Cara Memulai Bisnis Untuk Pelajar dan Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan

Pepatah mengatakan ada kemauan ada jalan. Begitu pula dengan pelajar yang ingin memulai bisnis. Mempelajari dulu bagaimana cara memulai bisnis untuk pelajar sebelum benar – benar terjun ke dunia bisnis juga menjadi suatu keputusan yang sangat tepat.

Dengan belajar terlebih dahulu, pelajar bisa tahu resiko bisnis, market bisnis bahkan sampai segmentasi produk sebelum memulainya.

Meski nyatanya berbisnis bisa dipelajari sambil berjalan, namun memiliki bekal sebelum memulainya juga sangat penting guna meminimalisir terjadinya kerugian di tengah jalan. Berikut tips dan cara memulai bisnis untuk pelajar yang perlu dipahami!

 

Cara Memulai Bisnis Untuk Pelajar

Temukan ide

Cara pertama yang bisa dilakukan pelajar untuk cara memulai bisnis untuk pelajar jika merasa dirinya minim pengalaman adalah menemukan ide bisnis terlebih dahulu. Anda bisa membicarakan ide tersebut Anda kepada teman, orang tua, guru atau tetangga terdekat terlebih dahulu.

Ketika Anda menyampaikan ide tersebut maka Anda bisa mengumpulkan pendapat yang diberikan agar nantinya bisa dijadikan bahan acuan bisnis.

Temukan mentor

Mentor dalam bisnis merupakan hal yang penting. Dengan adanya mentor Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam berbisnis seperti pengetahuan, pelajaran dan kiat – kiat mentor tersebut menjadi sukses.

Selain memberikan pengetahuan bisnis kepada Anda, seorang mentor juga bisa membantu dan membimbing Anda dengan demikian Anda bisa menjalani bisnis bertahap hingga sukses.

Cari pengalaman jika perlu

Cara memulai bisnis untuk pelajar yang selanjutnya adalah dengan mencari pengalaman. Misalkan kalau Anda adalah pelajar yang duduk di bangku SMK, manfaatkan peluang magang yang diberikan untuk mendapatkan pengalaman ketika waktu magang tiba.

Sepulangnya dari magang, Anda bisa manfaatkan untuk memulai menjalankan bisnis kecil – kecilan yang dirintis. Selain itu, pengalaman dalam berinteraksi merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis agar produk yang Anda tawarkan bisa dipercayai oleh para pelanggan, jadi pelajari juga hal ini.

Pantang menyerah

Kegagalan dalam berbisnis pasti ada. Namun jika Anda menemui kegagalan pastikan dijadikan sebagai acuan atau motivasi dan belajarlah juga dari kegagalan tersebut untuk membangun bisnis yang lebih baik lagi.

Ketika Anda belajar dari kegagalan tersebut maka Anda bisa terus berinovasi hingga bisnis Anda berkembang. Jangan patah semangat.

Perlu Anda tahu juga bahwa bisnis yang sukses tidak hanya dijalankan dalam 1 tahun atau 2 tahun saja, namun perlu puluhan tahun untuk menjalankannya agar kesuksesan itu nyata karena kesuksesan merupakan suatu aspek yang tak bisa didapatkan secara instan.

Keluar dari zona nyaman

Hal yang perlu Anda lakukan dalam berbisnis adalah keluar dari zona nyaman. Tidak ada para pebisnis handal yang tetap berada dalam zona nyaman atau tidak mencoba hal – hal baru.

Dengan keluar dari zona nyaman maka Anda akan terpacu untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Cari dan kejar peluang bisnis

Hal terpenting dalam memulai bisnis adalah mencari tahu tentang masalah yang terjadi kemudian memberikan solusi sehingga bisa menjadi peluang untuk Anda berbisnis.

Anda bisa mencoba untuk mencari permasalahan yang sedang terjadi di komunitas atau di tempat tinggal Anda. Dengan demikian Anda mulai bisa melatik pikiran untuk selalu kreatif dan inovatif adalah cara memulai bisnis untuk pelajar.

Lantas ide bisnis apa sajakah yang layak dijalankan untuk pelajar?

 

Ide Bisnis yang Layak Untuk Dijalankan Pelajar

Ada banyak ide bisnis untuk pelajar yang layak dijalankan dan menguntungkan untuk pelajar, di antaranya :

Dropship

Ide bisnis untuk pelajar pertama menjadi seorang dropship. Kalau pelajar merasa mengurus masalah packing dan produk sendiri terlalu menyulitkan dan tak punya banyak waktu, maka menjadi seorang dropshipper sangat dianjurkan.

Anda tidak perlu mengurus soal produk, packing sampai mengirimnya kepada pembeli. Dengan menjadi dropshipper, Anda hanya perlu mengurus keperluan marketing usaha saja.

Menjadi YouTuber

Punya kamera dan keberanian untuk tampil di depan umum? Anda bisa mulai menjadi seorang YouTuber.

Jika merasa tidak memiliki keberanian tampil sendiri di depan umum sementara Anda bisa mengedit video dan menyiapkan konsep, maka Anda bisa mengajak teman menjadi talent di YouTube dan nanti membagi hasilnya.

Banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang YouTuber mulai dari adsense, endorse produk, sampai dengan collabs dengan suatu brand jika memang YouTube sudah terkenal.

Menjual jasa

Kalau bicara soal jasa yang bisa dijual, ada banyak ide jasa yang bisa dijual atau ditawarkan pelajar mulai dari jasa desain grafis, jasa penerjemah bahasa jika memang Anda merupakan seorang pelajar yang pandai berbahasa asing, sampai dengan jasa menulis suatu konten.

Semua jasa – jasa tersebut bisa jadi ide menambah penghasilan dan mencari pengalaman yang bisa dijalankan pelajar. Setelah lulus nanti, Anda akan lebih expert di bidangnya dan bahkan usaha yang dijalankan bisa berkembang semakin pesat.

Menjadi affiliator marketplace

Sekarang ini tawaran menjadi affiliator dengan menjalankan bisnis afiliasi sangat banyak untuk pelajar. Anda hanya perlu mengajak teman atau followers sosial media untuk berbelanja melalui link afiliasi yang Anda sertakan.

Dari sana, kalau ada orang yang klik dan beli melalui link afiliasi yang Anda sertakan tersebut maka Anda akan mendapatkan pundi – pundi penghasilan.

Menjual barang preloved atau thrift

Kalau merasa banyak barang di almari yang tidak terpakai, Anda bisa menjualnya. Usaha menjual barang preloved atau produk thrift (barang bekas) sedang ramai. Bahkan banyak orang membelinya karena dirasa dibanderol lebih murah.

Anda bisa pilah mana barang yang bisa dijual. Tak perlu barang branded kok, barang yang masih bagus dipakai dan dijual kembali bisa dibanderol mulai Rp 15.000,00 atau Rp 20.000,00 rupiah.

Demikianlah ulasan mengenai cara memulai bisnis untuk pelajar beserta rekomendasi ide bisnis yang bisa dijalankan. Jika tertarik untuk memulainya sekarang, selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Info gadai bpkb terpercaya hanya di pembiayaanbpkb.com