Mengapa Dana Darurat Untuk Lajang itu Penting ?

Dana Darurat Untuk Lajang

Tahukah Anda jika dana darurat untuk lajang itu penting? Tidak hanya bagi mereka yang lajang saja, namun pada dasarnya setiap orang akan membutuhkan dana darurat ketika terjadi sesuatu di luar rencana.

Orang yang memiliki pengeluaran besar dan tidak terduga mungkin dapat memberi tahu Anda satu dari dua hal: betapa bahagianya mereka karena memiliki dana darurat atau betapa sulitnya menemukan uang yang tiba-tiba mereka butuhkan.

Seperti kebanyakan masalah yang berhubungan dengan keuangan, perencanaan awal adalah faktor kunci untuk berhasil melewati badai yang kita semua pasti akan hadapi dalam hidup. Hal ini pula yang perlu Anda siapkan yaitu dana darurat untuk lajang.

 

Mengapa Dana Darurat Untuk Lajang itu Penting?

Ada banyak alasan mengapa dana darurat untuk lajang itu penting. Selain untuk

menenangkan diri ketika terjadi sesuatu di luar rencana, Anda juga akan mulai terbiasa untuk berpikir jauh kedepan dengan menyiapkan antisipasi sebelum suatu hal terjadi.

Dana darurat memungkinkan Anda untuk hidup selama beberapa bulan jika Anda kehilangan pekerjaan.Banyak ahli keuangan menyarankan agar Anda menabung dari gaji tiga sampai enam bulan dalam dana darurat Anda, tetapi kebanyakan orang tidak.

Dana darurat pada dasarnya adalah uang yang telah disisihkan untuk menutupi kejadian tak terduga dalam hidup. Uang itu akan memungkinkan Anda untuk hidup selama beberapa bulan jika Anda kebetulan kehilangan pekerjaan atau membayar sesuatu yang tidak terduga yang muncul tanpa berhutang.

Anggap saja sebagai polis asuransi. Alih-alih membayar premi kepada perusahaan, Anda membayar sendiri uang yang dapat Anda gunakan di kemudian hari. Uang tunai dapat diakses dengan cepat dan mudah jika beberapa peristiwa yang tidak menguntungkan terjadi.

Ketika seluruh negeri tiba-tiba mengalami penguncian virtual, banyak orang kehilangan pekerjaan dan pendapatan mereka. Yang tidak berhenti adalah biaya hidup mereka. Pemerintah memang turun tangan untuk membantu, tetapi itu membutuhkan waktu dan tidak semua orang memenuhi syarat untuk itu.

 

Tips Merencanakan Dana Darurat Untuk Lajang

Ada beberapa tips merencanakan dana darurat untuk lajang yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya bagi para lajang namun juga bisa diterapkan oleh siapa saja tergantung dengan keadaan masing-masing.

Bagi Tujuan Tabungan Anda menjadi Langkah-Langkah yang Lebih Kecil

Beberapa ahli keuangan merekomendasikan menabung untuk biaya hidup selama 3-6 bulan, dan meskipun ini tentu saja merupakan tujuan yang ingin dicapai, membangun dana darurat sebesar ini adalah tugas yang menakutkan, dan akibatnya, banyak dari kita menyerah pada handuk bahkan sebelum memulai.

Dibutuhkan waktu lama untuk membangun tabungan, jadi penting untuk memulai dari yang kecil dan membangun dari sana. Beberapa orang menetapkan tujuan besar untuk dana darurat mereka langsung dari kelelawar, hanya untuk menemukan di jalan bahwa itu akan memakan waktu lebih lama dari yang diantisipasi.

Sepanjang jalan mereka akan mulai berkecil hati, dan akhirnya menyerah sama sekali. Saat Anda sedang membangun dana darurat, beri diri Anda waktu dan jangan berkecil hati.

Bahkan jika Anda menabung 10 ribu per minggu, Anda akan memiliki dana lebih dalam setahun, yang membuat perbedaan besar saat Anda menghadapi keadaan darurat.

Yang penting adalah Anda mengambil tindakan dan mulai menabung, sekecil apa pun, dan tetap konsisten. Roma tidak dibangun dalam sehari, dan hal yang sama berlaku untuk dana tabungan darurat.

Buka Rekening Tabungan Darurat Terpisah

Setelah Anda memiliki tujuan menabung, langkah selanjutnya adalah membuka rekening tabungan, yang harus dipisahkan dari rekening pengeluaran harian Anda. Berbelanjalah dan temukan lembaga keuangan yang dapat memberi Anda rekening tabungan dengan tingkat bunga yang layak dan tanpaatau biaya rendah.

Lakukan uji tuntas Anda dan teliti semua biaya dan biaya yang mungkin Anda keluarkan dengan membuka rekening di lembaga keuangan tertentu. Berapa banyak yang Anda peroleh dari bunga adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan, tetapi itu bukan alasan mengapa Anda melakukan ini.

Memiliki rekening tabungan terpisah membangun dinding psikologis antara uang yang dapat Anda sentuh, dan uang yang tidak boleh Anda sentuh. Jika Anda menggabungkan uang dana darurat Anda dengan dana di rekening giro biasa Anda, Anda akan lebih tergoda untuk membelanjakannya.

Jadi, ketika Anda membuka rekening tabungan darurat , lakukan beberapa tindakan pencegahan untuk menjaga uang Anda tetap aman dari diri Anda sendiri. Anda dapat membuka rekening di institusi yang berbeda dari institusi yang biasa Anda gunakan untuk melakukan perbankan.

Jika Anda membuka rekening di lembaga keuangan biasa, pastikan rekening tersebut tidak terhubung dengan kartu bank Anda, sehingga Anda tidak akan tergoda untuk melakukan penarikan di ATM.

Otomatiskan Deposit ke Rekening Tabungan Anda

Sekarang setelah Anda memiliki rekening yang dikhususkan untuk keadaan darurat, langkah selanjutnya adalah mengotomatiskan simpanan sehingga langsung masuk ke rekening tabungan Anda. Anda dapat melakukannya sendiri melalui perbankan online, atau dengan mengunjungi lembaga keuangan Anda.

Cara termudah untuk mendekati langkah ini adalah memperlakukan dana darurat Anda seperti halnya tagihan. Masukkan kontribusi dana Anda ke dalam anggaran Anda dan buatlah titik untuk melakukan pembayaran setidaknya sebulan sekali, seperti yang Anda lakukan untuk tagihan Anda yang lain.

Jika Anda mendekati dana Anda sebagai tagihan, Anda akan memprioritaskan ke mana uang Anda pergi. Dengan menjadwalkan pembayaran otomatis ke dana darurat Anda, Anda tidak perlu mengingatkan diri sendiri untuk mentransfer uang ke dana Anda, dan Anda tidak akan tergoda untuk membelanjakannya untuk hal lain.

Jika Anda tidak dapat melihat uang tersimpan di rekening giro Anda, Anda tidak dapat membelanjakannya! Yang penting adalah jumlah yang Anda masukkan ke dalam dana Anda terjangkau, realistis, dan sesuai dengan tujuan tabungan yang Anda tentukan sebelumnya.

Jumlah terkecil akan melakukan keajaiban untuk membantu Anda membangun sarang telur kecil, sambil menanamkan pola pikir tabungan dan disiplin yang Anda butuhkan untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Salurkan Uang Ekstra Ke Rekening Tabungan Anda

Sisihkan Uang Tambahan Untuk Dana Darurat Dengan rencana permainan tabungan Anda, Anda dapat duduk dan melihat dana darurat Anda tumbuh. Namun, tidak ada salahnya untuk menambahkan dana Anda dengan uang ekstra yang Anda temukan.

Apakah itu melalui pengembalian pajak, hadiah uang tunai, potongan harga, atau bonus tempat kerjauntuk membantu Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat. Saat Anda menerima pengembalian pajak penghasilan atau bonus di tempat kerja, alih-alih menghabiskan uang ekstra.

Anda dapat menggunakan uang ekstra ini untuk meningkatkan rekening tabungan darurat Anda. Gunakan uang ini untuk menambah dana darurat Anda, tetapi jangan bergantung sepenuhnya padanya untuk membangun dana Anda.

Anda dapat menyalurkan sebagian dari setiap rejeki nomplok seperti ini ke rekening tabungan Anda, dan menggunakan sisanya untuk berbelanja secara royal sedikit pada diri Anda sendiri.

Jika Anda telah selesai melunasi kartu kredit atau pinjaman mobil Anda, ambil jumlah yang Anda bayarkan untuk itu dan masukkan ke dana darurat Anda. Itulah sedikit ulasan mengenai pentingnya dana darurat untuk lajang dan tips menyiapkannya. Semoga membantu!

Info Pinjaman Jaminan BPKB Motor hanya di pembiayaanbpkb.com