kartu Yup Card

Panduan Lengkap Menggunakan Kartu Yup Card untuk Transaksi Mudah dan Cepat

Apa itu Kartu Yup Card

Kartu Yup card adalah sebuah kartu debit yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi di merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu debit. Yup card juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi di mesin-mesin ATM yang terdaftar sebagai merchant Mandiri Debit Online.

Untuk dapat menggunakan Yup card, pelanggan harus terlebih dahulu membuka rekening tabungan di Bank Mandiri dan meminta pembuatan kartu debit Yup card. Setelah mendapatkan kartu debit, pelanggan dapat mengaktifkan kartunya melalui aplikasi Mandiri Online atau Mandiri SMS Banking atau dengan mengunjungi bank terdekat.

Kelebihan dan Keunggulan Yup Card

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan keunggulan Yup card dari Bank Mandiri:

  1. Dapat digunakan di merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu debit, baik di toko-toko ritel maupun di merchant online.
  2. Dapat digunakan di mesin-mesin ATM yang terdaftar sebagai merchant Mandiri Debit Online.
  3. Dilengkapi dengan fitur Mandiri Debit Online yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi online tanpa harus memasukkan kode personal identification number (PIN).
  4. Dilengkapi dengan fitur Mandiri Debit on Call yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi melalui telepon dengan menghubungi Call Center Bank Mandiri.
  5. Dilengkapi dengan fitur Mandiri Debit Secure yang meminta pelanggan untuk memasukkan kode OTP (one-time password) saat melakukan transaksi online atau di merchant yang meminta verifikasi OTP.
  6. Memiliki sistem keamanan yang tinggi untuk melindungi pelanggan dari kejahatan cyber.
  7. Dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi seperti pembelian barang, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Yup Card di Merchant dan ATM

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan Yup card di merchant dan ATM:

  1. Aktifkan kartu Yup card: Untuk mengaktifkan kartu Yup card, pelanggan harus terlebih dahulu membuka rekening tabungan di Bank Mandiri dan meminta pembuatan kartu debit Yup card. Setelah mendapatkan kartu debit, pelanggan dapat mengaktifkan kartunya melalui aplikasi Mandiri Online atau Mandiri SMS Banking atau dengan mengunjungi bank terdekat.
  2. Pastikan saldo rekening tabungan cukup: Untuk dapat menggunakan Yup card, pelanggan harus memastikan bahwa saldo rekening tabungannya cukup untuk melakukan transaksi. Jika saldo tidak cukup, transaksi akan ditolak.
  3. Pastikan tanggal validasi (expiry date) masih berlaku: Pelanggan juga harus memastikan bahwa tanggal validasi (expiry date) pada kartu Yup card masih berlaku.
  4. Menggunakan Yup card di merchant: Untuk menggunakan Yup card di merchant, pelanggan harus menyebutkan kepada kasir bahwa akan melakukan pembayaran dengan kartu debit Yup card. Kemudian, pelanggan harus memasukkan kartunya ke dalam mesin pembayaran dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh mesin tersebut. Pelanggan juga harus memasukkan kode personal identification number (PIN) yang diberikan oleh bank untuk memverifikasi transaksi.
  5. Menggunakan Yup card di ATM: Untuk menggunakan Yup card di mesin-mesin ATM yang terdaftar sebagai merchant Mandiri Debit Online, pelanggan harus memasukkan kartunya ke dalam mesin ATM dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh mesin tersebut. Pelanggan juga harus memasukkan kode personal identification number (PIN) yang diberikan oleh bank untuk memverifikasi transaksi.

Fitur-Fitur Keamanan yang Dimiliki oleh Yup Card

Yup card memiliki beberapa fitur keamanan yang dapat melindungi pelanggan dari kejahatan cyber, diantaranya:

  1. Mandiri Debit Secure: Fitur ini meminta pelanggan untuk memasukkan kode OTP (one-time password) saat melakukan transaksi online atau di merchant yang meminta verifikasi OTP.
  2. Personal identification number (PIN): Pelanggan harus memasukkan kode PIN yang diberikan oleh bank untuk memverifikasi transaksi di merchant atau di mesin-mesin ATM yang terdaftar sebagai merchant Mandiri Debit Online.
  3. Sistem keamanan yang tinggi: Yup card menggunakan sistem keamanan yang tinggi untuk melindungi pelanggan dari kejahatan cyber.

Apakah Yup Card Aman

Yup card merupakan salah satu kartu debit terkemuka di Indonesia yang memiliki sistem keamanan yang tinggi untuk melindungi pelanggan dari kejahatan cyber. Yup card juga dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan seperti Mandiri Debit Secure yang meminta pelanggan untuk memasukkan kode OTP (one-time password) saat melakukan transaksi online atau di merchant yang meminta verifikasi OTP, serta personal identification number (PIN) yang diberikan oleh bank untuk memverifikasi transaksi di merchant atau di mesin-mesin ATM yang terdaftar sebagai merchant Mandiri Debit Online.

Dengan demikian, Yup card dapat dikatakan aman untuk digunakan dalam melakukan transaksi. Namun, pelanggan tetap harus berhati-hati dan menjaga kerahasiaan kode PIN serta tidak memberikannya kepada pihak yang tidak dipercaya. Pelanggan juga harus selalu memastikan bahwa saldo rekening tabungannya cukup untuk melakukan transaksi, serta memastikan bahwa tanggal validasi (expiry date) pada kartu Yup card masih berlaku.

Yup Card memiliki layanan paylater. Apakah Yup Paylater terdaftar di OJK ?

Yup paylater merupakan salah satu layanan fintech yang ditawarkan oleh Bank Mandiri untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran secara cicilan. Layanan ini dapat digunakan oleh pelanggan untuk membeli barang di merchant yang bekerja sama dengan Bank Mandiri dan membayarnya kemudian dalam beberapa cicilan yang telah ditentukan.

Sebagai salah satu lembaga pengawas keuangan di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang memiliki peran dalam mengawasi kegiatan usaha fintech, termasuk layanan fintech seperti Yup paylater. Namun, saya tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai status terdaftar atau tidaknya Yup paylater di OJK karena knowledge cutoff saya adalah tahun 2021.

Cara Mengatasi Masalah dan Mengajukan Pertanyaan terkait Yup Card

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah dan mengajukan pertanyaan terkait Yup card:

  1. Menghubungi Call Center Bank Mandiri: Pelanggan dapat menghubungi Call Center Bank Mandiri di 14000 jika mengalami masalah atau ingin mengajukan pertanyaan terkait Yup card.
  2. Mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat: Pelanggan juga dapat mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengatasi masalah atau mengajukan pertanyaan terkait Yup card.
  3. Menggunakan layanan bantuan melalui aplikasi Mandiri Online atau Mandiri SMS Banking: Bank Mandiri juga menyediakan layanan bantuan melalui aplikasi Mandiri Online atau Mandiri SMS Banking yang dapat diakses oleh pelanggan secara online.

Semoga Bahasan mengenai Panduan Lengkap Menggunakan Yup Card untuk transaksi menjadi bahasan yang lengkap untuk anda yang akan menggunakannya.

Baca Juga : Apa Itu Cicilan Shopee PayLater

Baca Juga : Gejala Aki Soak pada Mobil dan Penyebabnya

Similar Posts