Alamat Samsat Balaraja Dan Jam Buka

Samsat Balaraja, sistem administrasi manunggal satu atap di Balaraja, merupakan sebuah layanan administrasi dokumen kendaraan yang merupakan hasil kerja sama antara Polri setempat, Badan Pendapatan Daerah, dan Jasa Raharja.

Samsat Balaraja memberikan cukup banyak layanan untuk masyarakat. Di sana, masyarakat dapat menerima layanan untuk balik nama kendaraan, regident ranmor, pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, dan pembayaran pajak kendaraan tahunan atau 5 tahunan. Selengkapnya tentang Samsat Balaraja dan layanannya bisa Anda simak dalam informasi berikut!

Samsat Balaraja dan Layanannya

Samsat Balaraja sejatinya adalah bagian dari kantor Samsat Kabupaten Tangerang yang wilayah operasinya mencakup 19 kecamatan yaitu terdiri atas :

  • Balaraja
  • Kecamatan Sukamulya
  • Sindang Jaya
  • Mekar Baru
  • Panongan
  • Pasar Kemis
  • Gunung Kaler
  • Kresek
  • Kemiri
  • Kronjo
  • Rajeg
  • Sukadiri
  • Mauk
  • Solear
  • Jambe
  • Jayanti
  • Cikupa
  • Cisoka
  • Dan, Tigaraksa.

Layanan Samsat Balaraja

Untuk Samsat Balaraja ini, lokasi kantor induknya berada di Jl. Raya Parahu Balaraja, Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Banten dengan kode pos 5610. Jika ada keperluan atau ingin menanyakan suatu hal, Anda juga bisa menghubungi kantor Samsat di nomor 021-29508205.

Sementara mengenai jam operasionalnya, kantor induk Samsat Balaraja beroperasi dengan jadwal berikut :

  • Hari Senin : buka pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Hari Selasa : buka pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Hari Rabu : buka pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Hari Kamis : buka pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Hari Jumat : buka sejak pukul 08.00 – 14.00 WIB
  • Hari Sabtu : buka pukul 08.00 – pukul 14.00 WIB

Berbagai kebutuhan akan dilayani dengan sebaik mungkin di kantor induk Samsat Balaraja. Tak hanya keperluan administrasi dan pembayaran perpajakan atau SWDKLLJ, jika Anda hanya ingin bertanya sesuatu ke kantor Samsat, pegawai juga akan memberikan layanan informasi dengan sebaik – baiknya dan sejelas – jelasnya. Hal tersebut juga sudah menjadi komitmen yang disampaikan oleh UPTD Balaraja, Ali Hanafia.

Selain memiliki layanan kantor induk yang menjadi kantor utama bagi Samsat Balaraja, Samsat ini juga memiliki beberapa layanan lain untuk masyarakat seperti :

Layanan Samsat Keliling Balaraja

Apakah itu layanan Samsat Keliling?

Samsat Keliling merupakan layanan yang kini sudah diterapkan di berbagai macam wilayah Samsat di seluruh Indonesia. Samsat Keliling menjadi sebuah fasilitas layanan pembantu yang telah disiapkan Samsat di masing – masing wilayah dan sangat membantu masyarakat untuk membayar pajak tanpa harus mengantri di kantor induk.

Adapun untuk wilayah operasionalnya berpindah – pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Karena itu biasanya masing – masing kantor Samsat akan memberikan informasi tentang jam dan daerah operasional layanan tersebut.

Samsat Keliling Balaraja

Untuk Samsat Keliling Balaraja, jam dan wilayah operasionalnya adalah :

  • Perumahan Talaga Bestari pukul 09.00 – 14.00 WIB
  • Perumahan Citra Raya pukul 09.00 – 14.00 WIB
  • Kecamatan Cikupa pukul 09.00 – 14.00 WIB
  • Kabupaten Tangerang pukul 09.00 – 14.00 WIB

Jam operasional tersebut berlaku untuk hari Senin sampai dengan Kamis dan hari Sabtu. Sementara untuk hari Jumat, jam operasionalnya berubah pada pukul 09.00 – 11.00 WIB karena ada agenda sholat jumat. 

Layanan Gerai Samsat Balaraja

Apakah itu layanan Gerai Samsat?

Layanan Gerai Samsat merupakan unit layanan STNK yang bersinergi dengan layanan Samsat Induk guna melayani pengesahan STNK satu tahunan dan juga pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Layanan Gerai Samsat Balaraja kini hanya terdapat di satu titik saja yaitu berada di lantai tiga Plaza Bintaro Jaya yang memberikan layanan atas pembayaran PKB area kota Tangerang baik Tangerang Selatan, Kota Tangerang, atau Kabupaten Tangerang. Jadwalnya sebagai berikut :

  • Hari Senin sampai dengan Kamis buka pukul 08.00 – 15.00 WIB
  • Hari Jumat buka pukul 08.00 – 11.00 WIB, lalu tutup, dan buka lagi pukul 13.00 – 15.00 WIB
  • Hari Sabtu buka sejak pukul 08.00 – 12.00 WIB

Gerai Samsat Balaraja

Jika Anda membutuhkan informasi lanjutan tentang Gerai Samsat yang disediakan, hubungi langsung nomor 081295263260 (saat artikel ini ditulis, nomor tersebut masih aktif dan dapat dihubungi).

Layanan E-Samsat

Ingin tahu berapa pajak kendaraan yang Anda harus bayarkan? Tak perlu bingung bertanya ke sana – ke mari, Anda bisa menggunakan layanan E-Samsat Banten atau SAMBAT untuk wilayah Samsat Tangerang Provinsi Banten.

Lewat aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan perpajakan, dan sekaligus membayar pajak. Dengan begitu, proses pembayaran pajak bisa berlangsung cepat dan instan.

Untuk melakukan pembayaran dan pengecekan perpajakan di aplikasi SAMBAT atau E-Samsat Banten, Anda bisa langsung download aplikasinya yang tersedia untuk android dan iOS. Setelah itu, ikuti instruksi yang tertera pada layar dan lakukan pembayaran lewat e-wallet yang bekerjasama dengan Samsat, bank atau bisa di gerai Indomaret atau Alfamart dan Alfamidi.

Baru nanti pengesahan dokumennya saja yang perlu dilakukan di kantor Samsat baik itu di kantor induk, lewat gerai Samsat atau pun ke Samsat Keliling.

Adapun dalam melaksanakan tugas pemungutan pajak, Samsat Balaraja selalu mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 mengenai Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor dan Instruksi Bersama Menteri Pertahanan Keamanan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan juga Menteri Keuangan.

Juga sesuai aturan nomor : INS/03/M/X/1999, Nomor : 29 Tahun 1999, Nomor : 6/IMK.014/1999 yang membahas mengenai pelaksanaan sistem SAMSAT dalam penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), PKB (Pungutan Pajak Kendaraan), BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Tertuang juga dalam Surat Keputusan Bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Direktur Jendral Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah, serta Direktur Utama PT. Jasa Raharja (Persero) Nomor :

SKEP/06/X/1999, Nomor 973-1228, dan SKEP/02/X/1999, dan juga Perubahan kedua atas Peraturan Gubernur Banten Nomor 19 Tahun 2018 mengenai Pembentukan Organisasi dan juga Tata Kerja Cabang Dinas dan Unit Pelaksana Daerah di wilayah Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. Semua prosedur dan mekanisme yang ada, mengacu pada berbagai macam aturan yang disebutkan.

Soal isu pungli yang sedang marak dibicarakan menyerang Samsat Balaraja, pihak Samsat Balaraja memberikan klarifikasi bahwa semua itu tidak benar. Semua pendapatan yang diperoleh Samsat sudah sesuai dengan peraturan dan tidak ada penerimaan uang bukan pajak alias pungutan liar sebagaimana isu yang berkembang.

Justru Samsat Balaraja sedang menerapkan sistem penghapusan denda pajak yang mana hal tersebut tentu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan kewajiban perpajakannya. Sehingga jika ada denda, maka ia tak harus membayar denda karena sistem penghapusan denda pajak yang masih berlaku untuk masyarakat wilayah Samsat Balaraja.

Melalui sistem penghapusan denda yang sedang diterapkan, Samsat Balaraja mengaku pendapatan daerahnya mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut mencapai 2 milyar sampai 2,5 milyar per harinya dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan moment penghapusan denda pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.

UPTD Balaraja, Ali Hanafia mengungkapkan bahwa kemungkinan setiap tahunnya nanti akan diselenggarakan penghapusan denda pajak pada bulan – bulan tertentu atau periode – periode tertentu sehingga masyarakat yang kendaraannya masih mengalami tunggakan pajak, dapat terbantu untuk mengadministrasikan kembali kendaraannya lewat sistem tersebut.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait Samsat Balaraja dan layanan yang diberikan. Bagi Anda warga sekitar Balaraja bisa datang ke Samsat setempat dan dapatkan layanan terbaiknya.

Baca Juga : Samsat Semarang Hadirkan Layanan Samsat Keliling, Ini Jadwal dan Lokasinya

Lokasi Samsat Balaraja

Gadai BPKB Bandung