Samsat Jakarta Pusat Berikan Pelayanan Pajak Kendaraan Yang Lengkap

Setiap pemilik kendaraan bermotor perlu melakukan pembayaran pajak tahunan secara rutin di wilayahnya masing – masing. Untuk warga Jakarta Pusat, Anda bisa membayar kewajiban perpajakan di Samsat Jakarta Pusat yang lokasinya berada di satu area dengan Samsat Jakarta Utara.

Mengenai layanan perpajakan yang diberikan Samsat Jakarta Pusat, tak jauh berbeda dengan Samsat Jakarta Utara dan pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi lengkapnya untuk Anda. Mari simak informasinya!

Samsat Jakarta Pusat dan Layanannya Lengkap

Kantor induk Samsat Jakarta Pusat

Mengenai lokasi kantor induk pelayanan publik Samsat Jakarta Pusat, tepatnya berada di Jalan Gunung Sahari Nomor 13, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Di sana, Samsat memberikan pelayanan di hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan hari libur nasional, Samsat Jakarta Pusat menyatakan diri libur atau tutup.

Hampir semua layanan administrasi kendaraan bisa dilakukan di kantor induk Samsat Jakarta Pusat, tak hanya pembayaran pajak tahunan, pembayaran pajak 5 tahunan dan berbagai macam kebutuhan administrasi kendaraan termasuk pengesahan STNK dan balik nama juga dilayani di Samsat Jakarta Pusat.

Selain memiliki layanan memadai di kantor induknya, Samsat Jakarta Pusat juga memberikan layanan lain untuk masyarakat, apa saja?

Samsat keliling atau samling

Samsat Keliling Jakarta Pusat

Apa itu samling atau samsat keliling?

Samling atau Samsat keliling merupakan sebuah layanan jemput bola dari Samsat yang hadir di beberapa titik yang sudah ditentukan di wilayah operasional samsat itu sendiri. Hanya saja, tak seperti di kantor induk yang semua layanan tersedia, Samsat keliling memberikan layanan secara terbatas untuk masyarakat.

Layanan terbatas untuk masyarakat yang diberikan samsat keliling yaitu layanan pembayaran pajak 1 tahunan dan pengesahan STNK atas pembayaran pajak langsung atau secara online. Jadi, kalau pembayaran pajak 5 tahunan dan pengurusan administrasi perpajakan lain, sampai saat ini masih belum bisa dilakukan di Samling atau Samsat Keliling.

Untuk program Samling dari Samsat Jakarta Pusat, dihadirkan di beberapa titik lokasi berikut ini :

  • Samsat keliling di Halaman kantor Samsat Jakarta Pusat, Jalan Gunung Sahari Nomor 13, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, hari Senin sampai dengan Jumat, pukul 08.00 – 14.00 WIB, serta pada hari Sabtu pukul 08.00 – 11.00 WIB.
  • Samsat keliling di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat (masuk dari tempat parkiran mobil), hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, hari Sabtu pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Jika Anda ingin melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan atas pajak tahunan kendaraan bermotor di Samsat Keliling, caranya sebagai berikut :

  • Datang ke lokasi Samsat Keliling Jakarta Pusat.
  • Ikuti antrian.
  • Informasikan pada petugas tentang maksud dan tujuan Anda, yaitu membayar pajak tahunan kendaraan.
  • Anda akan diminta menyerahkan dokumen yang dibutuhkan dan diminta menunggu.
  • Setelah menunggu dan STNK baru sudah selesai dicetak, Anda bisa pulang membawa STNK baru tersebut dan dokumen yang tadi diserahkan.

Lantas, dokumen apa saja yang perlu diserahkan kepada petugas ketika akan melakukan pembayaran pajak tahunan di Samsat Keliling atau Samling?

Beberapa dokumen atau berkas penting yang harus dibawa dan diserahkan kepada petugas ketika melakukan pembayaran pajak tahunan di antaranya :

  • STNK asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotocopy pemilik kendaraan
  • Jika pembayaran pajak dikuasakan, bawa juga surat kuasa dan KTP orang yang diberi kuasa pembayaran (ada samling yang membutuhkan syarat ini, ada juga yang tidak).
  • Untuk berjaga – jaga, silahkan bawa BPKB
  • Bawa alat tulis demi melancarkan proses perpanjangan STNK tahunan.

Layanan Samsat online di E-Samsat

E samsat

Samsat Jakarta Pusat juga menyediakan layanan Samsat online. Layanan Samsat online merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada masyarakat untuk mengecek kewajiban perpajakannya.

Berapa nilai pajak yang harus dibayar pada tahun berjalan, bisa dicek di website E- Samsat hanya bermodalkan kuota internet atau jaringan wifi saja.

Tata cara melakukan pengecekan perpajakan lewat website E-Samsat sebagai berikut :

  • Buka link resmi e-Samsat di https://e-samsat.id
  • Pilih kode plat kendaraan Anda yang pajaknya akan dicek
  • Masukkan nomor plat kendaraan dan nomor seri kendaraan yang pajaknya akan dicek
  • Masukkan nomor rangka kendaraan yang pajaknya akan Anda bayar (5 digit terakhir nomornya saja)
  • Pilih provinsi
  • Klik pada tombol cek sekarang
  • Merk, model, tahun, warna, nomor rangka, nomor mesin, info pajak kendaraan, dan juga PNBP akan muncul beserta informasi total pajak yang harus dibayarkan. Tanggal STNK dan tanggal pajak pun akan dimunculkan. Anda bisa bayar pajak sesuai dengan total pajak yang diinformasikan.

Pembayaran pajak bisa dilakukan secara online juga atau bisa secara langsung di kantor induk Samsat atau lewat layanan Samsat Keliling Jakarta Pusat.

Aplikasi SIGNAL untuk membayar pajak online

Aplikasi Signal

Tak hanya mengecek kewajiban perpajakan saja yang bisa dilakukan secara online, Samsat Jakarta Pusat juga menyediakan layanan online untuk membayar pajak demi kemudahan pembayaran pajak tahunan masyarakat.

Layanan online pembayaran pajak tersebut adalah lewat aplikasi SIGNAL. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa membayar pajaknya kapan pun dan dimana pun hanya bermodalkan kuota internet atau jaringan wifi saja.

Setelah pembayaran selesai dilakukan lewat Samsat online, baru nanti pengesahan STNK barunya dilakukan di samsat induk atau samsat keliling terdekat dengan membawa bukti bayar pajaknya.

Cara pembayaran pajak tahunan lewat aplikasi SIGNAL sebagai berikut :

  • Lengkapi data pribadi kendaraan terlebih dahulu di aplikasi SIGNAL
  • Pilih menu Pendaftaran Pengesahan
  • Pilih NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) sesuai dengan motor yang akan dilakukan pengesahan pajak tahunan
  • Informasi SKK Pembayaran dan SWDKLLJ akan muncul
  • Slide pada tombol Kirim Dokumen TBPKP dan klik pada tombol Lanjut
  • Input alamat pengiriman dan klik Lanjut
  • Tampilan Rekap Biaya akan muncul, klik Lanjut
  • Notifikasi Lanjut Proses Pembayaran akan muncul dan lanjutkan ke proses pembayaran bisa lewat bank DKI atau bank lain yang terekonsiliasi dengan layanan SIGNAL.

Samsat drive thru

Layanan drive thru juga diberikan oleh Samsat Jakarta Pusat untuk masyarakat. Drive thru merupakan sebuah layanan yang terinspirasi dari restoran cepat saji yang menyediakan makanan tanpa membuat pelanggan turun dari kendaraan.

Konsep Samsat drive thru juga demikian. Jadi masyarakat yang akan membayar pajak tahunan dapat langsung membawa kendaraannya ke loket pembayaran untuk melakukan pembayaran tanpa harus parkir atau meninggalkan kendaraan yang dibawa.

Setelah pembayaran pajak diselesaikan dan STNK baru diberikan, baru wajib pajak bisa langsung bersama dengan kendaraannya meninggalkan loket tersebut.

Itulah beberapa layanan menarik yang bisa didapatkan di Samsat Jakarta Pusat. Semoga informasi yang kami bagikan di atas mengenai layanan Samsat Jakarta Pusat bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi, khususnya bagi warga sekitar Jakarta Pusat.

Baca Juga : Samsat Jakarta Utara dan Layanannya Untuk Masyarakat, Cek Dulu!