Alamat Samsat Bantul Dan Jam Buka

Menjadi kantor layanan kepengurusan berbagai kepentingan yang menyangkut kendaraan bermotor, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat Bantul kini menyediakan layanan terkini untuk masyarakat yakni Drive Thru Access.

Dengan adanya layanan akses drive thru tentu saja kepolisian Bantul dan pemerintah setempat berharap bahwa masyarakat dapat lebih dekat dengan Samsat dan mendapatkan pelayanan terbaik dari Samsat untuk berbagai kepentingannya.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang Samsat Drive Thru Bantul bisa simak informasi berikut ya!

Samsat Bantul dan Drive Thru Access Untuk Masyarakat

Samsat Drive Thru Bantul

Apa itu Samsat Drive Thru?

Jadi Samsat Drive Thru merupakan suatu layanan yang diberikan oleh Samsat setempat bagi masyarakat dengan melakukan pembayaran kepentingan kendaraan termasuk perpanjangan STNK tanpa perlu meninggalkan kendaraannya.

Jadi, masyarakat yang berkepentingan akan antri di kendaraannya dan membawa semua dokumen yang diperlukan untuk ditunjukkan ke petugas dan juga sekaligus menyediakan uang pembayaran pada saat drive thru berlangsung.

Adapun dokumen penting yang perlu disiapkan dan ditunjukkan ke petugas ketika Samsat Drive Thru di antaranya :

  • KTP asli pemilik kendaraan
  • STNK atas nama pemilik kendaraan

Selain itu, sediakan uang pembayaran yang cukup (tidak kurang) untuk melakukan pembayaran di loket yang sudah disediakan.

Melalui adanya layanan Samsat Drive Thru, banyak masyarakat di Bantul yang merasa terbantu karena mereka bisa mendapatkan layanan Samsat dengan jauh lebih mudah dan informasi yang diberikan petugas ketika Drive Thru juga tidak berbelit sehingga semakin memudahkan.

Selain Samsat Drive Thru, Samsat Bantul juga berusaha meningkatkan layanan dan memberikan layanan terbaik dengan menghadirkan berbagai macam layanan kemasyarakatan lainnya. Apa sajakah layanan tersebut?

Layanan Kemasyarakatan Samsat Bantul

Layanan Kemasyarakatan Samsat Bantul

Guna memberikan kenyamanan pada masyarakat, Samsat Bantul terus mengembangkan pelayanan mereka untuk seluruh pemilik kendaraan dan wajib pajak kendaraan daerah Bantul dengan layanan sebagai berikut :

Samsat Drive Thru

Suatu layanan pembayaran pajak kendaraan tanpa harus turun dari motor atau mobil sebagaimana yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Samsat Desa Argomulyo dan Sidomulyo Bantul

Samsat Desa Argomulyo dan Sidomulyo merupakan suatu layanan Samsat untuk kedua desa tersebut sehingga masyarakat dapat mengakses Samsat lebih dekat.

Samsat Temaram (Tempat Membayar Pajak Waktu Malam)

Samsat Temaram merupakan suatu layanan dari Samsat Bantul untuk mengakomodasi kepentingan masyarakat Bantul dalam melakukan pembayaran pajak di malam hari. Dengan begitu, warga yang siang hari bekerja tidak perlu libur melainkan bisa membayar dan menunaikan kewajiban perpajakan kendaraan mereka di malam harinya.

Samsat Pembantu Sewon Bantul dan Samsat Corner Piyungan Bantul

Merupakan layanan Samsat yang diberikan pada titik – titik tersebut yakni di Kecamatan Sewon dan juga di kecamatan Piyungan, Bantul. Masyarakat yang berada di daerah kecamatan tersebut bisa lebih dekat mengakses layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.

Samsat keliling Bantul

Samsat keliling merupakan suatu program yang diberikan kepolisian Bantul dan pemerintah setempat untuk masyarakat sehingga lebih mudah dijangkau. Sistem Samsat keliling adalah sistem jemput bola.

Samsat akan mengirimkan petugas pelayanan untuk berkunjung ke beberapa titik di wilayah Bantul sehingga masyarakat yang jauh dari kantor Samsat bisa mendapatkan layanan di sekitar daerah mereka.

Biasanya, Samsat keliling akan berkeliling di wilayah – wilayah tertentu pada jam kerja yaitu di jam 08.00 pagi sampai 12.00 siang.

Adapun jadwal Samsat keliling Bantul (selama tidak ada perubahan jadwal) sebagai berikut :

  • Hari Senin pukul 08.00 – 12.00 siang di Kecamatan Kretek
  • Hari Selasa pukul 08.00 – 12.00 siang di Kecamatan Pleret
  • Hari Rabu pukul 08.00 – 12.00 siang di Kecamatan Imogiri
  • Hari Kamis pukul 08.00 – 12.00 siang di Kelurahan Bangunjiwo
  • Hari Jumat pukul 08.00 – 11.00 siang di Kalurahan Guwosari
  • Hari Sabtu pukul 08.00 – 11.00 siang di Kalurahan Ngestiharjo

Namun sebagai informasi, jadwal Samsat keliling Bantul di atas berkemungkinan berubah – ubah sesuai dengan kebijakan terbaru Samsat yang berlaku.

Kemungkinan di tahun 2024 ini juga akan ada perbaruan jadwal, jadi warga Bantul dan sekitarnya bisa cek dulu ke tempat Samsat keliling bertugas dan jika tidak ada petugas yang melayani di sana bisa mengonfirmasikan pada Samsat setempat.

Adapun terkait persyaratan dokumen yang harus dibawa untuk mendapatkan pelayanan Samsat keliling di daerah Bantul sebagai berikut :

  • E-KTP asli dari pemilik sesuai dengan data yang ada di STNK
  • BPKB asli dan foto copy
  • STNK asli
  • Bukti pelunasan PKB dan juga SWDKLL (SKPD) yang sudah divalidasi tahun terakhir.

Samsat Keliling Bantul

Berusaha mengikuti perubahan dan sekaligus arus perkembangan digital, pemerintah Bantul dan kepolisian daerah Bantul juga mengembangkan layanan Samsat online yaitu E-Samsat Bantul. Di sana, Masyarakat bisa mengakses berbagai macam informasi penting termasuk dapat melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online.

Lantas, cara mengecek pajak kendaraan secara online pada layanan E-Samsat Bantul seperti apa?

Cara Pengecekan Pajak Kendaraan Online E-Samsat Bantul

Ingin tahu berapa jumlah pajak kendaraan terutang yang harus dibayarkan sebelum pergi ke kantor Samsat, ikut dalam layanan Samsat Drive Thru atau membayar di Samsat keliling?

Anda bisa mengakses informasi jumlah pajak kendaraan terutang yang harus dibayarkan lewat E-Samsat Bantul. Sehingga ketika membayar pajak, Anda tak perlu khawatir membawa uang dengan nominal yang kurang karena perkiraan jumlah yang harus dibayarkan sudah Anda ketahui.

Di dalam aplikasi E-Samsat tersebut, Anda juga akan diberikan informasi biaya – biayanya secara akurat. Adapun tata cara penggunaan aplikasi E-Samsat sebagai berikut :

  • Pergi ke Google Play Store untuk pengguna android atau ke App Store untuk pengguna iPhone (iOS)
  • Download aplikasi cek pajak online infopkbdiy dan tunggu sampai instalasinya selesai
  • Jika Anda merupakan pemilik kendaraan wilayah Kota Bantul, maka Anda pilih DIY Yogyakarta.
  • Pada aplikasi, tulis data diri pemilik yang akan membayar pajak kendaraan berupa Nomor Induk Kependudukan atau NIK
  • Pada aplikasi, tulis juga plat nomor (yang pajaknya akan dicek di aplikasi) dan warna plat kendaraan Anda.
  • Tulis kode pengaman
  • Tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan pada tahun berjalan beserta rinciannya akan segera ditampilkan pada layar Anda.

Adapun cara penggunaan aplikasi dengan langkah – langkah sebagaimana yang kami sampaikan di atas bisa digunakan di berbagai macam platform, baik itu smartphone atau iOS dan juga bisa diakses lewat PC. Jadi, aplikasinya cukup kompatibel untuk berbagai macam perangkat.

Demikian informasi yang kami dapat bagikan terkait layanan yang diberikan oleh Samsat Bantul untuk masyarakat di wilayah Bantul dan sekitarnya yang membutuhkan layanan pembayaran pajak kendaraan.

Semoga informasi yang kami bagikan di atas semakin menambah informasi khususnya bagi warga Bantul dan sekitarnya yang membutuhkan layanan Samsat setempat. Ada banyak layanan perpajakan yang diberikan, jadi tak ada alasan untuk tidak membayar pajak. Mari menjadi warga negara yang patuh dan taat pajak.

Baca Juga : Layanan & Jam Operasional Samsat Ahmad Yani Bekasi Terbaru

Lokasi Samsat Bantul