Tips Memilih Mesin Mobil Dump Truk Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Mobil Dump Truk Bekas

Ingin membeli mobil dump truk bekas? Bagi Anda yang berkeinginan untuk cari mobil dump truk bekas, pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan yang akan dibeli harus benarbenar Anda perhatikan.

Jangan sampai Anda mendapatkan mobil yang tidak sesuai kebutuhan dan parahnya lagi sudah dalam kondisi yang tidak prima lagi. Agar tidak mendapatkan mobil yang kurang sempurna, berikut kami bagikan untuk Anda beberapa tips memilih mesin mobil dump truk bekas yang Anda perlu tahu dan pahami!

 

Tips Memilih Mesin Dump Truk Bekas

Cek kondisi body, bak dan roda

2 Cek kondisi body bak dan roda oto

Hal pertama yang Anda perlu perhatikan dalam memilih mesin yang bagus untuk dump truk bekas adalah memastikan bagaimana kondisi komponen body, bak dan juga roda dari kendaraan tersebut.

Pada mobil dump truk bekas tersebut coba cek apakah terdapat karat, penyok atau retakan pada body dan baknya. Kalau memang bisa, pastikan untuk membeli kendaraan truk dengan bahan bak yang menggunakan material baja. Mengapa?

Karena tentu meski lebih mahal harga kendaraannya namun material baja tergolong material yang kuat dan tidak mudah berkarat. Material tersebut juga tidak mudah mengalami retakan. Kemudian pada roda atau ban, cek juga apakah ada bagian yang aus atau tidak rata atau tidak. Jika memang ada bagian yang tidak rata Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan spooring and balancing pada bagian tersebut.

 

Cek frame dan axlenya

Cek bagian frame pada truk. Perhatikan apakah pada truk terindikasi ada lengkungan atau bengkok, karat atau tanda keausan lain atau tidak.

Frame yang kurang beraturan atau bahkan bengkok biasanya dapat terjadi atau disebabkan karena kendaraan sering digunakan dengan kondisi kelebihan muatan atau kelebihan beban.

 

Cek bagaimana kondisi kabinnya

Jangan lupa untuk periksa kondisi bagian kabin truk. Lihat bagian panelnya dan cek bagian odometer kemudian catat jarak tempuh yang sudah ditempuh oleh kendaraan. Tak ada salahnya untuk Anda juga mencoba menyalakan mesinnya.

Kemudian di sana lihat bagaimana lampu panel indikator pada mesin kendaraan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kalau sudah, coba jalankan kendaraan. Pada bagian ini, perhatikan juga apakah mesin terasa janggal.

Kalau misalkan Anda menemukan ada suara bising, kabin yang cepat panas, atau kondisi lain maka Anda bisa jadikan tambahan pertimbangan untuk memilih atau tidak. Jalankan juga lifting mechanismenya untuk mengangkat bak truk dan perhatikan apakah ada gerakan batang silinder yang tidak mulus atau sebagainya.

 

Cek semua komponen hidrolik kendaraan

Lakukan pengecekan pada bagian komponen hidrolik kendaraan. Periksa silinder dan batang silinder secara teliti. Cek apakah ada kebocoran atau penyok atau tidak.

Periksa pompa dan tangka reservoirnya apakah ada tanda kebocoran atau tidak. Cek juga apakah kondisinya masih berfungsi dengan normal atau tidak. Kemudian kembalilah ke dalam kabin dan cek gerakan silinder dengan cara menurunkan bagian bak truk dan periksa gerakan naik turunnya di sana agar Anda juga bisa lebih yakin kondisi yang sebenarnya karena Anda sudah mengecek secara keseluruhan bukan hanya pada satu bagian saja.

 

Cek bagian mesin bersama rekan

3 Cek bagian mesin bersama rekan liputan6

Kalau misalkan Anda merasa bahwa pengetahuan tentang mesin yang Anda miliki tidak terlalu bagus atau tidak maksimal, Anda bisa melakukan pengecekan mesin sampai dengan test drive dengan didampingi rekan yang paham tentang mesin.

Misalkan kalau Anda punya rekan yang bekerja di bengkel atau rekan yang biasa mengotakatik alat berat seperti dump truk maka Anda bisa mengajaknya untuk melakukan pengecekan mesin kendaraan sebelum Anda benarbenar membeli sebuah kendaraan.

Selain berbagai aspek penting terkait mesinnya, Anda juga perlu cek harga. Bandingkan seperti apa komponen mesinnya apakah masih bagus atau tidak, harga baru kendaraan dan harga jual kembali kendaraan yang akan Anda beli tersebut.

Jangan sampai harga jual kembali terlalu tinggi atau bahkan di atas atau sama dengan harga baru kendaraan karena perlu Anda ingat bahwa setiap kendaraan memiliki nilai penyusutan. Jadi hitung juga berdasarkan pertimbangan penyusutan.

Kalau dirasa harganya cocok dan kondisi mesinnya juga sebanding dengan harga yang Anda rasa cocok tersebut baru Anda bisa memilih mobil tersebut untuk dibeli. Oh ya, karena Anda membeli truk bekas, pastikan selain mesin mobilnya yang dicek Anda juga harus mengecek suratsuratnya.

Pastikan suratsurat kendaraannya lengkap dan mobil yang akan Anda beli bukan kendaraan bodong. Karena kalau sampai mendapatkan kendaraan bodong tentu akan menjadi masalah bagi Anda di kemudian hari meski misalnya Anda dapatkan kendaraan dengan harga murah.

Terkait merk mobil dump truk sendiri, banyak pilihan yang bisa dibeli dengan kondisi jual kembali atau kondisi bekas yang sangat layak pakai.

Artikel Lainnya :

Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor

Tukar Tambah Motor Ke Mobil, Tips Dan Syaratnya Apa Saja ?

Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling

Jenis Surat Tilang

Golongan Kendaraan Di Tol

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Beberapa merk mobil dump truk terbaik yang layak beli meski dalam kondisi bekas sebagai berikut :

 

Truk merk Hino

Di Indonesia, truk merk ini sangat populer dan laris manis. Salah satu alasannya karena dirasa truk dengan merk Hino memiliki performa tangguh, body dan mesin yang mumpuni dan mendukung kapasitas muatan yang besar.

Sistem kemudi truk Hino juga sudah menggunakan power steering sehingga akan semakin mendukung kenyamanan bagi setiap pengendara. Hino sejatinya memiliki beberapa varian truk, Hino juga mengeluarkan versi dump truk.

Untuk harga mobil dump truk merk Hino sangat variatif ada yang mulai 500an juta sampai di atas 1 milyar rupiah. Namun untuk truk bekas bisa Anda beli dengan harga mulai 250 – 300an juta rupiah namun tentu tergantung tahunnya juga.

Artikel Tips Otomotif lainnya

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Arti Plat Putih Pada Mobil

Ini Dia 7 Penyebab AC Mobil Berangin Terasa Kurang Berangin

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

9 Tips Memilih Mobil Listrik Sesuai Kebutuhan

5+ Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Yang Dapat Dipertimbangkan

Cara Cek Freon AC Mobil Bocor Berikut Penyebabnya

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik, Mudah Dan Praktis

6 Cara Mengatasi Mobil Boros Oli

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok Dan Kenali Penyebabnya

 

Mitsubishi Fuso

Performa truk Mitsubishi Fuso memang tak boleh diragukan. Truk ini memiliki performa yang baik dan bisa dioperasikan dengan nyaman di berbagai kondisi jalanan baik di jalanan datar, menanjak, atau pun di kondisi jalanan yang bergelombang.

Kontrol truknya sangat bagus dan sistem kemudinya sudah menggunakan power steering. Untuk harga truk merk Fuso bekas sekitar 400an juta rupiah.

 

Truk Nissan UD

Performa truk Nissan UD juga tangguh. Fitur truk ini juga canggih dan dibekali teknologi modern dibaliknya. Type truk Quester juga telah dilengkapi dengan dukungan real time Fuel Coaching System yang siap memandu pengendara jauh lebih baik.

Untuk tipe truk Nissan UD jika Anda tertarik membeli versi bekasnya, Anda bisa mendapatkan truk dengan harga bekas mulai dari 200 – 250an juta rupiah lagilagi tergantung tahunnya.

Jadi itulah sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait tips dalam memilih mesin mobil dump truk bekas yang layak. Pastikan Anda berusaha memilih mobil seselektif mungkin agar tidak ada masalah di kemudian hari. Kenyamanan berkendara juga tak perlu diragukan lagi dengan memilih truk yang berkualitas.

Artikel Tips Otomotif lainnya bisa dicek disini

  1. Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor Bocor
  2. Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik, Mudah Dan Praktis
  3. 6 Cara Mengatasi Mobil Boros Oli
  4. Cara Mengatasi Mobil Injeksi Mogok Dan Kenali Penyebabnya
  5. Cari Tahu Sejarah Perkembangan Mobil Listrik Dari Masa Ke Masa Sini
  6. Mari Ketahui Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang Dipakai
  7. Lebih Menguntungkan, 5 Cara Menghemat Daya Pada Mobil Listrik
  8. Mudah..! 4 Cara Merawat Cat Mobil Doff Tetap Kinclong
  9. Kelebihan Dan Kelemahan Roda Pengerak FWD Pada Mobil, Cek Disini
  10. Fitur Parking Sensor Pada Mobil Cara Kerjanya Bagaimana