Samsat Jakarta Utara dan Layanannya Untuk Masyarakat, Cek Dulu!

Tidak hanya memberikan layanan administrasi kendaraan untuk masyarakat lewat keberadaan kantor induk, Samsat Jakarta Utara juga memberikan layanan lain yang memudahkan masyarakat. Layanan apa sajakah itu?

Layanan lain yang dihadirkan oleh Samsat Jakarta Utara untuk masyarakat di antaranya keberadaan Samsat Drive Thru, Samsat Keliling yang lebih mudah diakses oleh masyarakat karena menerapkan sistem jemput bola, Gerai Samsat dan bahkan Samsat Online. Selengkapnya tentang semua layanan tersebut bisa Anda simak dalam informasi berikut ini!

Samsat Jakarta Utara dan Layanannya

Kantor induk Samsat Jakarta Utara

Setiap Samsat pasti punya kantor induk, termasuk Samsat Jakarta Utara juga ada kantor induknya. Adapun kantor induk untuk Samsat wilayah Jakarta Utara berada di Jl. Gn. Sahari No.13, Pademangan Barat, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam operasional untuk kantor induknya dari hari Senin sampai dengan Sabtu. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat melayani masyarakat sejak pukul 08.00 – 15.00 WIB, sementara hari Sabtu melayani masyarakat pukul 08.00 – 11.00 WIB. Untuk hari Minggu, tanggal merah, dan hari libur kantor induk Samsat Jakarta Utara tutup atau libur.

Tak hanya memberikan pelayanan di kantor induk saja, guna memaksimalkan jangkauan untuk melayani masyarakat, Samsat Jakarta Utara juga memiliki layanan lainnya seperti layanan Samsat keliling, sampai dengan Samsat online yang juga akan kita bahas kali ini.

Samsat keliling Jakarta Utara

Samsat Keliling Jakarta Utara

 

Samsat keliling merupakan sebuah layanan jemput bola dari Samsat yang hadir untuk memberikan pelayanan atas pembayaran PKB dan SWDKLLJ satu tahunan di area luar kantor induk Samsat. Untuk wilayah Jakarta Utara, Samsat keliling dihadirkan pada beberapa titik di antaranya :

  • Halaman parkir Samsat Jakarta Utara pukul 08.00 – 15.00 WIB setiap hari Senin sampai dengan Jumat, hari Sabtu pukul 08.00 – 12.00 WIB
  • Kompleks Masjid Al Musyawarah Kelapa Gading pukul 08.00 – 14.00 WIB hari Senin sampai dengan Kamis, hari Jumat dan Sabtu pukul 08.00 – 11.30 WIB
  • Sekitar Pluit Village pukul 10.00 – 14.30 hari Senin sampai Kamis
  • Area Pasar Pagi pukul 09.00 – 14.30 WIB hari Senin sampai Kamis
  • Kecamatan Penjaringan 09.00 – 14.30 WIB hari Senin sampai Kamis dan hari Sabtu. Hari Jumat pukul 09.00 – 11.00 WIB
  • Lapangan Promoter hari Senin sampai Kamis pukul 08.00 – 14.30 WIB

Gerai samsat Jakarta Utara

Samsat Keliling Jakarta Utara

Samsat Jakarta Utara juga menghadirkan layanan gerai Samsat yang dihadirkan untuk masyarakat yang ingin membayar pajak tapi lokasinya jauh dari kantor induk Samsat.

Sebagai informasi, gerai Samsat sendiri merupakan sebuah unit layanan STNK satu tahunan yang bersinergi dengan pelayanan samsat induk dan samsat stasioner. Gerai Samsat juga memberikan pelayanan atas pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Jadi, jangan pernah takut mendapatkan pelayanan dari gerai Samsat karena sejatinya melakukan kewajiban perpajakan dan administrasi kendaraan di gerai Samsat sama dengan melakukan kewajiban perpajakan dan administrasi kendaraan di kantor induk Samsat.

Mengenai lokasi untuk gerai Samsat Jakarta Utara berada di daerah Pluit Village tepatnya bisa ditemukan di alamat Jl. Pluit Indah No.12, RT.1/ RW.4, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Gerai Samsat ini buka setiap hari kecuali hari Minggu, dan hari libur nasional pada pukul 09.00 – 15.30 WIB. Jadi, bagi Anda yang butuh pelayanan administrasi kendaraan atau pun pembayaran PKB bisa langsung datang ke Gerai Samsat pada jam operasionalnya tersebut. Dapatkan pelayanan terbaik yang tak kalah dari pelayanan di kantor induk Samsat Jakarta Utara di gerai samsat yang tersedia.

Samsat online Jakarta Utara

Guna semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan, Samsat Jakarta Utara juga memiliki layanan Samsat online yang dapat diakses di E-Samsat dan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional).

Namun, untuk dapat menggunakan aplikasi online Samsat ini, masyarakat harus memenuhi beberapa persyaratan umum di antaranya :

  • Memiliki bank untuk pembayaran
  • Memiliki data NIK yang selaras atau sama antara data yang ada pada kendaraan dan data yang ada pada bank.
  • Pajak kendaraan yang akan dibayar belum masuk pada masa jatuh tempo 1 tahun atau dalam artian bahwa kendaraan tidak telat bayar sampai 1 tahun lamanya.
  • Domisili kendaraan di ruang lingkup Jakarta.

Jika di rasa syarat tersebut sudah terpenuhi, barulah wajib pajak dapat segera melengkapi data diri pribadinya dan kemudian melakukan pendaftaran pengesahan STNK yang pajaknya akan dibayarkan melalui aplikasi SIGNAL.

Aplikasi Signal

Cara melengkapi data diri pribadi dan prosedur pendaftaran pengesahan STNK yang pajaknya akan dibayarkan lewat aplikasi SIGNAL, sebagai berikut :

  • Pilih pada menu ‘Pendaftaran Pengesahan’
  • Pilih NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor)
  • Informasikan SKK Pembayaran dan juga SWDKLLJ yang muncul.
  • Langsung slide pada tombol ‘Kirim Dokumen TBPKP’ kemudian klik Lanjut
  • Jika tampilan rekap biaya sudah muncul, klik Lanjut
  • Notifikasi ‘Lanjut Proses Pembayaran’ nantinya akan segera muncul.

Setelah melalui langkah – langkah di atas, baru masuk ke proses pembayaran di aplikasi SIGNAL. Cara melakukan pembayaran pajak lewat aplikasi SIGNAL sebagai berikut :

  • Klik pada notifikasi ‘Lanjut Proses Pembayaran yang muncul’
  • Input kode bayar yang tampil dan klik ‘Lanjut’
  • Cara pembayaran yang harus dilakukan akan muncul, klik Lanjut dan pilih salah satu metode pembayaran yang ada.
  • Ikuti langkah – langkahnya sampai akhir atau sampai selesai.

Adapun terkait metode pembayaran lewat bank, Anda bisa membayar di berbagai macam bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara). Artinya bank tersebut sudah terintegrasi dengan layanan E-Samsat dan aplikasi SIGNAL.

Beberapa bank yang termasuk ke dalam Himbara di antaranya adalah Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan juga Bank Pembangunan Daerah atau Bank DKI. Pembayaran lewat bank – bank tersebut bisa dilakukan secara langsung via ATM terkait, mobile banking, atau pun metode SMS banking sesuai dengan ketentuan di masing – masing bank.

Samsat Drive Thru Jakarta Utara

Hal yang juga sangat menarik dibahas bahwa Samsat Jakarta Utara juga sudah menyediakan layanan drive thru. Jadi, layanan drive thru ini merupakan layanan pembayaran pajak tahunan tanpa keluar atau turun dari kendaraan bermotor yang dibawa.

Jadi kendaraan bermotor yang dibawa bisa langsung dibawa ke tempat pembayaran atau loket pembayaran untuk melakukan administrasi perpajakan kendaraan. Setelah administrasi pajak kendaraan diselesaikan, maka STNK yang baru bisa langsung dibawa beserta kendaraan yang dipakai untuk mengikuti layanan drive thru tadi.

Oh ya, jika Anda butuh informasi lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan oleh Samsat Jakarta Utara, Samsat Jakarta Utara juga menyediakan layanan komunikasi secara online lewat nomor 082177606060 atau bisa lewat instagram @samsatjakartautara.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait layanan dari Samsat Jakarta Utara. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat khususnya bagi warga di wilayah Jakarta Utara.

Baca Juga : Samsat Jakarta Selatan Hadirkan Layanan Ini Untuk Masyarakat, Cek Dulu!

Pembiayaan BPKB Solusi Aplikasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil dan BPKB Motor Terpercaya Melalui Mitra Leasing Di Indonesia

Gadai BPKB Bandung