Tips Menggunakan Paylater dengan Bijak agar Tidak Tergelincir Utang

Beberapa tahun belakangan paylater merupakan solusi permasalahan yang banyak dipilih oleh beberapa orang. Namun, apakah Anda sudah mengenal jelas apa itu paylater? Lantas bagaimana tips menggunakan paylater dengan cermat?

Pasalnya beberapa pengguna seringkali terjerat pinjaman online hingga puluhan juta karena pemanfaatan teknologi yang salah. Melihat latar belakang tersebut tentu saja membuat beberapa orang merasa takut, apalagi jika Anda awam dalam pemanfaatannya.

Untuk itu, pastikan Anda mengenal dengan baik terlebih dahulu mengenai paylater dan tips menggunakan paylater dengan bijak. Melalui artikel kali ini Anda bisa menemukan jawabannya secara detail.

Apa Itu Paylater?

Apa itu paylater

Mengetahui arti dari Paylater itu sendiri akan membantu Anda untuk melangkah dan memanfaatkannya dengan baik. Sehingga, nantinya Anda bisa menemukan tips menggunakan paylater agar tidak terjerat pinjaman online seperti pengguna terdahulu.

Paylater merupakan sebuah layanan kredit cicilan yang memudahkan setiap orang untuk melakukan transaksi belanja di berbagai platform. Penggunaan paylater sendiri bisa Anda lakukan tanpa minimal pembelian dan cicilan pembayaran.

Di mana, hal tersebut bisa disesuaikan dengan pilihan pengguna terkait jangka waktu. Beberapa marketplace yang memberikan fitur pembayaran dengan sistem Paylater seperti Blibli Paylater, Shopee Paylater, hingga Lazada Paylater.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan fitur ini pada beberapa aplikasi e-wallet. Contohnya pada Ovo Paylater dan juga Gojek Paylater. Meskipun inovasi terbaru ini memudahkan setiap pengguna untuk mendapatkan barang kebutuhan dengan lebih cepat dan praktis.

Namun, Anda tetap membutuhkan tips menggunakan paylater dengan bijak agar tidak terjerumus pada hutang menumpuk. Sebab, tidak jarang beberapa pengguna justru kalap melakukan pembelanjaan sehingga membuat dompet menjadi jebol.

Sedangkan, waktu cicilan yang harus Anda bayarkan mulai mendekat. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa memanfaatkan teknologi secara bijak untuk menghindari beberapa hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Tips Menggunakan Paylater dengan Bijak dan Cermat

Meminimalisir hal buruk yang bisa saja terjadi jika Anda tidak bijak dalam memanfaatkan sebuah perkembangan teknologi. Maka, mengetahui tips menggunakan paylater menjadi salah satu kebutuhan bagi Anda.

Lantas, apa saja tips menggunakan paylater dengan bijak agar tidak terjerat hutang dan hal buruk lainnya? Beberapa diantaranya bisa Anda simak berikut ini :

1. Pilih Layanan dengan Izin OJK

Anda tentu sudah mengenal apa itu OJK. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan sebuah lembaga yang berfungsi untuk mengawasi setiap kegiatan di dalam sektor keuangan.

Mulai dari sistem kerja, pergerakan keuangan, serta kevalidan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Sehingga, jika Anda memilih sebuah layanan dan telah mendapatkan ijin OJK.

Maka, keseluruhan sektornya akan bergerak sesuai dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. Anda tidak perlu lagi khawatir, sebab penyedia layanan aman dan setiap kegiatan yang mencurigakan bisa Anda laporkan kepada pihak berwenang.

2. Menggunakan Paylater untuk Kondisi Darurat Saja

Jika Anda ingin menjalani aktivitas harian dengan tenang tanpa memikirkan masalah hutang. Maka, tips menggunakan paylater dengan bijak yaitu memanfaatkannya dalam kondisi darurat saja.

Di mana jika tidak terpepet, jangan sampai Anda menggunakannya untuk sekeder mengobati haus mata pada barang atau sesuatu yang Anda incar di dalam sebuah platform atau ecommerce.

Jika Anda menanamkan pola pikir ini dengan baik, maka proses pengontrolan diri dari berbelanja hal kurang perlu dengan menggunakan paylater akan bisa Anda lakukan.

Sebab, kemudahan fitur ini dalam mengatasi permasalahan finansial pengguna, tentu cepat membuat Anda mendapatkan sumber dana untuk melakukan pembelian.

Namun, jika tidak bisa mengontrolnya. Maka hal tersebut bisa menjadi boomerang bagi individu masing-masing. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakannya pada kondisi darurat saja dan jangan sampai Anda mudah tergiur.

3. Pahami Bunga dan Tenor Cicilan

Setiap hutang yang Anda lakukan dengan menggunakan paylater, tentu harus dibayarkan pada jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut.

Pastikan untuk mengenali tips menggunakan paylater agar mendapatkan pertimbangan lebih banyak. Beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan seperti tenor cicilan, limit pinjaman, denda, hingga beban bunga setiap bulannya.

Pasalnya, sama seperti kredit, jika Anda akan membayar menggunakan paylater, aka nada beban biaya tambahan yang pengguna terima dari notifikasi platform.

Tips menggunakan paylater pada poin ini mengajak Anda untuk lebih banyak mempertimbangkan kesanggupan individu masing-masing. Pastikan bahwa bunga yang Anda dapatkan tidak begitu besar, dan bisa Anda bayarkan ketika jatuh tempo tiba.

Apabila Anda merasa hal tersebut sangat berat dan tidak sanggup untuk membayarnya. Maka, lebih baik Anda tidak menggunakan layanan paylater. Tujuannya agar tidak terjerat hutang seperti kasus sebelumnya.

4. Jangan Mudah Tergiur dengan Berbagai Promo yang Diberikan

Menjadi salah satu fitur terbaru dalam layanan pembayaran online. Anda perlu mengikuti tips menggunakan paylater dengan bijak, sebab layanan ini seringkali memberikan penawaran potongan harga cukup besar.

Tujuan pemberian diskon atau promo tersebut untuk meningkatkan persentase pengguna layanan. Meskipun jika Anda lihat di awal penawaran transaksi tersebut terkesan sangat hemat dan menggiurkan.

Namun, apabila Anda tidak menyikapinya dengan bijak, promo tersebut hanya akan membuat Anda melakukan transaksi yang kurang diperlukan.

Sehingga, pada akhirnya Anda hanya terkesan membuang-buang uang yang sebenarnya bisa Anda alokasikan untuk keperluan lain. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mudah tergiur dengan berbagai promo yang ditawarkan oleh layanan paylater.

5. Sesuaikan dengan Kesanggupan Pembayaran Beban Paylater

Paylater merupakan sebuah layanan yang memberikan pinjaman dengan tenggat waktu tertentu. Hal tersebut tentunya mengharuskan setiap pengguna untuk membayarnya kembali.

Jika tidak sanggup membayar pada jangka waktu yang sudah dipilih, pengguna akan dikenakan denda sesuai perhitungan.

Nah, berdasarkan poin ini tips menggunakan paylater sebaiknya Anda lakukan dengan mempertimbangkan kemampuan pembayaran hutang yang akan dilakukan.

Jangan sampai Anda nekat mengambil paylater namun tidak membayarnya yang justru membuat kewajiban hutang jadi lebih membengkak.

Kelebihan Paylater

Meskipun Anda membutuhkan tips menggunakan paylater agar lebih bijak dalam memanfaatkannya. Paylater sendiri sebenarnya memiliki banyak kelebihan jika Anda bisa menggunakannya dengan baik. Diantaranya seperti :

1. Paylater Sangat Praktis

Jika Anda menggunakan paylater sebagai metode pembayaran, maka seluruh transaksi yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan mudah. Anda hanya perlu memilih barang keinginan dan melakukan pembayaran pada waktu jatuh tempo.

Menggunakan fitur paylater juga menguntungkan Anda sebagai pengguna sebab tidak perlu bolak balik untuk mentransfer uang transaksi. Selain menghemat waktu, Anda juga irit biaya admin yang banyak terjadi saat transaksi bank berlangsung.

2. Proses Cepat

Anda bisa melakukan pendaftaran aplikasi atau fitur paylater dengan sangat mudah dan cepat. Faktanya Anda tidak perlu datang ke bank seperti pemanfaatan kartu kredit.

Anda hanya membutuhkan modal gadget dengan beberapa syarat tertentu dan bisa mendaftarkan akun paylater dari rumah. Sangat ringkas dan cepat, pembayaran juga berjalan lebih mudah.

3. Meminimalisir Penggunaan Uang Cash

Kenapa Anda membutuhkan tips menggunakan paylater? Sebab, keuntungan dari pemakaian paylater adalah Anda bisa meminimalisir penggunaan uang cash. Di mana, jika Anda tidak berhati-hati akan menyebabkan keborosan.

Namun, dengan menggunakan paylater Anda sendiri juga bisa meminimalisir hal buruk. Contohnya seperti risiko kehilangan atau pencurian. Opsi pembayaran paylater merupakan pilihan terbaik.

4. Memiliki Banyak Promo Menarik

Paylater merupakan fitur baru yang cukup populer beberapa tahun belakangan. Berbagai perusahaan besar sangat gencar mempromosikannya dengan memberikan diskon menggiurkan kepada pengguna.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan belanja harian. Selain itu, diskon yang diberikan juga membuat harga menjadi lebih murah, sehingga limit saldo Anda pada paylater akan meningkat.

5. Paylater Bisa Digunakan oleh Siapa Saja

Jika Anda pernah memanfaatkan kartu kredit untuk membeli sesuatu. Tentu bank mempersyaratkan beberapa hal yang harus terpenuhi agar bisa memanfaatkannya. Tetapi berbeda jika Anda menggunakan fitur dari paylater.

Anda bisa langsung menggunakan metode pembayaran ini untuk transaksi tanpa adanya syarat khusus seperti minimal gaji.

Kekurangan Paylater

Setiap layanan hasil dari perkembangan teknologi, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kenapa Anda membutuhkan tips menggunakan paylater dengan bijak?

Sebab, paylater memiliki kekurangan yang bisa merugikan banyak pengguna jika tidak Anda manfaatkan dengan bijak. Beberapa kekurangan paylater antara lain :

1. Membuat Kebiasaan Berhutang

Anda membutuhkan tips menggunakan paylater dengan bijak sebab layanan ini akan memberikan kebiasan berhutang. Sedangkan kebiasaan ini sangat buruk jika Anda lakukan secara berkelanjutan.

Bahkan, beberapa orang yang terjerat dalam pinjaman online seringkali mengaku karena layanan tersebut membuat ketagihan dalam berhutang. Selain itu, metode pembayaran ini kurang dianjurkan karena terdapat bunga dalam setiap transaksi yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, batasi penggunaan layanan paylater. Selain bisa mengontrol keinginan untuk berbelanja, Anda juga bisa menekan kebiasaan berhutang pada setiap transaksi yang dilakukan.

2. Risiko Keamanan Data

Meskipun paylater memberikan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan kredit di bank. Namun, pengguna layanan ini harus memasukkan data diri sesuai identitas KTP.

Dengan memasukkan data yang tertera di KTP, maka risiko keamanan data akan dicuri sangat mudah. Selain itu, layanan paylater juga mengharuskan pengguna untuk memasukkan nomor darurat.

Tujuannya agar memudahkan perusahaan dalam menghubungi pengguna untuk mengingatkan tagihan yang dimilikinya. Biasanya data diri yang diminta adalah orangtua atau teman dekat.

Sehingga, risiko keamanan data ini tidak hanya dialami oleh pengguna, tetapi juga mempertaruhkan data pribadi dari orang lain ketika terjadi peretasan. Oleh karena itu, ikuti tips menggunakan paylater secara bijak dengan menekan pemanfaatannya sedemikian rupa.

3. Kebiasaan Hidup Boros

Paylater memang menjadi salah satu layanan dengan klaim paling mudah dalam melakukan pembayaran pada tiap transaksi. Namun, dengan segala kemudahan yang diberikan, layanan ini justru membuat kebiasaan buruk seperti hidup boros.

Sebab, Anda akan menjadi ketagihan melakukan transaksi dengan metode tersebut. Jika berlangsung cukup lama, dikhawatirkan akan muncul kebiasaan hidup boros yang mana justru merugikan setiap individu itu sendiri.

Untuk mengatasi permasalahan ini. Maka, Anda sebagai pengguna wajib untuk mengontrol diri dengan baik. Jangan membiasakan hidup boros dengan bertransaksi menggunakan paylater yang mana dapat memberikan kerugian kepada diri sendiri.

Nah, itulah beberapa tips menggunakan paylater dengan bijak beserta kekurangan dan kelebihan pada sistem layanan tersebut. Pastikan Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik tanpa merugikan diri sendiri.

Leave a Comment