Menggunakan Cardless, Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Apa Itu Cardless

Cardless adalah layanan tarik tunai di ATM yang tidak membutuhkan kartu. Nasabah bisa menarik uang, transfer, dan melakukan transaksi lain tanpa harus menggesek atau memasukkan kartu debit ke mesin ATM. Layanan ini memanfaatkan teknologi seperti aplikasi smartphone ke ATM dan dilengkapi dengan sistem keamanan tambahan.

Layanan cardless sangat membantu nasabah yang memiliki pekerjaan padat atau kesulitan mengakses kantor cabang bank. Dengan layanan ini, nasabah bisa melakukan transaksi tanpa kartu dengan mudah dan cepat, sehingga mempermudah aktivitas finansial sehari-hari.

Layanan cardless sangat membantu nasabah yang memiliki pekerjaan padat atau kesulitan mengakses kantor cabang bank. Dengan layanan ini, nasabah bisa melakukan transaksi tanpa kartu dengan mudah dan cepat, sehingga mempermudah aktivitas finansial sehari-hari.

Menggunakan cardless memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah bebas menarik tunai tanpa kartu, lebih aman, dan tidak perlu repot untuk pergi ke kantor cabang bank jika kehilangan kartu. Cara menggunakan cardless di bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA juga mudah, nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi bank masing-masing dan melakukan pendaftaran.

Jika Anda ingin mencoba layanan cardless, bisa mengunjungi website atau aplikasi bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA untuk mengetahui syarat dan ketentuannya. Kenali cardless, layanan tarik tunai tanpa kartu di bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA dan rasakan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi.

Perbedaan Cardless Dengan Kartu ATM Reguler

Cardless adalah layanan baru yang hadir di Indonesia, sedangkan ATM reguler adalah layanan yang sudah dikenal masyarakat sejak lama. Walaupun kedua layanan ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menarik tunai, mentransfer, dan melakukan transaksi lain, tetapi masih ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui antara kedua layanan tersebut.

  • Pertama, cardless menggunakan teknologi berbasis smartphone sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kartu ATM. Sementara pada ATM reguler, nasabah harus menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi.
  • Kedua, layanan cardless dilengkapi dengan sistem keamanan tambahan untuk melindungi nasabah dari aktivitas kecurangan. Sementara pada ATM reguler, nasabah harus lebih berhati-hati karena bisa saja terjadi skimming pada mesin ATM.
  • Ketiga, layanan cardless bisa digunakan meskipun nasabah kehilangan kartu ATM. Sementara pada ATM reguler, nasabah harus mengurus pembuatan kartu ATM baru jika kartu yang dimilikinya hilang.

Dengan memahami perbedaan antara cardless dan ATM reguler, nasabah bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Baik cardless maupun ATM reguler memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga nasabah harus lebih cermat dalam memilih layanan yang tepat.

Baca Juga : Brimo Aplikasi Untuk Apa

Kelebihan Menggunakan Cardless

Kelebihan Menggunakan Cardless

Dengan menggunakan sistem cardless memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Keamanan yang lebih baik: Karena tidak menggunakan kartu fisik ATM, risiko pemalsuan dan pencurian informasi dari kartu ATM dapat diminimalisir.
  2. Praktis dan mudah digunakan: Anda hanya perlu memiliki ponsel dan aplikasi banking untuk melakukan transaksi, tanpa harus membawa kartu fisik.
  3. Kemudahan akses: Anda dapat melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus mencari ATM atau menunggu hari dan jam kerja bank.
  4. Pertumbuhan ekonomi: Sistem cardless memudahkan proses transaksi, sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.
  5. Menjaga lingkungan: Dengan tidak menggunakan kartu fisik ATM, sistem cardless dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh produksi dan pembuangan kartu ATM.

Cara Menggunakan Cardless di Bank BNI, BRI, Mandiri, dan BCA

Disini anda bisa mengetahui cara menggunakan cardless dari bank bank besar seperti Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank Bca. Berikut ini akan kami ulas cara menggunakan cardless dari bank bank tersebut

Cara Menggunakan Cardless Bank BNI

Cara menggunakan cardless bank BNI cukup mudah, dikutip dari laman resmi BNI anda tinggal melakukan cara cara sebagai berikut :

  1. Anda Membuka Aplikasi BNI Mobile Banking Di HP Anda.
  2. Pilih Mobile Tunai, simak syarat dan ketentuan yang tertera, anda pilih setujui, klik lanjut.
  3. Pilih yang menjadi rekening sumber dana.
  4. Pilih nomor handphone tujuan yang akan menarik uang tunai (apakah anda sendiri atau orang lain).
  5. Input nominal uang yang akan ditarik tunai.
  6. Jika yang mengambil  uang tunai adalah orang lain, masukkan nama dan nomor handphone tujuan. 
  7. Masukan validasi data tarik tunai (nomor rekening debet, nomor handphone dan nama penerima).
  8. Masukkan password untuk transaksi.
  9. Anda akan mendapatkan kode transaksi yang akan dipakai penarikan tunai di ATM (harap dijaga). Kode Transaksi hanya berlaku selama 2 jam

Cara Menggunakan Cardless Bank BRI

Sama seperti Bank BRI sebelumnya, cara menggunakan cardless bank BRI juga dilakukan melalui aplikasi mobile banking Bank BRI yaitu BRIMO. Berikut cara menggunakan cardless Bank BRI sebagai berikut

  1. Buka aplikasi BRImo di HP anda
  2. Pilih menu tarik tunai di aplikasi BRIMO
  3. Pilih rekening sumber dana
  4. Masukan nominal uang tunai yang ingin ditarik
  5. Pilih lanjut
  6. Anda akan mendapatkan kode khusus yang harus dimasukan saat anda pergi ke ATM BRI
  7. Saat anda di ATM BRI, Pilih tombol yang berada di kiri bawah di mesin
  8. Akan muncul menu tarik tunai
  9. Masukkan kode khusus yang sudah diperoleh dari notifikasi sms di HP
  10. Masukkan nomor HP yang sudah terdaftar
  11. Nominal uang yang akan kamu tarik melalui cardless akan keluar

Baca Juga : Cara Daftar M Banking BRI, Syarat dan Biayanya

Cara Menggunakan Cardless Bank Mandiri

Untuk mengaktifkan cara menggunakan cardless Bank Mandiri, anda dapat membuka aplikasi mobile banking Livin by Mandiri. Berikut cara cara mengunakan cardless Bank Mandiri sebagai berikut

  1. login Aplikasi Livin’ pada hp anda
  2. Pilih menu tarik tunai
  3. Pilih nominal uang tunai yang tersedia, atau pilih nominal lainnya jika tidak tertera di menu
  4. Periksa kembali nominal uang tunai yang akan ditarik dan buat Kode Token
  5. Pilih lanjut
  6. Input dan masukan EPIn aplikasi Livin anda
  7. Muncul Kode Penarikan dan batas waktu penarikan. Simpan baik baik untuk anda gunakan saat menarik uang tunai tanpa kartu
  8. Anda Tinggal pergi ke ATM Mandiri pilih menu tarik tunai
  9. Masukkan no hp yang terdaftar dan  kode penarikan yang sudah diperoleh 
  10. Nominal uang yang akan kamu tarik melalui cardless akan keluar

Cara Menggunakan Cardless Bank Bca

Cara Menggunakan Cardless Bank Bca

Diambil dari situs resmi BCA, berikut langkah-langkah cara mengambil uang di ATM tanpa kartu BCA: 

  1. Buka aplikasi mobile banking BCA dari HP anda 
  2. Pilih menu Cardless pada aplikasi mobile banking bca
  3. Pilih menu Tarik Tunai. 
  4. Pilih rekening sumber dana. 
  5. Isi nominal yang akan ditarik. 
  6. Input PIN mBCA. 
  7. Kamu akan mendapatkan 6 digit kode transaksi.
  8. Cari ATM Tunai BCA terdekat di daerah anda 
  9. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu di mesin ATM. 
  10. Masukkan nomor HP yang terdaftar di BCA mobilemu.
  11. Masukkan 6 digit kode transaksi.
  12. Mesin ATM akan memproses dan uang akan keluar dari mesin ATM.

Apakah Ada Biaya Dalam Penggunaan Fitur Cardless

Fitur cardless tidak dikenakan biaya sama sekali. Baik Bank BRI, BCA, BNI, atau Bank Mandiri fitur cardless tidak dikenakan biaya terhadap debitur. Cardless adalah fitur teknologi dari dunia perbankan dimana debitur dimudahkan dalam pengambilan uang tunai tanpa kartu fisik ATm. Semua dimudahkan dengan mengunakan aplikasi mobile banking untuk memanfaatkan fitur cardless menarik uang tunai tanpa kartu ATM

Apakah Fitur Cardless Aman Untuk Menarik Uang Tunai Tanpa ATM

Penggunaan fitur cardless untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM lebih aman. Berikut alasan mengapa fitur cardless aman dalam penggunaan tarik uang tunai tanpa kartu :

  1. Mencegah terjadinya skimming. Skimming adalah jenis kecurangan dimana sebuah perangkat ditempelkan pada mesin ATM untuk mencuri informasi dari kartu bank. Perangkat ini merekam informasi kartu dan digunakan untuk menarik uang dari rekening bank pemilik
  2. Transaksi cardless lebih aman karena transaksi dikendalikan oleh anda sendiri melalui aplikasi mobe banking. Dimana setiap transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM dapat dikontrol oleh anda dengan penggunaan kode khusus yang dikendalikan / disetujui oleh anda sendiri

× Halo Min.. Minta Informasi