Ketika membeli kendaraan bermotor bermotor, tentu kita akan mendapatkan BPKB dan STNK kendaraan bermotor bermotor, kan? Mau beli kendaraan bermotor bermotor baru atau pun bekas pakai, BPKB dan STNK tentu menjadi hal penting yang harus dimiliki. Memangnya, apa, sih, arti dan fungsi BPKB dan STNK?

 

BPKB dan STNK kendaraan bermotor bermotor sendiri memiliki fungsi yang berbeda, beda bpkb dan stnk meskipun keduanya sama-sama penting bagi pemilik kendaraan bermotor bermotor. Meskipun fungsi BPKB dan fungsi STNK itu berbeda. Berikut beberapa pengertian dan fungsi STNK dan BPKB kendaraan bermotor bermotor bermotor.

 

Pengertian BPKB Kendaraan

 

Apa itu BPKB ? Apa itu BPKB Mobil ? Apa itu BPKB Motor ?  Apa isi BPKB ? BPKB adalah akronim dari Buku Pemilik Kendaraan bermotor bermotor Bermotor. BPKB kendaraan bermotor bermotor ini adalah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh SATLANTAS alias Satuan Lalu Lintas Polri dan memilik , sesuai dengan akronim di atas.

 

Semua kendaraan bermotor bermotor memiliki BPKB kendaraan bermotor bermotor. Dimulai mobil, sepeda motor, bus dan lain-lainnya. Ini karena fungsi BPKB kendaraan bermotor bermotor itu sangat vital. Sekaligus bukti bahwa kendaraan bermotor bermotor yang dikendarai itu kendaraan bermotor bermotor yang legal.

 

Hal yang perlu diingat adalah BPKB hanya diterbitkan oleh satuan lalu lintas POLRI yang ada di daerah masing-masing. Hanya POLRES setempat yang berhak menerbitkan BPKB.

 

Sedangkan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor bermotor adalah alat bukti yang berisi nomor registrasi dan identifikasi sebuah kendaraan bermotor bermotor bermotor. BPKB dan STNK termasuk dalam satu paket jika Anda membeli kendaraan bermotor bermotor.

 

STNK dan BPKB biasanya diterbitkan secara bersamaan. Bisa juga lebih dulu keluar STNK saat pendaftaran BPKB. STNK memiliki sifat sebagai kelengkapan berkendara.

 

Kendaraan bermotor bermotor ada banyak sekali. Fungsi yang pertama adalah sebagau surat bukti kepemilikan kendaran bermotor bagi warga masyarakat yang sah. Buku ini akan diterima saat seseorang membeli kendaraan bermotor bermotor. Biasanya, BPKB ini akan diterima selang dari beberapa minggu setelah pembelian.

 

Fungsi yang kedua adalah sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor bermotor bermotor yang sah. Baik kendaraan bermotor bermotor itu dalam keadaan aktif mau pun dalam keadaan rusak alias mati.

 

Pengertian STNK

 

Sedangkan fungsi STNK lebih memiliki fungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor bermotor. STNK memiliki sifat wajib dibawa dalam berkendara. Karena memiliki identitas kendaraan bermotor bermotor dan sebagai bukti bahwa kendaraan bermotor bermotor yang dibawa bukan curian.

 

Fungsi yang lain adalah sebagai surat berharga yang dimiliki seseorang dan memiliki jaminan hukum yang kuat. Biasanya, BPKB kendaraan bermotor bermotor sering ‘disekolahkan’ di rumah pegadaian. Yup, biasanya dijadikan jaminan perihal hutang piutang.

 

STNK sendiri memiliki sisi Ketetapan Pajak. Ketetapan Pajak ini juga disebut sebagau Notice Pajak Kendaraaan berisi identitas kepemilikan kendaraan bermotor bermotor, identitas lengkap kendaraan bermotor bermotor, nomor rangka, nomor mesin, serta daftar rincian jumlah Pajak Kendaraan bermotor bermotor.

 

Fungsi BPKB yang penting bagi pemerintah adalah sebagai sarana atau media untuk mengawasi dan memantau jumlah pemasukan negara bukan pajak alias PNBP dalam bidang kendaraan bermotor bermotor bermotor.

 

Selain itu, fungsi BPKB juga bisa mempertinggi kegunaan dari tata cara administrasi pendaftaran kendaraan bermotor. Ini selain bisa meningkatkan public service, juga dimanfaatkan untuk mengawasi pemasukan keuangan negara non pajak, kepemilikan kendaraan bermotor bermotor bermotor dan sebagainya.

 

Nah, itulah pengertian dan fungsi BPKB sekaligus STNK untuk kendaraan bermotor.

 

Info Mengenai Gadai BPKB Disini

 

Pengertian dan Fungsi BPKB dan STNK
Tag pada: