VIAR New Q1, Ini Spesifikasi dan Harganya!

VIAR New Q1

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki sebuah motor listrik yang nyaman dipakai kemana – mana, berdesain compact namun dibanderol dengan harga bersahabat maka VIAR New Q1 dapat menjadi motor listrik andalan Anda.

Kalau dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik juga termasuk jenis motor yang minim perawatan. Dengan begitu pengeluaran harian Anda untuk membiayai motor tidak akan terlalu berat.

Seperti apa spesifikasi dan harga motor listrik VIAR New Q1? Di sini kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

VIAR New Q1 – Spesifikasi dan Harga

Merk : VIAR

Tipe : VIAR New Q1

Panjang : 1680 mm

Lebar : 690 mm

Tinggi : 1220 mm

Jumlah penumpang : 2

Performa : Baterai lithium Ion 60V 23 Ah

Sistem rem : hidrolik cakram

VIAR New Q1 merupakan motor listrik terbaru yang hadir dengan desain compact dan tersedia cukup banyak varian warna.

Untuk desainnya, motor memiliki panjang 1680 mm dengan lebar 690 mm dan tinggi 1220 meter yang cukup menyenangkan. Tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.

Kalau dibandingkan dengan motor berbahan bakar bensin memang tidak akan sebesar itu, namun kalau dibandingkan dengan sepeda tanpa bahan bakar masih sedikit lebih besar.

Jadi bisa dibilang desainnya menyerupai versi sepeda motor mini. Desain eksteriornya menggunakan bahan dasar baja yang membuatnya terkesan kokoh.

Untuk warna, motor VIAR ini dibekali dengan beberapa varian warna menarik yaitu prestige black, shinning red, sweet green, royal blue, snow white dan juga bright yellow. Mulai dari warna netral sampai warna cerah sudah tersedia sehingga Anda bisa memilih mana saja yang Anda suka.

Pada bagian depan, Anda akan temukan lampu yang sudah dilengkapi teknologi LED sehingga dapat memberi pencahayaan terang di malam harinya. Kemudian pada bagian setangnya, bisa Anda temukan tombol dengan simbol P yang terdapat di sebelah kanan setang motor ini.

Tombol tersebut bukan sekedar tombol tanpa fungsi. Fungsi dari tombol tersebut adalah sebagai pengaman motor. Dengan adanya tombol tersebut, motor tidak akan langsung melaju ketika dinyalakan. Jadi pengendara harus menekan tombol P tersebut terlebih dahulu sekitar tiga detik sampai nyala tulisan ‘ready’ dengan warna hijau di bagian speedometer paling atas.

Jika tulisan ‘ready’ tersebut muncul, barulah motor bisa dinyalakan dan membawa Anda pergi ke tempat tujuan yang Anda kehendaki. Selain tombol P, juga ada tombol lain dengan lambang kunci pas yang fungsinya adalah sebagai tuas gas darurat.

Jadi jika tuas motor mengalami kerusakan, pengguna bisa memencet tombol tersebut dan motor pun bisa kembali melaku. Kalau soal suara, mesin ini memiliki suara yang sangat halus. Saking halusnya suara yang dihasilkan, bahkan tidak akan ada orang yang tahu Anda lewat kalau mereka tidak menyaksikan Anda.

Ya, motor ini sangat jauh dari suara bising karena memang VIAR New Q1 tidak memiliki knalpot sebagaimana motor konvensional pada umumnya.

Sebagai tenaga untuk membantu melaju, motor dilengkapi dengan baterai perawatan lithium-ion 60 volt berkapasitas 23 Ah yang mampu menempuh jarak sampai 60 km. Jika jarak tempuh tersebut diras masih kurang jauh, Anda juga bisa menambah lagi baterainya.

Motor juga dibekali dengan dukungan dinamo 800 watt yang mampu menghasilkan kecepatan 60 km per jam dan memiliki daya angkut maksimal sampai 120 kg. Sebagai dukungan sistem keselamatan, motor dilengkapi dengan sistem pengereman hidrolis cakram pada bagian roda depan dan roda belakangnya.

Motor juga dibekali dengan dukungan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang swing arm dengan peredam kejut ganda. Motor juga turut dilengkapi remot anti maling yang dapat semakin meningkatkan keamanannya.

Lantas, berapa harga dari motor VIAR New Q1 ini?

Untuk harga, motor ini dibanderol sangat terjangkau. Motor dibanderol dengan harga 21 – 23 jutaan rupiah saja. Jadi Anda yang tertarik memiliki motor listrik terjangkau wajib banget menjadikan VIAR New Q1 sebagai motor andalan Anda.

Fitur Pendukung VIAR New Q1

Setelah membahas spesifikasi dan harga motor VIAR New Q1, kita juga akan menginformasikan tentang fitur pendukungnya. Motor listrik VIAR ini dilengkapi dengan dukup banyak fitur pendukung, meliputi :

  • USB charging port untuk mengisi daya smartphone atau gadget lain
  • Smart key
  • Remote empat tombol yang fungsinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan alarm, answer back system dan menyalakan motor.
  • Mode berkendara berupa standard sport. Dengan adanya mode ini, Anda yang ingin berkendara dengan mode sport bisa mengaktifkannya. Oh ya, mode ini bisa diaktifkan atau dimatikan ketika motor melaju atau pun berhenti.
  • Emergency Throttle Position yang berguna untuk mengunci tuas gas.
  • Fitur parkir yang bisa menahan motor selama lima detik.

Kelemahan VIAR New Q1

Meski memiliki banyak kelebihan terkait spesifikasi dan fiturnya, VIAR New Q1 juga masih memiliki beberapa kekurangan.

Ada beberapa kekurangan yang terlihat dari VIAR New Q1 dan akan sangat dirasakan oleh pemotor, yaitu :

Tidak segesit motor dengan bahan bakar bensin

Motor listrik VIAR New Q1 termasuk motor yang gesit. Namun kalau Anda bandingkan dengan motor berbahan bakar bensin utamanya yang berjenis motor sport atau motor adventure, tentu akan sangat terasa perbedaannya. Namun meski begitu, untuk dipakai sebagai motor harian cukup cocok dan lega.

Tidak cocok digunakan pada jalan berlubang dan menanjak

Meski nyaman dan anteng digunakan di jalan aspal dengan kondisi jalan perkotaan, motor listrik VIAR New Q1 ini masih kurang bersahabat jika dipakai di jalanan dengan kontur yang kurang bagus.

Misalkan digunakan pada jalanan berlubang atau di jalanan menanjak, VIAR New Q1 tidak akan bisa berjalan maksimal sebagaimana ketika Anda menggunakannya di jalan lurus dan beraspal. Akan terasa perbedaan VIAR New Q1 ketika dipakai di jalan lurus dan jalan berlubang.

Jadi sangat dianjurkan kalau VIAR New Q1 ini digunakan di jalanan yang konturnya baik dan rata. Tidak dianjurkan sebagai kendaraan untuk melintasi di jalanjalan yang sulit, curam dan berlubang karena suspensi dasar rangka dan fiturnya yang belum mumpuni.

Fatal jika lupa ngecharge

Menggunakan motor listrik artinya Anda tidak boleh sampai lupa mengisi full battery motor sebelum bepergian. Sama halnya dengan motor berbahan bakar BBM yang harus selalu dipenuhi BBM di tangkinya, motor listrik juga harus dipastikan bahan bakarnya selalu penuh sebelum bepergian.

Jika tidak, motor tidak akan bisa berfungsi maksimal dan tidak bisa dioperasikan karena bahan bakarnya tidak sesuai yang dibutuhkan. Bahkan kalau terlalu sering lupa ngecharge, battery motor dapat mengalami kerusakan.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait motor listrik VIAR New Q1. Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya? Semoga apa yang kami sampaikan tentang spesifikasi dan harga motor VIAR New Q1 di atas menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya bagi Anda yang tertarik untuk memiliki sebuah motor listrik.

Baca Juga : 12 Sepeda Motor Listrik di Indonesia, Irit dan Harga Terjangkau!

Baca Juga : Review Motor Kawasaki Ninja ZX-25R, Motor Sport Kelas 250 cc

× Halo Min.. Minta Informasi