Cara Pinjam Uang di Leasing dan Syaratnya

Ada banyak lembaga leasing yang meminjamkan uang dengan pembayaran cicilan berbunga di Indonesia. Meminjam uang di leasing memang ada plus minusnya. Namun meski begitu, masih banyak orang tertarik meminjam uang di leasing terlebih kalau benarbenar sedang membutuhkan dana cepat. Cara pinjam uang di leasing bagaimana?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi untuk Anda tips dan cara pinjam uang di leasing, syarat pinjam dan berbagai informasi terkait lainnya. Simak informasi lengkap berikut untuk memperkaya informasi Anda!

Cara Pinjam Uang di Leasing dan Syaratnya

2 Cara Pinjam Uang di Leasing dan Syaratnya

Cara pinjam uang di Leasing bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor leasing terkait atau secara online. Ya, beberapa leasing ada yang memberikan pilihan pengajuan dana pinjaman secara online di era digital sekarang ini.

Mereka bahkan memiliki aplikasi khusus yang dapat didownload di AppStore atau pun PlayStore untuk memberikan kemudahan dalam meminjam sejumlah dana secara mudah dan tanpa perlu ribet. Tinggal cari tahu saja apakah leasing pilihan Anda menyediakan fitur peminjaman online tersebut atau tidak.

Jika tidak, maka cara pinjam uang di leasing yang bisa dilakukan adalah secara langsung mendatangi kantor leasing terkait. Berikut cara pinjam uang di leasing secara offline dengan datang langsung ke kantor leasingnya :

  • Datangi kantor leasing terkait di jam kerja dan hari kerja
  • Informasikan kepada petugas tentang keperluan Anda untuk meminjam uang
  • Anda biasanya akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian
  • Ambil nomor antrian kemudian tunggu sampai petugas memanggil Anda sesuai nomor antrian
  • Dengarkan informasi yang diberikan petugas dan siapkan dokumen perlengkapan pengajuan pinjam dana jika setuju dengan ketentuannya
  • Pengajuan pinjam dana akan segera diproses dan tunggu pencairan

Adapun terkait persyaratan untuk peminjaman sejumlah dana di leasing yang biasanya harus dipenuhi di antaranya :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan kepemilikan KTP
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika mengajukan pinjaman
  • Memiliki pekerjaan
  • Untuk karyawan swasta, minimal bekerja selama 1 tahun atau minimal kontrak 2 tahun
  • Untuk PNS melampirkan surat keputusan kepegawaian
  • Untuk wiraswasta minimal usahanya berjalan selama 1 tahun
  • Memenuhi persyaratan tambahan yang biasanya berbeda antara satu leasing dengan leasing lainnya

Itulah cara pinjam uang di leasing dan syaratnya yang wajib dipenuhi. Pinjam uang di leasing tentu saja ada kelebihan dan kelemahannya atau ada plus minusnya. Apa saja plus minus pinjam uang di Leasing?

Baca Juga : Tukar Tambah Motor Ke Mobil

Plus Minus Pinjam Uang di Leasing

3 Plus Minus Pinjam Uang di Leasing

Di sini kita akan bahas plus minum pinjam uang di leasing sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum benarbenar memutuskan untuk mengajukan suatu pinjaman. Untuk kelebihan meminjam uang di leasing sebagai berikut :

Tersedia banyak jenis pinjaman

Jenis pinjaman yang disediakan oleh leasing sangat banyak. Anda tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dan Anda butuhkan entah capital lease, operating lease, sales type lease, cross border lease, dan leverage lease.

Proses pengajuan pinjaman dan ACC cepat

Proses pengajuan pinjaman di leasing berjalan sangat cepat. Asal semua dokumen persyaratan yang diminta disediakan dan ketentuan pinjaman dipenuhi oleh calon peminjam maka pinjaman dapat disetujui tidak lebih dari 2 x 24 jam. Demikian dengan pencairan pinjamannya juga berlangsung sangat cepat.

Tenor pinjaman lama

Calon debitur atau orang yang akan meminjam uang dapat memilih sendiri tenor pinjaman sesuai kemampuan. Pinjaman di leasing diberikan dengan tenor mulai dari 1 tahun sampai 5 tahun. Jadi sesuaikan saja dengan kemampuan bayar masing – masing orang.

Pelayanan cepat

Karena ditangani oleh perusahaan tertentu, oleh karenanya proses pembiayaan leasing sendiri dilakukan secara cepat, sederhana dan sangat efisien.

Adanya perlindungan hukum

Kontrak perjanjian utang piutang antara kreditur dan debitur sangat jelas dan berkekuatan hukum tetap. Dengan begitu kepastian hukum atas transaksi yang dilakukan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Tidak ada unsur penipuan dan beberapa resiko lain yang ada dibelakang peminjaman uang di leasing antara pihak penyedia pembiayaan dan penerima pembiayaan yang terlibat tersebut.

Terhindar dari inflasi

Karena pembayaran utangnya dilakukan sesuai dengan satuan keuangan dalam perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya, leasing menjadi sebuah skema pinjaman yang dapat membantu Anda terhindar dari pengaruh inflasi ketika terjadi inflasi namun cicilan masih belum lunas.

Tidak perlu jaminan

Leasing merupakan lembaga pembiayaan yang mampu memberikan pinjaman uang tanpa adanya agunan atau jaminan apapun. Namun kepemilikan sah atas barang modal yang dibiayai oleh pihak penyedia dana keuangan dapat menjadi jaminan transaksi.

Sementara jika yang dipinjam adalah uang secara fisik, maka jaminan diperlukan berupa surat kelengkapan kendaraan yang dimiliki dengan nilai di atas jumlah uang yang dipinjam.

Fleksibel

Karena dilakukan dengan sistem kontrak maka antara pihak penyedia pembiayaan dengan penerima pembiayaan dapat bernegosiasi terkait banyak hal termasuk tenor, nominal uang yang dipinjam, sampai dengan beban bunganya

Namun dibalik semua kelebihan yang ada, cara pinjam uang di leasing juga ada kekurangannya. Apa saja kekurangan pinjam uang melalui leasing?

Berikut beberapa kekurangan yang bisa dirasakan dengan meminjam uang di leasing :

Beban bunga tinggi

Meski banyak hal yang bisa disepakati dengan kesepakatan fleksibel termasuk tenor pinjaman, namun yang perlu diperhatikan dalam peminjaman uang di leasing adalah beban bunganya. Beban bunga atas pinjaman di leasing cukup tinggi.

Masing – masing lembaga pembiayaan atau leasing memiliki skema perhitungan dan penetapan bunga yang berbeda. Ada yang menerapkan beban bunga fixed rate namun ada juga yang menerapkan beban bunga floating rate.

Upayakan untuk memilih lembaga pembiayaan atau leasing yang menawarkan beban bunga fixed rate agar nominal cicilan yang harus Anda bayarkan tidak terpengaruh jika ada kenaikan suku bunga atau inflasi terjadi.

Ada biaya provisi

Memang tidak semua lembaga leasing menerapkan biaya provisi. Namun tak dapat dipungkiri bahwa cukup banyak leasing yang memberikan biaya provisi ini untuk nasabah atau konsumennya. Pastikan Anda cari tahu leasing yang akan Anda pilih membebankan biaya provisi atau tidak.

Jika mereka membebankan biaya provisi, hitung dengan cermat berapa biaya kredit yang harus ditanggung dari pinjaman yang akan diambil agar Anda bisa membuat pertimbangan akan tetap melanjutkan pengajuan pinjaman, menolak, atau mengajukan pinjaman di lembaga leasing lainnya yang tidak mempersyaratkan biaya provisi.

Lembaga Leasing di Indonesia

Ada banyak lembaga leasing yang memberikan pembiayaan untuk warga negara Indonesia dan berdomisili Indonesia. Lembaga leasing tersebut terpercaya dan legal dengan kekuatan hukum tetap sehingga tak perlu diragukan lagi sistem atau mekanisme pembiayaan yang diberikan.

Beberapa lembaga leasing di Indonesia yang bisa jadi pilihan untuk memberikan pembiayaan di antaranya :

PT Federal International Finance (FIF)

PT Federal International Finance atau yang sering disebut sebagai FIF Group merupakan sebuah perusahaan pembiayaan dari grup Astra yang berdiri di Indonesia dengan nama PT Mitrapusaka Artha Finance sejak bulan Mei tahun 1989.

FIF Group ini menyediakan layanan atau fasilitas pembiayaan konvensional dan syariah. Kemudian pada tahun 1991, perusahaan baru mengubah nama menjadi PT Federal International Finance yang sampai sekarang dikenal sebagai FIF Group.

Bidang usaha yang dibiayai oleh FIF Group ini sangat luas mulai dari pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna usaha, pembiayaan sewa operasi dan atau kegiatan berbasis fee yang menerapkan sistem pembiayaan berbasis syariah atau pun konvensional.

Jadi selain memberikan pembiayaan terhadap barang, Anda juga bisa pinjam uang di FIF ini tentu dengan cara pinjam uang di leasing FIF yang sangatlah mudah.

Untuk pembiayaan konvensional FIF Group, bunga angsurannya untuk FIF Astra FIF mulai dari 3,32 – 11,6% per bulan, Spektra FIF sebesar 1,97% – 2,93% per bulan dan Astra FIF 2,72% sampai dengan 9,91% per bulan. Bunga tersebut diterapkan berbedabeda sesuai dengan jenis barang dan jangka waktu kreditnya.

Baca Juga : Gadai BPKB Fif Finance

PT Astra Credit Companies

Astra Credit Companies atau yang biasa disebut dengan ACC merupakan salah satu perusahaan pembiayaan mobil terbesar yang ada di Indonesia. Anda bisa mengajukan pembiayaan untuk mendapatkan mobil baru atau mobil bekas dari berbagai merk entah itu merk Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot atau pun BMW.

ACC juga menghadirkan fasilitas pembiayaan alat berat yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan, konstruksi atau pun perkebunan. Terakhir, ACC menghadirkan pembiayaan multiguna usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat beragam. Skema pembiayaan yang dihadirkan pun terdiri atas skema pembiayaan konvensional dan syariah yang bisa jadi pilihan.

Sampai saat ini jaringan ACC tersebar sangat luas dan ada di hampir seluruh kota besar di Indonesia mulai dari Banda Aceh sampai dengan Jayapura. ACC juga berusaha memberikan pelayanan secara memadai seiring dengan perkembangan teknologi dengan menghadirkan layanan online yang bisa didownload melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi ACC yang dihadirkan sebagai layanan online tersebut bernama ACC.ONE. Download yuk sekarang dan dapatkan kemudahan bersama ACC.

Baca Juga : Gadai BPKB Acc Finance

PT Oto Multi Artha

Berpengalaman lebih dari 20 tahun, PT Oto Multi Artha yang didirikan pertama kali di Jakarta pada tanggal 28 Maret 1994 merupakan sebuah perusahaan pembiayaan otomotif independen terkemuka yang ada di Indonesia. PT Oto Multi Artha memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengajukan pembiayaan atas mobil baru atau pun bekas sesuai kebutuhan.

Berusaha memberikan layanan terbaik, PT Oto Multi Artha juga pada akhirnya menyediakan layanan pembiayaan sewa guna usaha. Target utama perusahaan ini adalah pelanggan perseorangan dan badan usaha.

Untuk suku bunganya sebesar 9,6% untuk jumlah kredit mulai 25 juta sampai 2 milyar rupiah dengan tenor 12 bulan. Sebesar 10,25% untuk jumlah kredit 25 juta sampai 2 milyar rupiah dengan tenor 24 bulan dan sebesar 10,75% untuk jumlah kredit 25 juta sampai 2 milyar rupiah untuk tenor 36 bulan.

Baca Juga : Gadai BPKB Oto Finance

PT Bussan Auto Finance

PT Bussan Auto Finance atau yang lebih dikenal sebagai perusahaan pembiayaan BAF merupakan suatu lembaga pembiayaan yang kini memiliki lebih dari 200 kantor cabang sebagai mitra pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Awalnya BAF hanya terfokus dalam pemberian pembiayaan untuk motor Yamaha. Namun seiring dengan berjalannya waktu, BAF berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tidak hanya memberikan pembiayaan untuk motor Yamaha saja melainkan juga menghadirkan layanan pembiayaan untuk berbagai merk motor lain seperti Honda, Suzuki dan lainnya.

Selain itu, BAF juga kemudian memberikan layanan pembiayaan multiproduk, mesin pertanian, mobil dan dana syariah. Dalam pelaksanaan bisnisnya BAF diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan pembiayaan ini juga telah terdaftar di dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan juga di Biro Kredit.

Baca Juga : Gadai BPKB BAF Finance

PT Wahana Ottomitra Multiartha

PT Wahana Ottomitra Multiartha atau yang lebih dikenal sebagai PT WOM Finance merupakan sebuah perusahaan pembiayaan yang didirikan pada tahun 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing dan awalnya bergerak hanya dalam bidang pembiayaan sepeda motor khususnya pembiayaan motor merk Honda.

Namun seiring berjalannya waktu, seiring berkembangnya usaha dan upgrade layanan yang diberikan, PT Jakarta Tokyo Leasing mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha yang sampai hari ini masih dikenal sebagai PT WOM Finance di tahun 2000.

Kini PT WOM Finance tidak hanya memberikan pembiayaan untuk motor Honda melainkan juga memberikan layanan untuk pembiayaan motor merk lainnya mulai dari Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lain – lain. Banyak transformasi besar yang selalu berusaha diberikan oleh PT WOM Finance agar tidak tertinggal dengan lembaga pembiayaan yang lain.

Baca Juga : Gadai BPKB Wom Finance

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk merupakan sebuah perusahaan pembiayaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan konsumen. Anda yang membutuhkan uang segar dengan nominal besar bisa mendapatkannya melalui PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk ini.

Sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini, Adira memberikan ruang lingkup pembiayaan yang lebih luas lagi karena tidak hanya menggunakan sistem pembiayaan konvensional melainkan juga memberikan pembiayaan syariah untuk nasabah atau konsumennya.

Baca Juga : Gadai BPKB Adira Finance

PT Summit Oto Finance

Last but not least, ada juga lembaga pembiayaan yang sangat terkenal yaitu PT Summit Oto Finance yang sudah beroperasi sejak tahun 1990. Dulu PT Summit Oto Finance yang sekarang lebih dikenal sebagai OTO Finance ini bernama PT Summit Sinar Mas Finance. Kemudian namanya secara resmi berganti menjadi PT Summit Oto Finance sejak tahun 2003.

Seiring dengan pergantian nama, layanan pembiayaan yang ditawarkan OTO Finance juga semakin banyak. Sejak berganti nama tersebut, OTO Finance secara resmi menjalankan kegiatan usaha pembiayaan mulai dari pembiayaan sewa guna usaha, modal ventura, anjak piutang, kartu kredit sampai dengan pembiayaan konsumen.

Banyak pembiayaan konsumen yang dihadirkan. Nasabah bisa meminjam dana untuk mendapatkan pembiayaan motor dengan berbagai merk. Adapun fokus utama perusahaan lebih menitikberatkan pada konsumen personal. Kini pembiayaannya tidak hanya motor melainkan juga memberikan pembiayaan mobil sekaligus.

Sepanjang karir dan kehadirannya, perusahaan OTO Finance sudah memiliki ribuan pelanggan dan karyawan serta mendapatkan banyak pencapaian dimana pencapaian terbaiknya diraih pada tahun 2016 dengan total aset tumbuh yang didapatkan senilai 10,48 triliun dan laba bersihnya mencapai 281,43 miliar rupiah.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat sampaikan terkait lembaga pembiayaan di Indonesia beserta bagaimana cara pinjam uang di leasing dan syarat peminjamannya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menjadi informasi yang menambah informasi dan membawa manfaat.

Baca Juga : Dana Tunai OTO Finance