Inilah Estimasi Biaya Mutasi Motor yang Wajib Anda Pahami. Membeli motor bekas dinilai sebagai solusi yang tepat bagi orang yang ingin memiliki kendaraan dengan budget lebih ringan. Namun sayangnya administrasi yang harus dibereskan setelah memiliki motor bekas tidak semudah membeli kendaraan baru. Salah satu proses administrasi yang perlu dilakukan adalah mutasi kendaraan bermotor.

Mutasi kendaraan bermotor merupakan proses penertiban administrasi untuk memindahkan data identifikasi kendaraan dari daerah asal ke daerah tujuan. Proses ini biasanya harus dilakukan jika Anda membeli motor dari luar daerah tempat tinggal Anda. Untuk melakukan mutasi kendaraan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara dan biaya mutasi motor tersebut.

Untuk melakukan mutasi kendaraan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan lengkap. Dokumen yang dibutuhkan untuk proses ini diantaranya STNK asli dan salinannya, BPKB asli dan salinannya, serta Kwitansi Jual Beli ( bermaterai 6000 ). Proses mutasi kendaraan ini juga harus dilakukan di dua tempat yaitu kantor samsat asal tempat BPKB motor diterbitkan dan kantor samsat yang berada di kota pemilik yang baru.

Banyaknya proses yang harus dilakukan membuat banyak orang berpikir biaya mutasi motor yang dibutuhkan cukup besar. Jika dipelajari kembali, sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk proses mutasi kendaraan ini tidak begitu mahal. Berikut ini proses mutasi motor beserta estimasi biaya yang harus Anda pelajari.

Biaya Mutasi Motor

Proses Mutasi Motor Di Samsat Asal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat melakukan mutasi kendaraan bermotor adalah melakukan cek fisik motor Anda. Setelah cek fisik selesai, Anda bisa memberikan lembar cek fisik dan berkas yang sudah disiapkan ke loket yang tersedia untuk divalidasi. Setelah proses validasi selesai, Anda bisa menunggu hingga petugas mengembalikan semua berkas tersebut. Biaya mutasi motor yang dibutuhkan untuk cek fisik dan validasi adalah Rp. 30.000.

Setelah Anda menerima kembali berkas tersebut, Anda bisa mendatangi bagian pelayanan mutasi kendaraan dan mengisi formulir yang disediakan. Anda juga harus menyerahkan berkas yang telah divalidasi sebelumnya beserta formulir yang telah diisi. Jika formulir yang Anda isi telah sesuai dengan ketentuan, petugas akan memberikan tanda terima pembayaran sejumlah Rp. 75.000. Anda harus membayar biaya tersebut di loket yang tersedia dan menerima tanda terima pengambilan berkas yang dijadwalkan.

Biaya Mutasi Motor

Biaya mutasi motor di samsat asal yang terakhir Anda bayarkan adalah saat Anda mengambil berkas. Saat jadwal pengambilan berkas yang telah ditentukan, Anda harus kembali ke kantor samsat dengan membawa tanda terima. Serahkan tanda terima tersebut kepada petugas di loket dan tunggu hingga nama Anda dipanggil. Setelah Anda menerima berkas, Anda harus membayar biaya sejumlah Rp. 10.000 di loket fiskal yang ditunjukkan oleh petugas. Setelah proses ini selesai maka Anda bisa langsung mengurus mutasi motor di samsat tempat pemilik motor yang baru.

Proses Mutasi Motor Di Samsat Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi loket cek fisik untuk melegalisir semua berkas dari kantor Samsat sebelumnya dan tunggu hingga nama Anda dipanggil. Setelah nama Anda dipanggil, ambil berkas yang sudah dilegalisir dan buatlah salinan dari berkas tersebut beserta salinan dari kwitansi pembelian Anda di kios fotokopi terdekat. Untuk proses ini Anda tidak perlu membayar biaya mutasi motor apapun kecuai biaya fotokopi berkas.

Selanjutnya bawalah seluruh berkas dan BPKB asli ke loket yang tersedia. Jika seluruh berkas telah lengkap, petugas akan mengembalikan BPKB asli dan lembar tanda permbayaran STNK untuk dibayar pada jadwal yang telah ditentukan. Saat jadwal pengambilan, Anda bisa menyerahkan tanda bukti pembayaran STNK dan membayar pajak pergantian STNK yang telah di tentukan.

Nominal yang harus dibayar untuk sebuah motor berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000 tergantung jenis motor. Setalah STNK baru Anda terima, Anda hanya perlu membuat BPKB baru di DITLANTAS Polda tempat Anda tinggal. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat BPKB baru pun ternyata hanya sekitar 200-300 ribuan saja.

Itulah beberapa informasi mengenai estimasi biaya mutasi motor yang wajib Anda ketahui. Mengurus mutasi motor sendiri membutuhkan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan jasa agen. Anda juga akan lebih mandiri dan berani menyelesaikan segala permasalahan Anda sendiri. Kemandirian Anda adalah kunci kehidupan yang lebih baik.

0/5 (0 Reviews)
Inilah Estimasi Biaya Mutasi Motor yang Wajib Anda Pahami