Mari Ketahui Cara Merawat Aki Mobil yang Jarang Dipakai

Merawat Aki Mobil

Memiliki kendaraan pribadi bagi banyak orang merupakan sebuah berkah tersendiri. Pasalnya dengan memiliki kendaraan pribadi Anda dapat berpergian dengan bebas ke mana saja kapan saja Anda ingin. Namun, memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, tentu saja membuat Anda harus merogoh kocek lebih untuk perawatannya, apalagi bila kendaraan tersebut jarang dipakai. Anda harus mengetahui cara dan tips merawat aki mobil yang jarang dipakai.

Telah diketahui oleh banyak orang, bahwasannya aki merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan bermotor. Ini tentu saja karena aki memiliki banyak sekali peran dan fungsi penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pemilik kendaraan bermotor harus mengetahui cara dan tips untuk merawat aki tersebut agar kendaraan mereka lebih tahan.

Bila Anda termasuk tipe orang yang jarang berpergian dengan kendaraan umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi, Anda harus menyadari bahwa kondisi ini akan membuat aki kendaraan Anda semakin cepat haus. Hal ini tentu juga terjadi bagi para pemilik mobil yang mobilnya jarang digunakan.

Untuk memperpanjang umur aki pada kendaraan yang jarang dipakai, Anda harus mengetahui apa saja cara dan tips merawat aki mobil yang jarang dipakai guna memperpanjang umur aki mobil Anda yang jarang Anda gunakan.

Oleh karena itu, kali ini akan dibahas apa saja cara dan tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan sebuah perawatan pada aki mobil Anda yang jarang Anda gunakan, agar aki Anda tetap awet dan dapat tahan lebih lama lagi.

 

Cara dan Tips Merawat Aki Mobil yang Jarang Dipakai

Memiliki sebuah mobil tentu merupakan salah satu keinginan banyak orang. Hal ini tentu saja karena bila Anda memiliki mobil pribadi, Anda akan dapat berpergian dengan lebih banyak orang. Selain itu, dengan memiliki mobil pribadi, tak akan ada seorang pun yang dapat membuat Anda membatalkan rencana berpergian Anda, sehingga Anda akan dapat berpergian kapan saja dan ke mana saja.

Selain itu, memiliki sebuah mobil akan membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan karena Anda tak akan terlalu terganggu dengan kondisi cuaca yang terlalu panas maupun cuaca hujan yang sedang terjadi. Ini karena saat di dalam sebuah mobil, Anda tak akan merasa kepanasan maupun kehujanan.

Namun, saat Anda memutuskan untuk memiliki sebuah mobil, Anda juga harus sadar dengan banyaknya biaya dan perawatan yang akan Anda lakukan untuk mobil pribadi Anda tersebut. Ada banyak sekali perawatan yang harus Anda lakukan dan persiapkan untuk mobil Anda, mulai dari memandikannya bila kotor, mengganti oli mobil, membawanya ke bengkel bila sudah mengalami kerusakan, membayar pajak mobil, hingga mengganti aki mobil tersebut.

Mengganti aki mobil merupakan salah satu jenis perawatan mobil yang tak boleh Anda lewatkan sama sekali. Ini karena aki mobil memiliki pengaruh yang besar pada mobil Anda sehingga perawatannya tak dapat diabaikan begitu saja.

Namun, meskipun begitu, sayangnya masih banyak orang yang tak terlalu peduli dengan kondisi aki mobil mereka. Padahal aki mobil sendiri memegang peranan penting bagi sebuah mobil. Fungsi utama dari aki mobil sendiri sebenarnya adalah sebagai sumber energi bagi mobil tersebut, sehingga bila aki mobil Anda habis, haus, atau soak, Anda tak akan dapat menggunakan mobil Anda sampai Anda mengganti aki tersebut.

Selain sebagai sumber energi, aki juga berfungsi sebagai penyuplai listrik yang mengalir ke mobil Anda. Oleh karena itu, bila aki mobil Anda habis, haus, atau soak, Anda akan mengalami kesulitan saat menghidupkan mesin mobil, akibat mesin kehilangan dayanya.

Aki pada mobil juga berguna untuk mengalirkan api ke pembakaran mobil. Pada mobil, aki dalam pembakaran tentu merupakan komponen yang sangat penting. Pasalnya, komponen ini lah yang nantinya akan merubah bahan bakar yang Anda isikan ke dalam mobil menjadi sebuah tenaga yang dapat mendorong dan membuat sebuah mobil bergerak maju.

Aki mobil juga berguna pada mobil sebagai penyuplai listrik utama ke berbagai alat dan komponen mobil lainnya, seperti lampu dan AC yang ada pada mobil Anda.

Dengan banyaknya fungsi aki ini, maka akan sangat penting bagi Anda untuk tak melewatkan dan selalu melakukan perawatan pada aki mesin mobil Anda, apalagi bila mobil Anda termasuk jenis mobil yang jarang Anda gunakan karena berbagai alasan. Ini karena mobil yang jarang dipakai akan membuat aki obil tersebut cepat habis, haus, atau soak.

Untuk itu, bila Anda termasuk orang yang jarang menggunakan mobil pribadi Anda, berikut ini ditampilkan beberapa tips dan langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil yang jarang dipakai.

 

Jangan Lupa Memanaskan Mesin Mobil Setiap Hari

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil yang jarang dipakai adalah dengan rajin memanaskan mobil Anda setiap harinya. Hal ini dilakukan agar aki tetap dapat bekerja mengalirkan arus tegangan sehingga memberikan aki pasokan daya dan mencegah kemungkinan aki habis, haus, atau soak akibat mobil jarang digunakan.

 

Bawalah Mobil Berpergian Sesekali

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil Anda yang jarang Anda gunakan adalah dengan membawa mobil tersebut sesekali. Hal ini sangat penting dilakukan karena kegiatan memanaskan mobil tak selalu efektif untuk menjaga kondisi aki mobil yang jarang digunakan.

Oleh karena hal ini lah, Anda sesekali harus membawa mobil tersebut berpergian agar daya pada aki benarbenar terisi sehingga aki mobil Anda tak akan cepat habis, haus, atau soak dan akan tahan lebih lama lagi.

 

Perhatikan Kondisi Kabel Terminal Aki

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil yang jarang Anda gunakan adalah dengan memperhatikan kondisi sambungan pada kabel terminal aki tersebut, hal ini penting dilakukan untuk mengecek apakah ada sambungan yang kendor pada kabel terminal aki. Kabel terminal aki yang kendor dapat memperpendek umur aki.

Selain itu, bila kabel sambungan pada aki mobil Anda kendor, saat digunakan, daya mobil Anda tak akan stabil sehingga sewaktuwaktu dapat mati tanpa sebab yang jelas. Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda.

 

Lakukan Pengecekan Korosifitas dengan Rutin

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil yang jarang digunakan adalah rutin melakukan pengecekan korosifitas. Dengan memperhatikan korisifitas, Anda dapat mengetahui apakah aki Anda bermasalah atau tidak. Ini karena korosifitas pada aki dapat membuat daya aki tak stabil sehingga mempengaruhi daya mobil tersebut.

 

Rutin Melakukan Pengecekan Ketinggian Air Aki

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil adalah mengecek ketinggian air aki secara rutin. Pastikan ketinggian aki selalu berada di batas yang tepat agar aki dapat bekerja secara maksimal

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat aki mobil yang jarang digunakan. Pastikan Anda melakukannya agar aki mobil Anda tetap bagus meski jarang digunakan.