Cara Bergabung Franchise Indomaret dan Persyaratannya

Bergabung Franchise Indomaret

Kalau bicara tentang Indomaret, rasanya sangat mudah menemukan supermarket tersebut. Hampir di setiap kota ada dengan jumlah yang tidak sedikit. Lantas, cara bergabung franchise Indomaret seperti apa?

Bagi Anda yang ingin bergabung bisnis waralaba yang sudah besar dan punya nama, bergabung franchise Indomaret memang sangat dianjurkan. Adapun syarat dan cara bergabungnya seperti apa bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Syarat Bergabung Franchise Indomaret

Sebelum membahas mengenai cara bergabung dengan franchise Indomaret maka Anda harus megetahui terlebih dahulu mengenai syaratsyarat yang diperlukan untuk bisa bergabung. Apa saja syarat yang harus dipersiapkan untuk menjadi mitra Indomaret?

Berikut syarat bergabung franchise Indomaret yang harus disiapkan :

  • Calon mitra merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Telah menyediakan lokasi untuk tempat usaha yang terdapat di area komersial dengan luas sekitar 120 hingga 200 m2.
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket seperti IMB/PBG, NPWP, PKP, Izin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan beberapa surat perizinan lainnya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Memiliki dana investasi untuk franchise indomaret.
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan bisa fokus pada sistem franchise Indomaret.

Hal yang juga penting diketahui calon mitra tentunya adalah harga. Berapa sih biaya untuk bergabung kemitraan Indomaret?

Untuk dapat bergabung maka Anda harus menyiapkan dana dengan kisaran total Rp 394 juta. Namun Anda juga perlu tahu bahwa nominal tersebut belum termasuk biaya sewa atau biaya bangunan gerai Indomaret.

Total biaya yang dibayarkan, dirinci dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Biaya franchise dalam jangka waktu 5 tahun : Rp 36 juta.
  • Persiapan dan promosi yang digunakan untuk pembukaan toko : Rp 9,5 juta.
  • Tambahan daya listrik dan renovasi : Rp 170,5 juta (biaya satu ini menyesuaikan dengan bentuk bangunan).
  • Peralatan elektronik dan non elektronik: Rp 178 juta (biaya peralatan menyesuaikan dengan toko franchise).

 

Baca Juga : Transfer Uang Via Alfamart

 

Cara Bergabung Franchise Indomaret

Setelah mengetahui syarat dan harga franchise Indomaret, maka selanjutnya kita akan membahas tentang cara bergabung franchise Indomaret. Tata cara bergabung franchise Indomaret sebagai berikut :

Melakukan presentasi pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa bergabung adalah dengan melakukan presentasi. Agar presentasi berjalan lebih lancar dan dapat segera ditindaklanjuti maka usahakan Anda sudah memiliki calon lokasi tempat usaha atau tempat dimana franchise akan dijalankan.

Jangan lupa untuk juga membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KK, KTP, dan SIUP, TDP, PKP, NPWP jika ada dan denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini Anda akan diminta untuk menjelaskan secara rinci mengenai mekanisme kerja sama, keuntungan perbulan berdasarkan besaran investasi, dan sistem operasional toko yang nantinya harus dioperasikan.

Melakukan presentasi kedua

Pada presentasi kedua, Anda akan diminta untuk menguraikan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengacu pada besarnya nilai investasi yang diberikan.

Pada umumnya ketika melakukan presentasi kedua ini akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang berisikan pembagian tugas antara pihak terwaralaba dengan Indomaret.

Ketika presentasi kedua dilakukan, sebagai calon mitra Anda juga harus sudah menyiapkan pembukaan toko, pembelian peralatan toko, renovasi bangunan, penyeleksian karyawan, training karyawan hingga termin pembayaran.

Pembukaan toko

Ketika Anda sudah melakukan penandatanganan MoU maka Anda sudah bisa membuka toko. Biasanya pembukaan toko ini disertai dengan program promosi yang ditetapkan oleh pihak manajemen Indomaret pusat. Melakukan program promosi penjualan.

Nah, itulah informasi seputar cara bergabung franchise Indomaret beserta dengan syaratnya. Semoga menambah pengetahuan khususnya bagi Anda yang tertarik untuk menjadi bagian dari Indomaret.