Cara Memilih Ban Mobil SUV Agar Tidak Salah Pilih

Demi kenyamanan dan menunjang keselamatan berkendara, semua komponen mobil harus diperhatikan termasuk ban. Jika ban sudah mulai aus, pastikan untuk menggantinya dengan ban yang tepat. Bagi pengguna mobil SUV, cara memilih ban mobil SUV juga perlu diperhatikan.

Mobil Suv

Anda perlu tahu bahwa setiap kendaraan memiliki model, jenis, dan kebutuhan ban yang berbeda sehingga memilih secara tepat adalah keharusan. Berikut kami ulas bagaimana cara memilih ban mobil SUV yang tepat untuk Anda, cek infonya ya!

 

Cara Memilih Ban Mobil SUV yang Tepat

Pahami beda ban H/T, M/T, dan A/T

Hal pertama yang perlu dipahami dalam kaitannya dengan cara memilih ban mobil SUV yang tepat adalah memahami tipe ban karena setiap tipe ban memiliki fungsi atau kegunaan yang berbedabeda.

Ban Mobil Suv

Ada beberapa tipe ban mobil SUV yang perlu dipahami yakni :

  1. Tipe ban H/T

Ban H/T untuk mobil memiliki ciri khas motif tapak ban yang alur celahnya dibuat rapat sehingga dapat memberikan daya cengkeram yang maksimal pada area permukaan jalan beraspal. Desain tersebut juga membuat suara yang dihasilkan lebih senyap kalau dibandingkan dengan tipe ban SUV yang lain.

Bagi pengendara yang seringkali berkendara di daerah perkotaan dan dengan mayoritas permukaan jalan dibuat rata atau terbuat dari bahan aspal, maka tipe ban H/T ini akan sangat cocok dipilih untuk mobil SUV Anda.

        2. Tipe ban M/T

Ciri khas desain tapak ban dari ban M/T adalah besar dan bercelah lebar. Celah pada tapak bannya terdiri atas bentuk kotak dan garis. Tipe ban yang satu ini dapat memberikan performa maksimal ketika melaju pada permukaan tanah berlumpur. Karena itu ban ini sering disebut sebagai ban pacul.

Hanya saja kalau dipakai di jalan beraspal, suara yang dihasilkan cenderung bising. Selain itu daya cengkeramnya juga kurang baik di jalan beraspal.

        3. Tipe ban A/T

Jika Anda membutuhkan ban mobil untuk mobilitas sehari hari dan memiliki kemampuan untuk melenggang di berbagai kondisi jalan baik aspal atau tanah, maka tipe ban A/T dapat menjadi pilihan.

Tipe ban mobil ini didesain untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam melintasi di berbagai area jalan baik beraspal atau pun yang konturnya tanah. Ban A/T ini memiliki tapak dan alur yang cenderung dalam dan memiliki kemampuan pengereman yang bagus.

Jadi mana tipe ban yang sesuai untuk Anda?

Baca Juga : Alamat Samsat Kawaluyaan Bandung Tengah

Type Ban Mobil SUV Yang Sesuai

  • Sesuaikan pemilihan ban dengan kondisi jalan

Sejatinya tidak ada ban yang benarbenar sesuai karena sesuai atau tidaknya tipe ban tergantung kebutuhan kita. Kita akan menggunakan mobil untuk aktivitas apa saja dan melintasi kondisi jalan yang seperti apa saja. Itulah pertimbangan penting dalam memilih ban agar nyaman digunakan dan tidak sampai salah pilih.

Jadi misalkan Anda setiap harinya menghabiskan waktu pada jalan aspal, maka pilih ban H/T yang cocok untuk jalan beraspal. Jika Anda akan menggunakan mobil untuk dihabiskan waktu mengemudinya pada jalan berlumpur, maka ban M/T dapat menjadi pilihan.

Sementara jika Anda ingin mobil bisa digunakan di berbagai kontur jalan baik beraspal atau licin, tanah dan sebagainya maka tipe A/T dapat Anda pilih. Pahami kebutuhan Anda sebelum beli ban untuk mobil atau ganti ban dan pilih sesuai kebutuhan penggunaan Anda sendiri.

  • Pilih ply rating

Ply rating merupakan lapisan kawat yang ada pada setiap jenis ban. Ply rating dapat menentukan kemampuan dan kecocokan ban yang akan digunakan mobil, serta menentukan kemampuan ban dalam menahan bobot kendaraan serta barang yang dibawa.

Jadi pahami juga ply rating ban sebagai cara memilih ban mobil SUV atau sedan sekalipun agar Anda bisa mendapatkan ban sesuai daya tampungnya. Informasi tentang ply rating sendiri bisa Anda dapatkan pada indeks ban.

Apa itu indeks ban? Indeks ban merupakan numeric code (kode numerik) yang akan menunjukkan kapasitas maksimal pembebanan pada kecepatan tertentu dan sesuai atau tidak dengan spesifikasi ban pada setiap produsen.

  • Tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban SUV berbeda dengan tekanan angin pada mobil sedan. Untuk mobil berjenis SUV, tekanan angin yang dapat diisi pada ban ada di angka 31 atau 31 psi untuk jalan beraspal meski hal ini masih simpang siur karena juga ada yang meyakini bahwa tekanan angin ban yang pas untuk SUV adalah di atas 35 psi.

Sementara jika melintas di jalanan berlumpur, tekanan ban perlu diturunkan menjadi 15 – 20 psi saja supaya mobil memiliki traksi yang baik pada kontur jalanan tanah atau berlumpur tersebut. Jadi sebenarnya inti dari pengisian tekanan angin ban adalah disesuaikan dengan faktor kenyamanan Anda.

Itulah beberapa tips cara memilih ban mobil SUV yang tepat supaya berkendara menjadi lebih nyaman, aman dan tidak salah pilih ban. Semoga informasi di atas menambah pengetahuan dan memberikan manfaat positif ya.

Baca Juga : Gedung BPKB Ditlantas Polda Bali dan Layanan One Day Servicenya