Apa itu Blibli Paylater dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Kalau bicara tentang paylater atau mekanisme belanja online yang menyediakan sistem pembayaran di kemudian hari, sekarang ini sudah banyak paylater yang beredar di Indonesia. Salah satunya adalah Blibli paylater.

Apa itu Blibli paylater dan bagaimana cara pendaftarannya serta mekanisme untuk memanfaatkan paylater yang satu ini? Berikut informasinya!

 

Mengenal Blibli Paylater

Mengenal Blibli Paylater

Blibli paylater merupakan sebuah sistem pembayaran atas kegiatan belanja online di Blibli yang bisa dilakukan dengan mencicil atau bayar di kemudian hari. Blibli paylater merupakan sebuah mekanisme pembayaran paylater yang disediakan oleh Indodana.

Anda yang bisa menggunakan Blibli paylater adalah Anda yang menggunakan sistem operasi android versi 12 ke atas dan android versi 5.0 Lollipop ke atas. User iPhone atau produk Apple juga pastinya bisa menggunakan aplikasi paylater Blibli ini.

Sama seperti paylater lain yang memiliki limit, paylater Blibli by Indodana juga demikian. Blibli paylater memiliki limit maksimal 8 juta rupiah yang diberikan kepada pengguna dengan nominal yang berbeda – beda.

Pemberian limit dan nominal paylater atas setiap pengguna disesuaikan dengan riwayat paylater pengguna tersebut. Semakin lancar pelunasan paylaternya maka limit yang diberikan akan meningkat dengan sendirinya.

Setelah seorang pengguna paylater Blibli menggunakan paylaternya untuk berbagai kepentingan, maka limit yang dimiliki akan berkurang karena berpindah ke dalam tagihan yang harus dilunasi. Jika tagihan tersebut lunas, maka limit paylater akan dikembalikan ke saldo limit yang ada sesuai dengan kemampuan bayar dari pengguna paylater tersebut.

Lantas bagaimana dengan biayanya?

Paylater Blibli tidak membebankan biaya untuk pembayaran tagihan pengguna melainkan dikenakan biaya administrasi untuk setiap transaksi paylater yang dilakukan. Biaya administrasi tersebut sebesar 2% per transaksi untuk tenor 30 hari.

Sementara untuk tenor lebih lama yaitu 3 bulan, 6 bulan dan maksimal 12 bulan maka biaya administrasi yang dibebankan juga lebih besar yaitu mencapai 3% per transaksi yang dilakukan. Biaya ini akan dibebankan setiap bulannya sampai jatuh tempo pembayaran terakhir dilakukan dan pengguna berhasil melunasi tagihannya.

Ingin mengajukan Blibli Paylater?

Syarat Mengajukan Blibli Paylater

Untuk mengaktifkan Blibli paylater, ada beberapa syarat pengajuan yang harus dipenuhi di antaranya :

Usia minimal ketika mengajukan paylater Blibli adalah minimal 20 tahun dan maksimal 65 tahun

  • Memiliki KTP
  • Memiliki penghasilan tetap minimal 3,5 juta rupiah
  • Telah bekerja selama minimal 3 bulan
  • Memiliki rekening atas nama pribadi dan sudah dimiliki minimal selama 3 bulan ke atas
  • Berada di wilayah operasional Blibli.

Jika syarat tersebut sudah dipenuhi, Anda bisa mengajukan paylater Blibli by Indodana ini. Cara mengajukannya bagaimana?

Cara Mengajukan Blibli Paylater

Cara mengajukan Blibli paylater cukup mudah kok. Berikut kami ulas langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk mengajukan Blibli paylater :

  • Pertama tentu Anda harus punya aplikasi Blibli terlebih dahulu. Kalau belum punya, silahkan download.
  • Setelah aplikasi Blibli terbuka, akan muncul tampilan beranda kemudian pilih paylater
  • Tampilan paylater akan muncul. Di sana juga terdapat penjelasan terkait biaya dan limitnya.
  • Scroll ke bawah dan klik pada menu ‘Aktifkan paylater’
  • Isi form data diri yang muncul sesuai dengan KTP Anda
  • Setelah semua data diri terisi, klik lanjutkan.
  • Form jenis pekerjaan, penghasilan dan informasi lainnya juga akan muncul dan isi dengan informasi yang sebenar – benarnya.
  • Kalau sudah diisi semua, klik lanjutkan.
  • Unggah foto KTP dan selfie dengan KTP. Pastikan agar Anda mengambil foto secara jelas entah itu foto KTP dan foto selfie dengan KTPnya
  • Klik kirim pengajuan
  • Tunggu proses pengajuan disetujui sekitar 2 x 24 jam.

Jika pengajuan Anda diterima, maka limit paylater Anda akan muncul nominalnya yang bisa dipinjam untuk membeli produk yang Anda inginkan di Blibli.

Namun jika tidak diterima, Anda bisa mengajukan kembali. Namun sebelum itu, ketahui juga beberapa alasan mengapa pengajuan paylater Anda di Blibli ditolak.

Apa sajakah alasan pengajuan paylater ditolak?

Alasan Pengajuan Blibli Paylater Ditolak

Ada beberapa alasan mengapa pengajuan Blibli paylater Anda mengalami penolakan, di antara penyebabnya adalah :

Dokumen pengajuan yang salah atau tidak jelas

Mengajukan suatu dokumen dengan bukan data diri sendiri akan mengakibatkan Anda mendapatkan masalah. Jadi pastikan agar Anda mengajukan paylater dengan dokumen Anda sendiri bukan dokumen orang lain.

Bukan hanya dokumen orang lain, dokumen yang kadaluarsa, buram atau pun tidak jelas saja dapat berpotensi membuat pengajuan paylater Anda ditolak.

Ketidakcocokan dokumen

Tak hanya diminta untuk mengupload beberapa dokumen, Anda juga akan diminta untuk mengisi identitas Anda pribadi.

Mekanisme Blibli atau sistem mereka dapat menolak pengajuan Anda jika identitas diri atau keterangan dokumen yang Anda isi tidak sesuai dengan persyaratan dokumen yang Anda lampirkan. Jadi cek kembali lampiran dokumen Anda dan pengisian identitas diri Anda, jangan sampai ada yang tidak match atau tidak sinkron.

Nomor kontak referensi salah

Nomor kontak referensi ini tak kalah pentingnya dengan informasi identitas data diri dan dokumen persyaratan yang Anda ajukan. Jadi jangan Anda menyepelehkannya.

Hindari menggunakan nomor kontak yang salah atau sudah tidak aktif lagi karena Blibli akan mempertimbangkan untuk menolak jika hal tersebut terjadi.

Denda Paylater Blibli

Sama halnya dengan berbagai macam paylater lainnya yang memberikan denda bagi pengguna paylater yang telat membayar tagihan di tanggal jatuh tempo, Blibli paylater pun demikian.

Masa tenggang untuk pembayaran tagihan paylater Blibli sampai dengan 3 hari setelah tanggal jatuh tempo. Hari ke-4 jika Anda masih juga belum membayar tagihan maka Anda akan dikenai denda dan harus membayar denda tersebut sebesar 10% dari total tagihan bulanan Anda.

Jika Anda pun belum membayar sampai satu bulan, maka pengenaan denda keterlambatan tersebut akan mengulang setiap 30 hari sampai total biaya keterlambatan Anda setara maksimal 1 kali nilai dari total transaksi jika memang provisi dikenakan.

Tips Menggunakan Paylater Blibli

Bagi Anda yang merupakan pengguna Blibli paylater, ada beberapa tips yang Anda perlu perhatikan dan pertimbangkan untuk menggunakan paylater Blibli di antaranya :

  • Pastikan Anda mengajukan paylater dengan mengisi data diri secara benar agar potensi pengajuan ditolak dapat diminimalisir
  • Jangan kalap dengan limit. Meski limit paylater yang Anda dapatkan besar jangan menghabiskannya melainkan gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak terjebak dengan hutang gagal bayar.
  • Hanya berhutang jika memang butuh dan kenali kemampuan bayar Anda karena jika Anda telat membayar maka denda harus ditanggung dan denda atas keterlambatan pembayaran paylater tidak sedikit nominalnya.

Itulah beberapa hal penting yang Anda harus pahami tentang Blibli paylater. Anda yang merupakan penggemar belanja online, belanjalah sesuai kebutuhan dan kemampuan dan jika memang harus menggunakan paylater pastikan gunakan secara bijak agar tidak membebani keuangan Anda.

Baca Juga : Apa Itu Cicilan Shopee Paylater

Baca Juga : 3+ Perbedaan Paylater, Kartu Kredit dan Pinjol, Jangan Sampai Salah!