Merk Motor Matic Hybrid yang Bisa Jadi Pilihan, Apa Saja?

Pengguna skuter matic semakin lama semakin meningkat, khususnya di Indonesia. Populasi pengguna motor matic bahkan 2 kali lipat lebih besar dibandingkan pengguna motor bebek, motor sport dan motor trail. Bahkan sekarang merk motor matic hybrid pun bertebaran.

Lantas apa itu motor matic hybrid?

Motor matic hybrid merupakan sebuah skuter matic yang memiliki dua sistem mesin yaitu menggunakan mesin dengan bahan bakar minyak dan menggunakan listrik. Keduanya dapat bekerja secara kompleks untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin berkendara tetap irit BBM.

Tertarik untuk memiliki motor matic hybrid? Berikut kami berikan informasi tentang beberapa merk motor matic hybrid untuk Anda!

Merk Motor Matic Hybrid

Di Indonesia saat ini, ada dua merk yang mengeluarkan jenis motor matic hybrid. Kedua merk motor matic hybrid tersebut adalah Honda dengan produknya Honda PCX e:HEV, dan Yamaha dengan produknya yaitu Yamaha Fazzio.

Kedua produk dari merk motor matic hybrid tersohor tersebut pasti punya spesifikasi dan fitur yang menjadi keunggulan sekaligus pembeda antara satu dengan lainnya. Apa saja fitur dan spesifikasi yang menjadi pembeda antara Honda PCX e:HEV dengan Yamaha Fazzio tersebut?

Honda PCX e:HEV

Honda PCX e

Honda PCX e:HEV merupakan sebuah skutik premium dari pabrikan dengan logo sayap yang sebenarnya sudah diperkenalkan di tahun 2021 awal. Namun memang popularitasnya naik di tahun 2023 ini seiring dengan semakin populernya motor dengan mesin hybrid.

Pada segi tampilan, Honda PCX e:HEV tidak jauh berbeda dengan versi non hybrid. Tampilan premiumnya bisa Anda temukan. Kemudian mesinnya sudah didukung mesin 160 cc. Motor ini dapat melenggang dengan cepat dan lancar di berbagai situasi dan kondisi.

Teknologi hybrid pada motor bertindak sebagai motor assist yang menjanjikan tambahan tenaga up to 1,7 dk dengan torsi sebesar 4,3 nm di putaran 3000 rpm ketika akselerasi dilakukan. Dengan dukungan teknologi hybrid tersebut, konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien dan efektif guna mendukung motor mencapai titik kecepatan puncaknya.

Kemudian soal dapur pacunya, motor hadir dengan dua jantung mekanis yaitu mesin eSP+ dengan kapasitas sebesar 156,9 cc SOHC 4 katup dan juga baterai lithium ion 50,4 volt dengan 4 ampere. Daya pada baterainya dibutuhkan untuk memutar ACG starter yang fungsinya sebagai motor assist dan dapat digunakan menambah tenaga.

Soal fitur, motor matic hybrid dari Honda ini didukung cukup banyak kelengkapan fitur mulai dari PDU (Power Deliver Unit) yang digunakan sebagai otak teknologi hibrida pada motor. Ada juga fitur pilihan mode berkendara yang menjadi salah satu fitur eksklusif yang tidak dimiliki pada Honda PCX 160 biasa.

Untuk harganya, Honda PCX e:HEV dibanderol sebesar 43,7 juta rupiah. Harga ini memang terbilang mahal, namun beberapa pecinta Honda mengaku harga tersebut sudah mampu membayar pengalaman menggunakan Honda PCX e:HEV ini.

Hanya saja Honda PCX e:HEV tidak memiliki banyak varian warna. Honda PCX e:HEV hanya memiliki varian warna Horizon white saja.

Baca Juga : Cari Motor Hybrid Honda? Honda PCX e:HEV Jawabannya!

Yamaha Fazzio Connected Hybrid

Yamaha Fazzio Connected Hybrid

Tampil dengan gaya retro, Yamaha Fazzio connected hybrid ini didukung fitur yang cukup canggih. Teknologi hibridanya dinamakan Blue Core Hybrid menjadikan motor ini sebagai skutik kelas 125 cc yang mengadopsi teknologi hybrid dengan harga cukup terjangkau.

Kalau motor Honda PCX e:HEV bisa didapatkan dengan harga 40an juta rupiah, maka merk motor matic hybrid dari Yamaha ini bisa Anda dapatkan dengan harga hanya 22an juta rupiah.

Merk motor matic hybrid dari Yamaha ini bekerja dengan sistem hybrid yang konsep kerjanya berbeda dengan metode hybrid pada mobil. Dasar kerjanya bahwa dalam kondisi normal, baterai berfungsi untuk menghidupkan motor dan setelah hidup daya baterainya akan segera dicharge kembali oleh SMG (Smart Motor Generator) yang ada pada electric power assistant start.

Mesin blue core hybrid pada Yamaha Fazzio sendiri memiliki kapasitas 125 cc (124,86 cc) 1 – silinder SOHC. Tenaga tersebut menjanjikan tenaga maksimal up to 6,2 kW pada 6500 rpm dan memiliki torsi 10,6 nm di putaran 4500 rpm.

Kemudian soal fiturnya, motor didukung konektivitas Y-Connect yang dapat terhubung ke gawai pemiliknya. Motor juga dilengkapi dengan cukup banyak fitur pendukung lain seperti keyless system, power outlet, start stop system, hazard lamp, ban tubeless, bagasi sebesar 17,8 liter dan juga didukung lampu LED headlight.

Yamaha Fazzio hadir dengan dua varian yaitu Yamaha Fazzio Neo dan Yamaha Fazzio Lux yang masing – masing memiliki varian warna berbeda. Yamaha Fazzio Neo memiliki varian warna glossy cyan, red, beige dan black. Sementara Yamaha Fazzio Lux memiliki varian warna matte yang terdiri dari prestige silver dan juga matte black.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat ulas kali ini terkait merk motor matic hybrid di Indonesia. Anda yang ingin memiliki motor hybrid matic bisa memilih salah satunya.

Baca Juga : Review Motor Hybrid Fazzio dari Yamaha, Begini Spek dan Harganya

Baca Juga : Motor Yamaha Fazio 125 Hybrid, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Gadai BPKB Bandung