Daftar Perbedaan Britama dan Britama X Bank BRI yang Perlu Dipahami

Perbedaan Britama dan Britama X

Produk tabungan Bank BRI yaitu Britama dan Britama X banyak dikira sebagai suatu produk tabungan yang sama. Meski namanya memang sangat mirip, namun sebenarnya ada perbedaan Britama dan Britama X Bank BRI ini.

Apa saja hal – hal yang menjadi pembeda bagi kedua produk tabungan bank BRI yakni Britama dan Britama X? Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi lengkap dan menariknya untuk Anda. Let’s check these out!

BRITAMA X

Britama X adalah

Britama X adalah salah satu produk tabungan bank BRI yang memiliki desain kartu debit khusus diperuntukan anak muda, memiliki fasilitas e banking real time online agar nasabah anak muda pemilik tabungan Britama X dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun

Syarat Pembukaan Britama X yaitu :

  1. Warga Negara Indonesia usia 17 s/d 35 tahun
  2. Melampirkan identitas KTP yang masih berlaku
  3. Mengisi Formulir pengisian pembukaan rekening Britama X
  4. Setoran awal pembukaan Britama X Rp 100.000

Biaya administrasi bulanan Britama X Rp 6000 / bulan dengan saldo yang mengendap di tabungan minimal Rp 50.000

Perbedaan Britama dan Britama X

Sebelum membahas perbedaan Britama dan Britama X, kita akan membahas dulu tentang produk tabungan Britama dan Britama X ini.

Jadi tabungan Britama sebagai produk tabungan Bank BRI adalah produk tabungan bank BRI yang hadir memberikan kemudahan transaksi perbankan secara real time dimana pun dan kapan pun nasabah membutuhkannya. Produk tabungan ini sudah dilengkapi dengan fasilitas e-banking yang memadai.

Sementara Britama X merupakan produk tabungan bank BRI yang hadir menyeser target market anak muda. Berbagai fasilitas dan kemudahan juga diberikan bagi nasabah Britama X ini.

Meski banyak dipersamakan, cukup banyak perbedaan yang bisa kita temukan dari Britama dan Britama X, apa saja?

Berikut perbedaan Britama dan Britama X bank BRI di antaranya :

Ketentuan batas usia nasabah

Batas usia nasabah yang diberlakukan untuk pengguna produk Britama dan Britama X sangat berbeda. Britama X menerapkan aturan batas usia sementara Britama tidak ada batasan usianya. Batas usia untuk nasabah Britama X ditetapkan dengan maksimal batas usia adalah 35 tahun.

Sehingga nasabah baru BRI yang ingin menggunakan produk Britama X dengan usia di atas 35 tahun tidak bisa mendaftar Britama X dan jika tetap ingin menjadi nasabah BRI akan dialihkan untuk menggunakan produk Britama.

Sementara untuk usia minimal nasabah yang bisa menggunakan produk Britama dan Britama X tak ada perbedaan yakni masing – masing minimal usia 17 tahun.

Jumlah setoran awal yang berbeda

Jumlah setoran awal Britama dan Britama X juga berbeda. Britama X yang menargetkan segmentasi pasar milenial memiliki ketentuan setoran awal yang lebih rendah yaitu sebesar Rp 100.000,00 saja. Sementara Britama memiliki ketentuan setoran awal yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp 250.000,00.

Biaya kartu dan biaya administrasi bulanan

Biaya bulanan kartu yang dikenakan untuk Britama adalah sebesar Rp 6.500,00 per bulan. Sementara untuk Britama X tidak ada penetapan biaya bulanan untuk kartu alias gratis.

Sementara untuk biaya administrasi bulanan antara Britama dan Britama X juga berbeda. Untuk Britama, biaya administrasi bulanan ditetapkan sebesar Rp 12.000,00. Sementara untuk Britama X ditetapkan biaya administrasi bulanan hanya sebesar Rp 6.500,00.

Limit transfer untuk Britama dan Britama X

Dengan perbedaan biaya – biaya seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, perbedaan Britama dan Britama X juga ada pada limit transfernya.

Pada produk Britama, limit transfer per hari yang ditetapkan untuk aktivitas transfer antar bank adalah sebesar 15 juta sampai 25 juta rupiah. Sementara untuk transfer sesama BRI sampai dengan 100 juta rupiah.

Sementara Britama X memiliki limit transfer yang angkanya jauh lebih kecil. Untuk transfer antar bank pada produk Britama X per hari dibatasi sebesar 10 juta rupiah, sementara untuk transfer sesama bank BRI limit perharinya sampai 50 juta rupiah.

Desain kartu ATM yang berbeda

Desain kartu ATM Britama dan Britama X dibuat berbeda. Meski keduanya sama – sama memiliki chip, akan tetapi desainnya dibuat berbeda.

Desain dari kartu ATM Britama X memiliki 3 jenis desain yaitu :

  • Desain kartu Britama X Ladies
  • Desain kartu Britama X Gentlemen
  • Desain kartu Britama X basketball.

Sementara untuk kartu ATM Britama hanya ada dua pilihan yaitu :

  • Kartu ATM Britama hitam
  • Kartu ATM Britama silver

Suku bunga

Meski kebanyakan orang menabung di bank BRI tidak untuk tujuan mendapat bunga, akan tetapi suku bunga di Bank BRI tetap harus kita tahu.

Bunga antara Britama dan Britama X berbeda. Tentu saja bunga dari Britama lebih kompetitif. Namun jika ingin suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan, sangat dianjurkan agar Anda memilih menyimpan uang di deposito bank BRI bukan dalam bentuk tabungan yang bisa diambil sewaktu – waktu.

Baca Juga : Cara Daftar M Banking BRI, Syarat dan Biayanya

Syarat dan Cara Buka Rekening Britama dan Britama X

Bagi Anda yang bukan nasabah bank BRI dan ingin menjadi nasabah bank BRI dengan membuka rekening bank Britama atau pun Britama X, ada beberapa cara buka rekening yang bisa dilakukan.

Cara pembukaan rekeningnya cukup mudah kok. Terpenting Anda sudah siapkan semua persyaratannya.

Syarat umum buka rekening Britama :

  • WNI perlu menyertakan dokumen berupa KTP dan NPWP (jika ada), sementara untuk WNA perlu menyertakan dokumen paspor dan KITAM/KITAS
  • Minimal usia 17 tahun
  • Mengisi formulir pembukaan rekening Britama
  • Menyetorkan dana setoran awal BRI Britama sebesar Rp 250.000,00

Syarat umum buka rekening Britama X :

  • Menyertakan kartu identitas KTP untuk WNI, sementara untuk WNA menyertakan paspor dan KITAP/KITAS
  • Usia minimal 17 tahun dan usia maksimal pendaftar 35 tahun
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Menyetorkan dana setoran awal BRI Britama X sebesar Rp 100.000,00.

Sementara cara buka rekening Britama dan Britama X ada beberapa pilihan, sebagai berikut :

Cara buka rekening Britama dan Britama X di kantor cabang

Cara Buka Rekening Britama X

Bagi Anda yang punya waktu dan ingin membuka rekening di kantor cabang, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pembukaan rekening.

Cara buka rekening Britama atau Britama X melalui kantor cabang sebagai berikut :

  • Datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat
  • Ambil nomor antrian
  • Datang ke petugas dan sampaikan bahwa Anda ingin melakukan pembukaan rekening tabungan Britama/ Britama X
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, lakukan pengisian formulir pendaftaran tersebut
  • Serahkan syarat yang dibutuhkan
  • Serahkan penyetoran uang untuk pendaftaran rekening dengan nilai nominal minimal sebesar Rp 100.000,00 untuk Britama X dan Rp 250.000,00 untuk Britama.
  • Rekening akan diproses

Jika proses rekening sudah selesai, Anda akan diberikan buku tabungan dan kartu debit ATM yang bisa digunakan bertransaksi. Petugas juga akan menanyakan kepada Anda akan mengaktifkan layanan mobile banking atau tidak.

Baca Juga : Cara Cek Rekening Koran Bri Via Mobile Atau Datang Kantor

Cara buka rekening Britama dan Britama X secara online

Sementara jika Anda lebih suka melakukan semua aktivitas secara online termasuk buka rekening, Anda juga bisa buka rekening Britama dan Britama X secara online dengan langkah berikut :

  • Pertama buka browser pada smartphone Anda
  • Masuk pada halaman https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/
  • Setelah laman terbuka, klik Buka Rekening
  • Pilih Britama X atau Britama bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan
  • Klik ‘Pilih Rekening’
  • Pilih kantor BRI yang Anda inginkan untuk melakukan pengelolaan rekening
  • Upload foto e-KTP, selfie dengan KTP dan NPWP (jika ada NPWP)
  • Input informasi identitas diri Anda sesuai yang tertera pada KTP (KITAP/KITAS untuk WNA)
  • Pihak BRI akan menghubungi Anda lewat video call untuk melakukan verifikasi data.
  • Jika data sudah terverifikasi dan dinyatakan benar, setorkan setoran awal untuk membuka rekening yaitu sebesar Rp 100.000,00 untuk Britama X dan Rp 250.000,00 untuk Britama.
  • Selesai.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait perbedaan Britama dan Britama X sebagai produk bank BRI yang Anda perlu tahu. Anda bisa memilih akan menggunakan produk bank BRI yang mana sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Brimo Aplikasi Untuk Apa

Baca Juga : Cara Transfer Brimo ke DANA

Berpengalaman di bidang pinjaman pembiayaan BPKB dan gadai BPKB dengan mitra leasing di Indonesia, keuangan, dan otomotif