Samsat Jakarta Barat Berikan Layanan Ini Untuk Masyarakat, Puas?

Samsat Jakarta Barat selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat wajib pajak dengan memberlakukan beragam inovasi dan terobosan baru. Salah satu inovasi dan terobosan baru yang diberikan dan sangat memudahkan adalah keberadaan samling dan samsat online.

Samling atau samsat keliling sudah dihadirkan di beberapa titik di wilayah Jakarta Barat. Sementara samsat online dihadirkan untuk membantu wajib pajak yang lebih suka melakukan beragam transaksi via online. Selengkapnya tentang kedua hal tersebut bisa Anda simak dalam ulasan berikut!

Samsat Jakarta Barat dan Layanan Terbarunya

Selain aktif dengan kantor induknya yang beralamat di Jl. Daan Mogot No.130, Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta pukul 08.00 – 15.00 WIB kecuali sabtu dan minggu, Samsat Jakarta Barat juga memberikan layanan berupa samling dan samsat online.

Samsat Keliling Jakarta Barat

Samling atau samsat keliling yang sekarang sudah diselenggarakan hampir semua samsat di Indonesia termasuk juga dengan Samsat Jakarta Barat, merupakan sebuah fasilitas dan layanan pembantu yang tidak hanya menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan, melainkan juga memberikan kemudahan proses administrasi bagi kendaraan bermotor seperti penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SKPD (Surat Keterangan Penggantian Daftar).

Samsat Jakarta Barat juga menghadirkan sistem samling atau samsat keliling yang dihadirkan pada titik Mall Citraland Grogol Jakarta Barat pukul 08.00 – 14.00 WIB hari Senin sampai dengan Jumat. Sementara hari Sabtu dan Minggu jadwal samsat keliling ditiadakan.

Untuk mengakses layanan samsat keliling Jakarta Barat, ada beberapa hal penting yang Anda harus patuhi yaitu :

  • Memastikan dokumen persyaratan yang wajib ada dibawa ke samling seperti KTP asli, atau pun STNK.
  • Periksa jadwal waktu dan lokasi layanan samling tujuan.
  • Pastikan datang ke layanan samling di tempat atau lokasi dan jadwal yang sesuai, Anda juga bisa datang beberapa menit lebih awal.
  • Patuhi aturan dan petunjuk yang diinformasikan petugas samling.
  • Siapkan sejumlah uang tunai dengan jumlah yang tepat untuk pembayaran tagihan Anda. Jika menggunakan alat pembayaran non cash, siapkan juga saldo yang cukup untuk membayar tagihan tersebut.

Samsat Keliling Jakarta Barat

Gerai Samsat Jakarta Barat

Tak hanya memiliki Samsat keliling, Samsat Jakarta Barat juga memberikan layanan gerai Samsat. Apa itu gerai Samsat?

Gerai samsat merupakan unit layanan Samsat yang tetap bersinergi dengan Samsat induk setempat. Gerai Samsat sama dengan samsat keliling, melayani berbagai macam kebutuhan masyarakat seperti pembayaran pajak PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), serta layanan pengesahan STNK satu tahunan.

Beberapa titik lokasi gerai Samsat yang diselenggarakan oleh Samsat Jakarta Barat sebagai berikut :

  • Gerai Samsat Mall Taman Palem Cengkareng, Jakarta Barat
  • Gerai Samsat Kantor Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • Gerai Samsat Lippo Mall Puri Kembangan, Jakarta Barat
  • Gerai Samsat Ltc Glodok Taman Sari, Jakarta Barat.

Untuk jam operasionalnya adalah hari senin sampai dengan kamis pukul 08.00 – 14.00 WIB, hari Jumat, pukul 08.00 – 11.30 WIB, hari sabtu dan Minggu libur.

Gerai Samsat Jakarta Barat

Baca Juga : Samsat Daan Mogot Pasca Kebakaran, Kini Sudah Berikan Layanan Secara Normal

Samsat Jakarta Barat online

Layanan online yang diberikan oleh Samsat Jakarta Barat menurut AKP Yuli, Kanit (Kepala Unit) Samsat Jakarta Barat merupakan salah satu model layanan prima yang dihadirkan Samsat untuk para wajib pajak.

Melalui aplikasi berbasis online tersebut, diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengecek dan sekaligus membayar kewajiban perpajakannya bahkan dari rumah hanya bermodalkan kuota internet saja.

Layanan online yang dihadirkan Samsat Jakarta Barat sesuai dengan yang disampaikan AKP Yuli, Kanit (Kepala Unit) Samsat Jakarta Barat adalah aplikasi Si-Ondel dan E-Samsat.

Si-Ondel merupakan singkatan dari Samsat Online Delivery yang merupakan sebuah layanan online perpajakan untuk memudahkan masyarakat mengecek kewajiban pajak dan sekaligus membayarnya. Layanan online delivery ini terintegrasi dengan layanan E-Samsat DKI Jakarta.

Hanya saja, aplikasi Si-Ondel ini merupakan sebuah aplikasi yang hanya tersedia untuk android saja, sementara bagi pengguna iOS masih belum tersedia. Karena itu Si-Ondel baru hanya bisa didownload lewat Google Play Store.

Penggunaan aplikasi Si-Ondel sendiri cukup mudah. Aplikasi ini didesain untuk bisa dipakai semua orang, bahkan orang awam yang belum pernah mengakses Si-Ondel sekalipun.

Berikut kami bagikan untuk Anda langkah – langkah terkait bagaimana cara menggunakan aplikasi Si-Ondel untuk memenuhi kewajiban pajak hanya dari rumah :

  • Pertama lakukan dulu registrasi data kendaraan Anda melalui situs E-Samsat DKI Jakarta
  • Jika sudah selesai, bayar jumlah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sesuai dengan yang tertera pada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).
  • Download aplikasi Si-Ondel lewat Google Play Store karena belum tersedia untuk App Store.
  • Buka aplikasi Si-Ondel yang terdownload dan lakukan registrasi
  • Langsung order delivery surat pengesahan pajak yang baru lewat aplikasi tersebut.
  • Nantinya driver Si-Ondel akan mengambil TBKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran)
  • Jika TBKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) sudah diambil, driver Si-Ondel akan mengirimkan surat pengesahan baru kepada Anda.
  • Nantinya, Anda akan menerima TBPKP dan juga stiker pengesahan STNK terbaru.
  • Nantinya, Anda sebagai wajib pajak juga akan menerima TBPKP dan juga stiker pengesahan STNK terbaru atas delivery dan pembayaran yang sudah dilakukan.

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa sebelum aplikasi Si-Ondel dapat diakses, ada beberapa hal penting sebagai persyaratan yang Anda harus penuhi di antaranya :

  • Kendaraan yang akan didaftarkan harus terdaftar di daerah Jakarta Barat dan masuk ke dalam wilayah hukum daerah Polda Jakarta Barat.
  • Memiliki rekening bank yang sudah bekerja sama dengan Badan Pajak dan Retribusi Daerah provinsi Jakarta Barat
  • Pemilik kendaraan memiliki KTP elektronik nasional
  • Memiliki handphone yang berbasis sistem informasi android
  • Memiliki alamat surel atau alamat email yang masih aktif
  • Memiliki jumlah kuota internet yang cukup yaitu minimal 50 MB untuk mengakses internet yang akan dipakai dalam proses pembayaran pajak kendaraan.

Samsat Jakarta Barat Online

Guna memberikan kesempatan bagi masyarakat yang telat membayar pajak agar memenuhi kewajiban administrasinya sesegera mungkin, Samsat Jakarta Barat juga cukup sering mengeluarkan layanan ‘Pemutihan Pajak’.

Pemutihan pajak adalah suatu tindakan yang dilakukan negara lewat Samsat masing – masing daerah untuk memberikan kesempatan wajib pajak yang sudah cukup lama tidak membayar kewajiban perpajakannya agar sesegera mungkin membayar kewajiban pajak tersebut dikarenakan beban denda atas keterlambatan pembayaran pajak selama periode tertentu dihapuskan.

Jadi, dengan memanfaatkan program pemutihan pajak tersebut, masyarakat yang terlambat membayar pajak selama periode tertentu tidak akan dibebani dengan denda keterlambatan pembayaran. Mereka hanya perlu membayar pajak pokok yang terutang dan pajak tahun berjalan saja tanpa ada beban denda sama sekali.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait layanan yang dihadirkan oleh Samsat Jakarta Barat. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.

Baca Juga : Samsat Cibinong Bogor : Alamat dan Jam Operasionalnya