Perbedaan BPKB Asli dan Palsu ─ Mengingat saat ini zaman serba cangih akibat kemajuan teknologi, sehingga memudahkan memudahkan dalam segala hal. Baik itu positif maupun negatif. Misalnya seperti saat ini yang tengah marak beredarnya BPKB palsu. Kalian harus pandai-pandai untuk membedakannya agar tidak mudah tertipu.

perbedaan bpkb asli dan palsu

Terkhusus untuk yang membeli kendaraan bekas harus lebih teliti dan waspada. Kalian wajib memeriksa kelengkapan surat-surat yang dikeluarkan oleh kepolisian. Seperti Buku Pemilik Kendaran Bermotor atau BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Seandainya kalian membeli kendaraan tetapi tidak dilengkapi surat-surat berupa BPKB dan STNK, maka sama saja bohong.

Apalagi sekarang ini banyak sekali pelaku kejahatan demi meraup banyak keuntungan. Untuk itu tidak ada salahnya kita perlu waspada guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat kerugian besar yang akan dialami jika menerima BPKB palsu.

Jadi untuk menghindari hal tersebut kalian perlu teliti agar tidak mengalami kerugian besar akibat sindikat pemalsu surat. Untuk itu pada artikel ini akan sedikit merangkum perbedaan BPKB asli dan palsu sehingga dapat untuk acuan. Sebagai berikut:

Dari Segi Cover
Kalian dapat memeriksa BPKB dari segi cover. Sebab BPKB asli pada bagian cover lebih mengkilap. Untuk itu sebelum melakukan transaksi ada baiknya meneliti terlebih dulu. Perhatikan baik-baik agar tidak tertipu. Sebab di zaman serba cangih ini banyak sekali pelaku kecurangan demi meraup keuntungan.

Perbedaan BPKB Asli dan Palsu

Dari Segi Hologram
Untuk mengenali perbedaan BPKB asli dan palsu berikutnya ialah hologram dari BPKB asli warnanya tidak mudah pudar. Tetap terlihat berwarna silver ketika disorot dengan sinar lampu. Sementara BPKB palsu memancarkan warna kuning.

Selain itu, pada nomor di bawah bagian hologram yaitu untuk mengategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Akan tetapi nomor tersebut tidak dapat dideteksi seluruhnya karena bersifat rahasia milik Korlantas.

Pada Bagian Identitas Pemilik
Untuk hal berikutnya yaitu dilihat dari identitas pemilik. BPKB palsu sering kali ditemukan dalam kondisi seperti dicetak ulang setelah identitas pemiliki sebelumnya dihapus. Memanglah untuk mengenali BPKB asli dan palsu perlu teliti.

Ada baiknya mengajak orang yang sudah paham ketika membeli kendaraan bekas untuk memeriksa apakah BPKB tersebut asli atau palsu. Sebab melakukan pemeriksaan sebelum melakukan transaksi sangat penting. Dan tidak bisa mengampangkan hal tersebut jika tidak ingin tertipu.

Bagian Logo Korlantas
Nah, untuk mengetahui perbedaan BPKB asli dan palsu selanjutnya dengan memeriksa pada halaman 14 yang ada logo Korlantas. Di sana akan muncul hanya jika disinari dengan ultraviolet. Namun, selain itu kertasnya juga memiliki tekstur kasar mengikuti pola yang ada di logo.

Oleh karenanya, kalian perlu waspada sebelum membeli kendaraan bekas. Jangan tergiur dengan harga murah. Sebab harga terkadang bisa menipu. Istilah kata sedia payung sebelum hujan. Lebih baik teliti dengan baik-baik daripada tertipu bukan?. Bila perlu beli di tempat yang memang sudah terpercaya dan dijamin kelegalannya. Jangan asal setuju dengan kendaraan yang ditawarkan oleh orang asing. Jangankan orang asing, orang terdekat pun terkadang tega untuk mendapat keuntungan.

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan BPKB asli dan palsu yang dapat dijadikan acuan agar tidak tertipu oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Sehingga tidak ada salahnya mengikuti petunjuk di atas ketika hendak melakukan transaksi beli kendaraan bekas. Untuk berjaga-jaga agar terhindar dari tindak penipuan yang merugikan.

Perbedaan BPKB Asli dan Palsu