gadai bpkb kendaraan

Langkah-langkah Gadai BPKB Kendaraan! Sebagian dari kita mungkin pernah dalam keadaan terdesak yang ternyata membutuhkan uang dalam jumlah besar. Atau mungkin kita juga pernah dalam keadaan ingin mengembangkan usaha namun tidak memiliki modal yang cukup. Jalan keluar yang bisa ditempuh adalah dengan meminjam uang pada orang terdekat. Namun cara itu mungkin akan merepotkan, sehingga diambillah solusi menggadaikan barang berharga.

Ada banyak barang berharga yang bisa digadaikan, termasuk barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, laptop, ponsel, kamera hingga emas baik perhiasan maupun batangan. Salah satu barang berharga yang sering jadi pilihan untuk digadaikan adalah kendaraan bermotor. Baik motor maupun mobil, keduanya bisa digadaikan untuk mendapat pinjaman uang yang cukup banyak. Dengan menggadaikan barang berharga ini dianggap menjadi cara penyelesaian masalah keuangan tanpa merepotkan orang lain. Sebelum Anda mengajukan gadai BPKB kendaraan, ada baiknya Anda mengetahui dahulu langkah-langkahnya.

Kebutuhan akan dana yang mendesak jangan lantas membuat Anda asal mengajukan gadai ke sembarang lembaga pembiayaan. Sebelum mengajukan gadai BPKB kendaraan, lebih baik Anda mencari tahu dulu lembaga pembiayaan yang memiliki reputasi bagus. Pastikan lembaga tersebut kredibel, aman dan terpercaya. Anda juga perlu memastikan apakah lembaga tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau belum. Jika kriteria ini telah terpenuhi, maka Anda telah memilih lembaga yang tepat.

Setelah menentukan di lembaga mana Anda akan mengajukan gadai BPKB kendaraan, selanjutnya Anda harus menyiapkan semua dokumen yang diminta sebagai persyaratan. Untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan, Anda bisa bertanya pada petugas terlebih dahulu. Kelengkapan dokumen akan memperbesar kemungkinan ajuan gadai Anda akan diterima. Biasanya kelengkapan yang diminta adalah fotokopi identitas diri (KTP, SIM, atau lainnya), BPKB dan STNK asli serta wujud fisik kendaraan yang akan dijaminkan.

Artikel lainnya  TEMPAT PINJAMAN CIMAHI GADAI BPKB MOBIL DAN BPKB MOTOR

Langkah-langkah Gadai BPKB Kendaraan

Saat telah tiba di tempat gadai, Anda akan diminta mengisi formulir. Formulir pengajuan tersebut akan melengkapi dokumen yang telah Anda siapkan. Setelah semua siap, maka tugas petugas penaksir jaminan yang akan menaksir seberapa besar dana pinjaman yang mungkin Anda dapatkan. Setelah jumlah taksiran didapat dan nasabah setuju, maka pengajuan gadai akan masuk proses selanjutnya. Anda hanya perlu menunggu petugas membuatkan SBK (Surat Bukti Kredit). Seberapa lamanya tergantung antrean.

Setelah tiba giliran, Anda akan dipanggil untuk dijelaskan semua aturan dan ketentuan termasuk jatuh tempo dan toleransi pembayaran. Pada bagian ini, Anda berhak menanyakan semua hal dan mempelajari ketentuan yang disampaikan. Jika setuju, Anda akan diminta menandatangani SBK dan membayar biaya administrasi baik secara tunai maupun dipotong dari pinjaman. Besaran biaya administrasi ini umumnya 10% dari besar pinjaman.

Penandatanganan SBK merupakan proses akhir dari pengajuan gadai BPKB kendaraan. Anda bisa pulang dengan membawa uang pinjaman dan meninggalkan surat-surat kendaraan Anda. Hal ini akan berbeda dengan sistem gadai fidusia yang mana Anda masih bisa menggunakan kendaraan yang dijaminkan. Karena memang tujuan dari sistem gadai fidusia adalah untuk pengembangan usaha. Anda hanya perlu menyerahkan BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian saja sebagai jaminan kredit.

Itulah langkah-langkah yang akan Anda lalui saat mengajukan gadai BPKB kendaraan di lembaga pembiayaan. Beberapa langkah mungkin akan berbeda tergantung tempat gadai dan sistem yang berlaku. Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa menanyakan pada petugas di tempat.

5/5 (1 Review)
Langkah-langkah Gadai BPKB Kendaraan