7+ Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank, Anda Harus Tau!

Bagi orang yang sudah lama menabung di bank kurang lebih banyak mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di bank. Tetapi kadang kurang menyadari pengaruhnya terhadap finansial mereka.

Perlu dipahami kelebihan dan kekurangan menabung di bank BRI, BCA, BNI, syariah dan bank konvensional lainnya tentu saja berbeda. Hanya saja, sebenarnya tidak jauh perbedaannya sehingga bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang sudah menjadi nasabah.

 

Kelebihan Menabung di Bank yang Mempengaruhi Finansial

Sudah jelas keputusan apapun dalam hidup pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitupun saat menabung, namun kelebihan dan kekurangan menabung di bank syariah tentu saja berbeda dengan bank konvensional pada umumnya.

Sementara, lebih jelas mengenai kelebihan menabung, di bawah ini penjelasan lebih terperincinya:

 

1. Mendapatkan Bunga

Bunga termasuk salah satu yang banyak dianggap sebagai kelebihan menabung di bank. Masing-masing bank memiliki peraturan untuk menetapkan besaran bunga pada setiap nasabahnya. Menabung di bank dan mendapatkan bunga juga yang membedakan dengan menyimpan uang di celengan atau tabungan biasa.

Walaupun sebenarnya nasabah tidak perlu banyak berharap terhadap bunga yang diberikan oleh bank. Sebab, bunganya tidak seberapa bahkan banyak yang bilang hanya menutupi biaya administrasi setiap bulannya.

Oleh karena itu, beberapa orang menabung di bank bukan berpatokan pada bunganya tetapi hanya untuk menabung saja. Tujuannya tentu agar kondisi finansial dapat dikelola dengan baik.

Lalu apa pengaruh kelebihan dan kekurangan menabung di bank untuk kondisi finansial? Bisa dikatakan pengaruhnya hanya sebatas mengamankan uang tanpa perlu khawatir berkurang akibat administrasi karena adanya bunga tersebut.

 

2. Cenderung Lebih Aman

Kelebihan menabung di bank yang paling dominan adalah dari aspek keamanannya. Berbeda bila menabung di rumah yang cenderung memiliki risiko kecolongan.

Tak heran kalau banyak orang yang tidak ragu untuk menyimpan uangnya di bank. Walaupun kelebihan menabung di bank syariah tidak bisa disamakan dengan konvensional lainnya, tetapi untuk masalah keamannya tetap terbilang sama.

Nah, keamanan inilah yang menjadi alasan utama orang menyimpan uangnya di bank. Apalagi jika besaran uang yang ditabung cukup banyak. Hal ini dikarenakan sistem keamanan di bank berlapis secara fisik bahkan non fisiknya.

Kelebihan dan kekurangan menabung di bank tentu saja berpengaruh pada kondisi finansial Anda terutama dari aspek keamanannya ini. Uang akan terjamin untuk masalah keamanannya sehingga risiko sangat minim bahkan tidak membuat dana yang disimpan berkurang dalam keadaan apapun.

 

3. Mempunyai Banyak Pilihan Transaksi

Untuk kebutuhan transaksi bank terbilang cukup membantu para nasabahnya. Sebab, memiliki banyak pilihan transaksi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Salah satu kelebihan menabung di bank tentu saja karena itu akses dan kebebasan bertransaksi. Ditambah lagi sekarang sudah ada Mobile Banking yang lebih mempermudah lagi dengan berbagai fitur fiturnya.

Bank fisik maupun mobile sama-sama produk yang bisa menikmati oleh nasabah. Anda bisa mengakses variasi di atas maupun fitur yang ditawarkan sepuasnya hingga 24 jam setiap hari, salah satunya dengan memanfaatkan ATM yang pastinya sudah tidak asing lagi penggunaannya di tengah masyarakat.

Berbicara masalah kelebihan dan kekurangan menabung di bank, yang menarik tentunya dari kemudahan dalam bertransaksi ini. Pembayaran cicilan, pembayaran di marketplace, membeli pulsa atau kuota internet dan transaksi lainnya.

 

4. Mudah dan Praktis

Kelebihan tabungan di bank adalah mudah dan praktis. Menabung di bank tidak perlu repot mengingat jumlah uang yang sudah disimpan dari hari pertama menabung.

Hal ini dikarenakan tercatat secara otomatis dalam sistem, kemudian ditampilkan dalam buku rekening atau tabungan. Sehingga dapat dicek kapan saja sesuai kebutuhan.

Cara mengetahui saldo tabungan mudah,  tinggal pergi ke ATM terdekat atau lewat smartphone dengan memasang mobile banking. Kelebihan dari menabung di bank ini memudahkan setiap dan tanpa perlu antri panjang.

 

5. Pengelolaan Keuangan Lebih Terencana

Berbicara masalah kelebihan dan kekurangan menabung di bank pasti juga menyangkut aspek pertimbangan pengelolaan keuangan. Ya, menabung di bank memungkinkan untuk mengelola finansial menjadi lebih baik.

Seperti yang sudah banyak dipahami meskipun mengelola uang terdengar mudah, tapi nyatanya membutuhkan keterampilan khusus serta kemauan agar terkelola dengan baik. Salah satunya banyak orang memilih menyimpan uang di bank.

Mengantur setiap pemasukan dan pengeluaran dapat dilakukan dengan baik melalui bank. Nasabah juga bisa mengecek uangnya setiap waktu saat mutasi keluar masuk. Caranya dengan melihat buku tabungan atau meminta rekening koran tercetak setiap periode tertentu.

 

6. Tabungan Bisa Dicairkan Kapan Saja

Pencairan menjadi salah satu pertimbangan orang menabung di suatu tempat salah satunya pada bank konvensional. Sejak dulu masalah pencairan menabung di bank sangatlah mudah bahkan bisa dilakukan kapan saja.

Inilah yang menjadikan kelebihan dan kekurangan menabung di bank banyak dipertimbangkan. Apalagi tidak ada peraturan yang mengikat kapan untuk mencairkan dana. Sehingga memungkinkan nasabah dalam mengatur keuangan.

Jadi, saat memang betul-betul dibutuhkan tidak perlu bingung mencari pinjaman sebab uang yang ditabung di bank dapat ditarik kapan saja. Apalagi sekarang pencairannya sudah melalui bisa melalui berbagai cara yaitu melalui ATM, link bank atau bahkan melalui Alfamart maupun Indomaret.

 

7. Berkesempatan Mendapatkan Hadiah

Kelebihan dan kekurangan menabung di bank banyak dipertimbangkan dengan alasan memiliki kesempatan mendapatkan hadiah di waktu-waktu tertentu. Tentu saja tujuannya untuk menarik nasabah untuk menabung.

Bank mengadakan program hadiah untuk salah satu nasabah yang beruntung. Taktik seperti ini juga dianggap sebagai cara bank memperlakukam nasabah dengan baik supaya semakin royal dan nyaman dengan pilihannya pada saat tersebut.

Hadiah yang diberikan biasanya bersifat menarik dan bervariasi. Bahkan nasabah bank memungkinkan untuk mendapatkan kesempatan hadiah besar seperti paket haji dan umroh. Selain itu menawarkan hadiah motor ndak atau mobil.

Kelebihan dan kekurangan menabung di bank khususnya pada aspek keunggulannya ini memiliki prinsip, semakin banyak saldo tabungan maka peluang untuk mendapatkan hadiah di momen-momen tertentu yang diselenggarakan oleh bank akan semakin besar pula.

Walaupun mendapatkan hadiah fantastis dari bank bukan menjadi tujuan utama orang memilih menabung di bank, tapi pada faktanya strategi marketing mereka untuk membuat masyarakat loyal terbilang berhasil. Bahkan cukup mempengaruhi finansial masyarakat.

 

Kekurangan Menabung di Bank yang Dapat Mempengaruhi Finansial

Tidak hanya fokus pada kelebihan yang ditawarkan oleh bank ketika menabung. Tapi berbagai kekurangan menabung di bank perlu untuk diketahui juga pengaruhnya pada finansial nasabah. Oleh karena itu, kelebihan dan kekurangan menabung di bank juga harus sama-sama dipertimbangkan.

Hanya saja perlu dipahami, kekurangan menabung di bank syariah memiliki perbedaan meskipun secara umum masih terbilang sama. Adapun kekurangan menabung di bank umumnya yaitu sebagai berikut:

 

1. Menabung di Bank Diminta Biaya Transaksi

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya di atas, bahwa meskipun mendapatkan bunga sebagai imbalan menabung. Nasabah juga dibebankan biaya transaksi. Biaya ini tentu saja berlaku untuk semua jenis rekening bank konvensional.

Biaya tersebut dialokasikan untuk pelayanan saat nasabah melakukan transaksi. Pastinya, ini adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh para pengguna layanan bank.

Misalnya, saat ingin mengirim uang ke rekening bank yang berbeda saat itulah nasabah akan dikenakan biaya transaksi. Selain itu, saat menggunakan layanan briva maka biaya juga berlaku.

Meskipun sebenarnya kelebihan dan kekurangan menabung di bank, khususnya soal transaksi. Di mana ada pilihannya yaitu ada yang gratis dan berbayar. Namun yang pasti tetap terkena biaya transaksi saat memilih menabung di bank.

Umumnya akan ditarik setiap bulan dari rekening tabungan. Tentunya, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka penting juga memahami hal ini, khususnya nasabah yang belum mengetahui.

 

2. Nilai Tabungan di Bank Sulit Berkembang

Kebanyakan orang menabung di bank berharap dapatkan bunga berlipat ganda tentu saja persepsi ini bagi nasabah yang baru. Selain itu, mereka juga berpikir untungnya saja saat menabung di bank padahal nilai tabungan sulit sekali berkembang.

Berharap nilai tabungan sama dengan investasi termasuk kemustahilan apalagi kalau sudah melihat suku bunga yang ditetapkan. Sebagaimana kita ketahui kalau suku bunga umumnya hanya sekitar satu persen untuk maksimumnya.

Inilah sebabnya kelebihan dan kekurangan menabung di bank perlu diketahui pengaruhnya terhadap finansial. Sebab, memang berharap finansial bertambah meningkat pesat hanya karena menabung di bank tentu saja itu menjadi kemustahilan juga.

Jadi , selama menabung di bank saldo akan bertambah kalau setor tunai atau mendapat transferan dari pihak lain. Untuk masalah bunga dan nilai tabungan memang sulit berkembang sehingga disarankan untuk tidak terlalu mengharapkan hal tersebut.

 

3. Terdapat Limit Transaksi

Pernah tidak mencairkan saldo di bank tidak bisa dilakukan dengan jumlah banyak? Nah, inilah yang dimaksud salah satu kekurangan menabung di bank. Kebebasan bertransaksi kurang bebas dengan adanya limit atau batasan.

Setiap bank mempunyai ketentuan limit atau batasan tersendiri pada masing-masing jenis tabungan. Salah satu diantaranya yaitu saldo minimum yang harus ada di dalam rekening tabungan.

Selain itu juga limit tarik tunai harian di ATM transaksi briva tertentu yang terbatas juga. Mengetahui hal ini tentu saja bukan suatu yang baru bagi masyarakat. Beberapa sudah banyak yang memahami hal ini sebelum memutuskan untuk menabung.

Sehingga tidak ada yang mengagetkan dari kebijakan bank entah dari kelebihan dan kekurangan menabung di bank. Apalagi hal tersebut sangat mempengaruhi finansial nasabah. 

Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkan aspek kekurangannya dan jangan terlalu fokus pada kelebihan, itu bisa menghasilkan keputusan yang bagus.

Salah banyak mengetahui tentang menabung di bank serta pengaruh kelebihan maupun kekurangannya terhadap finansial nasabah. Kira-kira keputusan apa yang tergambar di pikiran Anda?

Hanya saja, yang jelas perlu digaris bahwa menabung di bank tidak sama dengan investasi. Bunga atau nilai tabungan sulit sekali berkembang sesuai dengan ambisi masyarakat saat menabung di bank.

Oleh karena itu, kelebihan dan kekurangan menabung di bank sudah menjadi hal yang lumrah dirasakan oleh nasabah loyal. Mereka pun juga mengetahui pengaruhnya yang tidak seberapa pada finansialnya.

Jadi, tak heran beberapa di antara masyarakat yang memiliki ambisi untuk menambah kekayaan memilih berinvestasi riil dibandingkan mengharapkan bunga dari bank.