5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui

Bisnis Franchise

Banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis franchise karena merasa bisnis ini punya banyak kelebihan. Terlebih bagi pemula yang merasa ingin memulai usaha namun belum memiliki arah yang jelas, maka menjalankan bisnis dengan sistem franchise menjadi pilihan yang paling tepat.

Namun dibalik semua keuntungan dari bisnis yang dijalankan dengan sistem franchise, ada kekurangan juga dibaliknya. Apa saja kekurangan dari bisnis franchise? Di sini kita akan berbagi informasinya untuk Anda!

 

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui

Setiap bisnis selalu memiliki kekurangan dan kelebihan, adapun kelebihan dari bisnis franchise adalah sebagai berikut :

Brand telah dikenal masyarakat

Franchise umumnya merupakan brand yang telah dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian Anda yang bergabung franchise tak perlu khawatir soal manajemen pemasaran karena bisnis tersebut memiliki banyak konsumen sehingga membuat para franchisee tidak perlu memikirkan strategi pemasaran dan bisa lebih mudah dalam melakukan analisis pesaing.

 

Manajemen bisnis telah terbangun

Kelebihan dari bisnis Franchise lainnya adalah adanya sistem dengan manajemen bisnis yang matang. Pada umumnya para pewaralaba akan memberi kesempatan untuk membuka waralaba karena bisnis yang dijalani telah matang.

Dengan memiliki pasar yang tidak berubah ubah akan membuat reputasi yang baik sehingga manajemen dan strategi bisnis yang akan dijalankan bisa berkelanjutan.

 

Peluang sukses lebih cepat

Bisnis dengan menggunakan sistem franchise akan memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena adanya liputan media yang baik serta telah memiliki pasar dan konsumen yang loyal.

Pada umumnya biaya modal yang dikeluarkan jauh lebih terukur. Hal ini dikarenakan pasokan sumber daya dan strategi pemasaran yang ada telah matang dan telah disiapkan oleh pemilik franchise.

 

Kerjasama telah terbangun sejak awal

Karena sistemnya kemitraan, maka hubungan kerjasama sudah terbangun sejak awal antara franchisee dan franchisor. Dengan begitu pemula akan sangat cocok menjalankan sistem bisnis ini karena beragam bentuk kerjasama telah terbangun.

Adapun bentuk kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama dengan para pemasok bahan baku, pihak periklanan, pihak pemasaran dan lain sebagainya. Franchisor juga akan memberi dukungan berupa pelatihan manajemen secara financial, pemasaran hingga pasokan sumber daya.

 

Manajemen finansial lebih mudah

Pada umumnya setiap investor akan memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial serta jaringan marketing. Dengan menggunakan bisnis tersebut tentu saja sistem manajemen finansial akan ditetapkan oleh pemilik waralaba utama. Sehingga tentu saja Anda tidak harus memikirkan manajemen financial sebagaimana membangun bisnis baru karena semuanya sudah tertata dan terbentuk secara optimal.

Setelah mengetahui kelebihan dari bisnis Franchise ini, Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangan dalam menjalankan bisnis yang sudah terbangun dengan mekanisme jaringan franchise.

Beberapa kekurangan dari bisnis franchise sebagai berikut :

Kurangnya kendali dari pembeli franchise

Biasanya orang yang memilih franchise tidak bisa mengendalikan bisnisnya. Hal tersebut karena semua sistem telah ditentukan oleh pemilik waralaba. Dengan demikian penjualnya memiliki keterbatasan ide dan ruang untuk berkreatifitas.

Selain itu biasanya ada suatu perjanjian khusus yang membuat pebisnis memiliki keterbatasan dalam berinovasi sehingga perkembangan bisnis akan sangat tergantung dengan manajemen franchisor yang sudah berjalan sebelumnya.

 

Terjebak dalam tren pasar

Kekurangan lain dari bisnis satu ini adalah terjebaknya dalam tren pasar. Meski bisnis satu ini memiliki pasar yang matang, namun para pembeli akan terjebak dalam tren pasar tersebut.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perilaku konsumen yang terus berubah terhadap tren yang mampu memengaruhi kondisi bisnis waralaba. Jadi inovasi sangat penting dan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis franchise baik dari segi kekurangan dan kelebihan. Semoga ulasan diatas bisa menyumbang informasi dan menambah wawasan Anda.

Baca Juga : Attribution Strategy Marketing Tentukan Prioritas

Baca Juga : Brand Positioning Taktik Tepat Buat Brand Lebih Unggul

Baca Juga : Customer Retention Marketing Ubah Pembeli Jadi Pelanggan