6 Tips Penggunaan Kartu Kredit

Tips Penggunaan Kartu Kredit

Tips Penggunaan Kartu Kredit – Penggunaan kartu kredit di Indonesia sudah sangat umum. Bahkan banyak orang yang lebih sering berbelanja menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan uang tunai atau kartu debet. Awalnya, memang sangat menyenangkan berbelanja dengan kartu kredit. Segala bentuk pembayaran berubah menjadi cicilan, ngapain bayar lunas. Mungkin itulah yang ada di benak anda saat menggunakan kartu kredit untuk pertama kali.

Tapi tahukah anda, kebiaasaan berbelanja dengan kartu kredit akan sangat memberatkan anda di kemudian hari? Banyak orang yang terlilit dengan utang sehingga harus menjual barang-barangnya untuk membayar tagihan kartu kredit yang semakin hari semakin membengkak. Yang paling buruk mungkin anda akan mengalami kebangkrutan atau malah berurusan dengan hukum.

Sebenarnya kartu kredit memiliki banyak manfaat hanya apabila anda menggunakannya dengan bijak. Berikut 6 Tips Penggunaan Kartu Kredit, diantaranya :

Buat Perencanaan Keuangan.

Penyebab utama yang menyebabkan tagihan kartu kredit membengkak adalah pemakaian kartu kredit tanpa disertai dengan perencanaan keuangan yang matang. Tips penggunaan kartu kredit pertama adalah buatlah perencanaan pemakaian dan pelunasan sebelum anda menggunkannya. Pertimbangkanlah pemasukan anda, apakah arus pemasukan kas cukup besar untuk membayar tagihan tersebut. Jika tidak, jangan digunakan dengan berlebihan. Dengan cara ini, anda akan lebih bijak dan berhati-hati dalam penggunaan kartu kredit.

Selesaikan Tagihan satu per satu.

Tagihan biasanya akan menumpuk dan semakin membesar oleh karena bunga kartu kredit terus bertambah. Selesaikanlah tagihan anda satu persatu. Entah anda akan memulai dengan nominal yang paling kecil atau yang paling besar dengan mempertimbangkan kas anda selama beberapa bulan kedepan.

Gunakan Fasilitas pembayaran cicilan tanpa bunga.

Biasanya bank memberikan fasilitas melunasi sisa tagihan tanpa dikenakan bunga dengan syarat anda tidak bisa menggunakan lagi kartu kredit tersebut. Tidak semua bank menyediakan fasilitas tersebut, tapi jika ada, pertimbangkanlah untuk menggunakannya. Apalagi kalau kebetulan anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, cara ini adalah cara terbaik untuk mengurangi jumlah kartu kredit dan menstabilkan kondisi keuangan anda.

Hilangkan ketergantungan dengan Kartu Kredit.

Kartu kredit adalah sesuatu yang bersifat tidak real. Maksudnya, berbeda dengan belanja dengan uang tunai atau kartu debet, dengan menggunakan kartu kredit anda berbelanja dengan uang yang belum anda miliki pada saat itu. Kalopun uang anda pada saat itu cukup namun tetap berbelanja dengan kartu kredit, anda membelanjakan uang anda lebih besar dari seharusnya karena bunga kartu kredit yang terus naik. Gunakan kartu ini pada saat anda butuh. Jika tidak, jangan gunakan. Itu bisa mengurangi ketergantungan sekaligus gaya hidup yang terlalu konsumtif.

Bijak dalam memilih Kartu Kredit

Tips penggunaan kartu kredit kelima yaitu pilihlah kartu kredit dengan biaya terendah termasuk tagihan dan bunganya. Hal ini akan mengurangi beban anda dalam melunasi tagihan setiap bulan

Bayar cicilan di atas biaya tagihan

Tips penggunaan kartu kredit terakhir yaitu untuk menghindari jumlah tagihan yang semakin tinggi, bayarlah tagihan di atas jumlah minimum. Biasanya bank mensyaratkan pembayaran kartu kredit dengan nilai minimum atau sebesar 10% dari total tagihan. Bayarlah sebesar 15%-20% jika memungkinkan. Selain itu perhatikanlah tanggal jatuh tempo setiap bulan agar anda tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran. Jangan lupa juga perhatikan batas maksimum penggunaan kartu kredit anda, jangan sampai pemakaian anda melebihi batas pemakaian.

Demikianlah tadi 6 Tips Penggunaan Kartu Kredit. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit anda, perhitungkan semuanya lebih matang.

 

Info Pinjaman Jaminan BPKB Surabaya Disini Tempatnya