Syarat balik nama motor dan cara mengurusnya

Cepat dan Mudah! Inilah Syarat Balik Nama Motor dan Cara Mengurusnya. Balik nama motor merupakan perpindahan kepemilikan sebuah motor dari pemilik pertama menjadi pemilik kedua atau pembeli motor bekas dan seterusnya.

Balik nama ini dilakukan pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Untuk melakukan sebuah balik nama, maka akan terdapat beberapa biaya yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itulah Anda harus mempersiapkan biayanya tersebut. Meskipun biayanya tidak terlalu besar, akan tetapi tetap saja harus ada perencanaan dana supaya tidak mengganggu kebutuhan dana yang lainnya.

Syarat dan Cara Mengurus Balik Nama Motor

Berikut ini beberapa syarat balik nama motor dan cara mengurusnya.

Mempersiapkan Berbagai Syarat Berupa Dokumen yang Diperlukan

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP pemilik motor baru yang asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Fotokopi hasil dari pengesahan cek fisik
  • Kuitansi pembelian motor yang telah ditandatangani diatas materai 6000.

Datang ke SAMSAT

Setelah membawa semua dokumen yang diperlukan, maka langkah selanjutnya yaitu langsung datang ke Sistem Manunggal Satu Atap (SAMSAT) yang terdekat di tempat Anda. Sebagai informasi tambahan, maka Anda perlu membawa dokumen dan juga motor ke SAMSAT yang sama dengan wilayah yang terdapat di KTP atas nama dari orang yang baru

Melakukan Tes Fisik

Syarat balik nama motor dan cara mengurusnya berikutnya yaitu melakukan tes fisik. Jika Anda mau melakukan balik nama sebuah motor, maka motor tersebut harus Anda bawa ke tempat cek fisik yang mana nanti ada petugas akan melakukan cek fisik pada kendaraan Anda.

Setelah itu, nanti Anda akan diberikan sebuah lembaran hasil dari cek fisik berupa gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan. Hal ini nantinya akan diberikan bersama dengan berbagai dokumen kelengkapan lainnya ke loket pengesahan. Loket khusus cek fisik khusus untuk Balik Nama dan juga sekaligus membayar biaya untuk tes fisik

Artikel lainnya  Inilah Cara dan Syarat Perpanjangan STNK Motor dan Mobil Tahunan

Pendaftaran Balik Nama

Pendaftaran balik nama ini dilakukan di loket pendaftaran balik nama yang mana biasanya terdapat di dalam gedung SAMSAT. Pada saat pendaftaran, maka Anda perlu membawa berbagai dokumen persyaratan balik nama yang telah disebutkan diatas tadi

BALIK NAMA MOTOR

Pengambilan Notice dan Pembayaran Pajak

Setelah tiba hari yang sudah ditentukan untuk Anda, maka Anda bisa datang kembali ke kantor SAMSAT dengan membawa lembaran tanda terima dan juga BPKB asli. Kemudian disini, Anda bisa menyerahkan tanda terima ke loket pendaftaran balik nama dan juga menunjukkan BPKB asli.

Pengambilan STNK

Syarat balik nama motor dan cara mengurusnya untuk yang selanjutnya yaitu pengambilan STNK. Setelah Anda selesai membayar pajak, maka tiba waktunya buat Anda untuk menunggu dipanggil kapan waktu untuk bisa mengambil STNK. Untuk STNK disini yang sudah selesai dibalik nama menjadi atas nama Anda.

Datang ke Polda

Setelah semua urusan di Samsat selesai maka Anda juga perlu untuk melakukan balik nama BPKB di kepolisian daerah (Polda). Beberapa berkas yang Anda perlukan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi STNK yang sudah dibalik nama atas nama Anda
  • Fotokopi KTP pemilik baru
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi hasil dari pengesahan cek fisik
  • Fotokopi kuitansi pembelian motor
  • BPKB asli.

Melakukan Pembayaran di Loket Bank

Di Polda, maka Anda nantinya akan diberikan sebuah nomor antrean serta formulir. Hal ini untuk bisa balik nama BPKB dari petugas yang akan memeriksa kelengkapan dari berbagai dokumen Anda. Setelah Anda melakukan pembayaran, maka Anda akan diberikan berupa salinan dari slip bukti setoran dan juga stiker khusus untuk ditempelkan pada formulir pendaftaran.

Mengisi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Artikel lainnya  Beginilah Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan

Syarat balik nama motor dan cara mengurusnya yaitu mengisi formulir pendaftaran. Setelah pembayaran Anda lunas, maka Anda bisa mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data motor milik Anda. Setelah itu Anda bisa menempelkan stiker khusus dari bank tadi di formulir tersebut

Penyerahan Formulir dan Dokumen Persyaratan

Selanjutnya, disini Anda perlu untuk menunggu panggilan berdasarkan nomor antrean yang Anda dapatkan di awal prosedur tadi. Setelah dipanggil, maka Anda bisa menyerahkan formulir serta berbagai dokumen yang diperlukan kepada petugas. Selanjutnya Anda akan memperoleh tanda terima sebagai bukti bahwa BPKB Anda sudah didaftarkan dan sedang dalam proses untuk balik nama. Disini Anda tinggal menunggu untuk pengambilan.

Inilah seputar syarat balik nama motor dan cara mengurusnya yang bisa Anda ketahui. Mengetahui semua hal ini setidaknya Anda bisa mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Selain itu pula Anda juga harus mempersiapkan dana untuk biayanya

0/5 (0 Reviews)
Cepat dan Mudah! Inilah Syarat Balik Nama Motor dan Cara Mengurusnya