yang pertama.

Memberikan layanan untuk mentransfer uang ke sejumlah rekening dalam waktu yang bersamaan atau real time. pengguna layanan Cash Management System juga dapat menggunakan kriling dan RTGS untuk melakukan pentransferan uang.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari pemilik usaha dimana mereka bisa melakukan transaksi menggunakan uang asing tentu saja hal ini sangat memudahkan para pebisnis untuk memasarkan produk mereka.

Karena mereka sudah dimudahkan dalam hal pembayaran. Layanan BRI ini memberikan keamanan yang berlapis lapis sehingga data data penting pengguna nya dapat terjamin keamanannya.

Baca Juga : Tips Asuransi Kendaraan Bermotor

3. Account polling
Kemudian fitur selanjutnya yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia dalam layanan Cash Management System mereka adalah fitur Account polling. Fitur ini sangat cocok untuk perusahaan yang bersekala besar yang mempunyai banyak rekening di masing masing devisi.

Kondisi ini tentu saja tidak bisa menghemat waktu dan tenaga jika memakai cara yang konvensional. Tapi dengan fitur Account polling ini memberikan kemudahan dalam pengawasan arus keuangan. Fungsinya juga untuk memindahkan dana secara otomatis dan terjadwal.

Baca Juga : Tips Penggunaan Kartu Kredit

4. BRI Virtual Account
Kemudian untuk fitur yang keempat dari Layanan BRI ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Mereka dapat menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara mudah dan efisien dalam melakukan proses transaksi yang bisa berjalan secara lancar dan melakukan verifikasi secara otomatis.

5. Pembayaran yang Mudah
Selain di lindungi dengan sistem keamanan yang super ketat layanan Cash Management System juga memberikan kemudahan dalam melakukan tagihan yang jumlahnya cukup banyak. Proses transaksi menjadi lebih lambat dan rumit untuk diselesaikan tapi dengan menggunakan layanan Layanan BRI ini.

Pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran tagihan dan melunasinya dimana sudah disertakan dengan bukti pembayaran tagihan secara otomatis. Pengguna tidak perlu repot-repot melakukan proses transaksi secara manual.

6. Laporan Keuangan Yang Simple
Fitur yang terakhir dimana dengan para pengguna mendapatkan laporan keuangan yang dapat di akses dengan mudah. Laporan ini sebagai bahan rujukan dalam mengembangkan suatu usaha bisnis. Laporan Keuangan sangat berperan penting untuk memajukan usaha karena didalamnya menampilkan statistik penghasilan.

Dengan menggunakan layanan Cash Management System para sudah dibuatkan laporan keuangan Secara otomatis oleh Sistem dapat dapat langsung digunakan.

Baca Juga : Tips Mengajukan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Kendaraan

× Halo Min.. Minta Informasi