Alamat Samsat Semarang Dan Jam Buka

Jika dahulu layanan Samsat hanya bisa ditemukan di kantor induk, sekarang Samsat sudah menghadirkan layanan yang memudahkan masyarakat melakukan pembayaran perpajakan termasuk Samsat Semarang juga menerapkannya.

Selain memiliki sistem online Samsat, Samsat Semarang juga sudah menghadirkan layanan Samsat Keliling yang bisa diakses di berbagai titik. Di mana saja titik lokasi Samsat keliling Semarang dan jadwalnya seperti apa? Yuk simak informasinya berikut!

Samsat Semarang Keliling : Jadwal dan Lokasinya

Samsat Semarang Keliling

Layanan Samsat keliling Semarang terdiri atas Samsat Corner dan juga Samsat mobil keliling kota Semarang.

Mengenai layanan Samsat Corner di Semarang, jadwal operasionalnya sebagai berikut :

Samsat Jl. Brigjen Sudiarto

Samsat corner di Jl. Brigjen Sudiarto bisa ditemui di alamat lengkap Jl. Brigjen Sudiarto No 428, Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Samsat Corner Jl. Brigjen Sudiarto akan memberikan layanan pada hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Sementara layanan untuk hari sabtu pada pukul 08.00 – 12.00 WIB, dan hari Minggu tutup atau libur. Anda yang berada di sekitar Jl. Brigjen Sudiarto bisa mendapatkan layanan Samsat di sana.

Samsat Simpang Lima Semarang

Selanjutnya, Samsat Corner Semarang juga bisa ditemukan di sekitar Simpang Lima. Alamatnya tepat berada di Jalan Simpang Lima, Mugassari, Kecamatan Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Anda yang berada di sekitar wilayah tersebut bisa mendapatkan layanan Samsat langsung ke alamat Simpang Lima tersebut dengan jam operasional pada hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 – 13.00 WIB, lalu tutup dan buka lagi sore sampai malam pukul 17.00 – 20.00 WIB.

Sementara hari Sabtu buka pukul 08.00 – 11.30 WIB dan hari Minggu libur atau tutup. Catat jadwal Samsat corner tersebut ya, jangan sampai lupa.

Samsat Corner Jl. Hanoman Semarang

Samsat corner lain di Semarang bisa ditemukan di lokasi Jl. Hanoman Raya Nomor 2, Krapyak, Kecamatan Semarang Barat, kota Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi Samsat Corner yang satu ini sebenarnya sangat berdekatan dengan lokasi Samsat Corner Simpang Lima. Hanya saja, jam operasionalnya lebih sempit atau lebih singkat kalau dibandingkan dengan Samsat Simpang Lima.

Jadi kalau misalkan di Samsat Simpang Lima sedang antri panjang, Anda bisa datang ke Samsat Corner Jl. Hanoman ini di jam operasionalnya.

Pada hari Senin sampai Jumat, jam operasionalnya pada pukul 08.00 – 14.00 WIB, hari Sabtu beroperasional pada pukul 08.00 – 12.00 WIB, dan di hari Minggu tutup atau libur.

Sebagaimana yang kami informasikan sebelumnya, selain memiliki layanan Samsat Corner, Samsat Semarang juga memberikan layanan Samsat Mobil Keliling dengan jadwal operasional sebagai berikut :

Samsat keliling hari Senin

Samsat Mobil Keliling pada hari Senin bisa ditemukan di beberapa lokasi berikut :

  • Di depan sekolah STM Pembangunan Jl. Simpang Lima Semarang
  • Di Depan SPBU Ungaran Gunung Pati
  • Samsat Bank Jateng
  • Di samping atau depan Kampus Unnes

Samsat mobil keliling hari senin juga buka di Samsat Induk pada malam hari setelah Samsat Induk tutup sampai pukul 17.00 WIB. Untuk jam operasional Samsat mobil keliling hari Senin selain di depan Samsat Induk pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Samsat keliling hari Selasa

Lokasi Samsat mobil keliling dari Samsat Semarang pada hari selasa berada di titik berikut ini :

  • Di depan area Swalayan Aneka Jaya Mangkang
  • Di depan area Alfamart Banjardowo
  • Di sekitar Kantor Kecamatan Ngaliyan

Jam buka untuk Samsat keliling hari selasa di titik lokasi yang sudah disebutkan tersebut adalah pukul 08.30 – 14.00 WIB.

Samsat keliling hari Rabu

Samsat keliling pada hari Rabu berada di beberapa titik di Semarang, yaitu :

  • Halaman kantor Setda Provinsi
  • Depan Dinas Pemadam Kebakaran
  • Kantor Kecamatan Mijen

Untuk jam operasionalnya adalah pukul 09.00 – 14.00 WIB. Jadi kalau malas ke Samsat Induk atau Samsat Corner bisa cari samsat mobil keliling di jam tersebut.

Samsat keliling hari Kamis

Pukul 09.00 – 14.00 WIB, Samsat mobil keliling juga hadir dengan beberapa titik lokasi berikut :

  • Di sekitar daerah bekas Terminal Gunungpati Semarang
  • Di depan Terminal Cangkiran Mijen
  • Di depan Poltek Undip

Samsat keliling hari Jumat

Samsat keliling yang diselenggarakan Samsat Semarang pada hari Jumat berada di satu lokasi yaitu depan STM Pembangunan Simpang Lima pukul 08.30 sampai 14.00 WIB.

Samsat keliling hari Sabtu

Untuk hari Sabtu, ada dua titik lokasi Samsat mobil keliling Semarang yang dihadirkan yaitu di alamat :

  • Area depan PT Kimia Farma Simongan
  • Area depan Kecamatan Ngaliyan Semarang

Adapun jam operasionalnya pada pukul 08.30 – 14.00 WIB. Jadi bagi Anda yang ingin dilayani oleh samsat mobil keliling bisa datang di jam operasional tersebut.

Samsat keliling hari Minggu

Oh ya, kabar baik untuk para karyawan yang dari hari senin sampai sabtu masih bekerja, Anda bisa menunaikan aktivitas pembayaran pajak kendaraan pada hari Minggu di layanan Samsat mobil keliling Semarang. Lokasinya berada di Pasar Mangkang dan beroperasi di jam 08.30 – 11.00 WIB.

Sebagai informasi, lokasi samsat keliling Semarang dan jam operasional tersebut bisa berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan terbaru Samsat setempat.

Apakah Samsat Semarang juga melayani pencabutan berkas kendaraan? Tentu saja. Pencabutan berkas kendaraan di Samsat Semarang pastinya dilayani dengan sangat baik. Mengenai bagaimana prosedurnya, bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Cara Pencabutan Berkas Kendaraan di Samsat Semarang

Cara Pencabutan Berkas Kendaraan di Samsat Semarang

Sebelum membahas tentang proses pencabutan berkas seperti apa, kita akan membahas dulu tentang proses pencabutan berkas itu sendiri.

Jadi, proses cabut berkas adalah sebuah proses administrasi di mana pemilik kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor mengajukan permohonan pencabutan atau penghapusan berkas kendaraan dari daftar administrasi otoritas terkait seperti Dinas Perhubungan atau Samsat.

Perubahan kepemilikan, kendaraan yang sudah tak layak pakai atau mengalami kerusakan berat, jual – beli, menjadi beberapa alasan mengapa pemilik kendaraan perlu melakukan pencabutan berkas di Samsat setempat.

Samsat Semarang, tentunya juga melayani proses pencabutan berkas seperti halnya Samsat – Samsat yang lain. Adapun syarat yang perlu dipenuhi untuk pencabutan berkas kendaraan sebagai berikut :

  • Identitas asli (KTP) yang sesuai dengan berkas kendaraan bermotor yang akan dicabut
  • Surat kuasa bermaterai 10.000 jika diwakilkan dan fotokopi identitas yang mewakili
  • Hasil cek fisik kendaraan
  • STNK kendaraan asli
  • BPKB kendaraan asli
  • Kuitansi dengan materai 10.000 jika jual beli atau balik nama

Setelah syarat tersebut dipenuhi, proses pencabutan berkas bisa dilakukan dengan langkah berikut ini :

  • Ambil formulir SPOPD (Surat Pendaftaran Objek Pajak Daerah) dan berkas arsip kendaraan yang akan dicabut.
  • Isi formulir tersebut dan lakukan pendaftaran di loket
  • Bayar pajak dan SWDKLLJ
  • Ambil surat keterangan fiskal antar daerah
  • Ambil berkas mutasi keluar di unit BPKB jika tujuan mutasi Anda di luar kota Semarang
  • Langsung ke Samsat tujuan untuk melakukan pendaftaran masuk.

Nantinya di Samsat tujuan, Anda bisa mengikuti prosedur sesuai yang ditetapkan oleh Samsat tersebut.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan kali ini terkait layanan Samsat Semarang yang juga sudah menghadirkan Samsat Keliling untuk masyarakat. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat ya.

Baca Juga : Samsat Jogja, Layanannya Apa Saja Ya?