7+ Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas, Anda Harus Tahu!

Kesadaran akan investasi telah cukup besar pada masyarakat modern sebagai salat satu cara mengamankan kekayaan. Dari sekian banyak jenis investasi, emas menjadi bentuk investasi lama yang tidak pernah usang.

Sebab emas dinilai sebagai alat tukar paling stabil dan minim risiko sehingga sangat diminati hingga saat ini. Namun perlu diketahui, sama halnya dengan jenis investasi lain, investasi emas memiliki sisi menguntungkan juga merugikan.

Karena itu penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugian investasi emas sebagai bahan pertimbangan calon investor.

 

Apa Itu Investasi Emas?

Secara pengertian, investasi emas merupakan kegiatan transaksi logam mulia berupa emas dengan tujuan investasi. Umumnya emas digunakan sebagai perhiasan, namun jika bertujuan sebagai investasi membeli emas berbentuk perhiasan kurang menguntungkan.

Jenis investasi emas yang populer dan dinilai menguntungkan adalah investasi emas batangan. Terdapat beberapa jenis investasi emas, mulai dari bentuk sertifikat emas, emas batangan, emas dalam bentuk perhiasan dan banyak lagi macamnya.

Setelah mengetahui definisinya, sekarang mari membahas keuntungan dan kerugian investasi emas itu sendiri.

 

Keuntungan Investasi Emas

Tujuan berinvestasi tentu untuk mendapat keuntungan di masa depan. Apa pun jenis investasi yang dipilih, tujuan akhirnya adalah mendapat untung.

Begitu pula dengan investasi emas, maka sebelum memutuskan berinvestasi ketahui dulu keuntungan investasi emas dan kerugian investasi emas untuk meyakinkan keputusan berinvestasi.
Agar dapat lebih memahami dan yakin, berikut keuntungan dari investasi dalam bentuk emas:

 

Tingkat Likuiditas yang Tinggi

Kelebihan emas / keuntungan investasi emasĀ  dibandingkan jenis investasi lain adalah tingkat likuiditas yang tinggi atau kemudahan pencairan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana cepat, menjual emas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sangat berbeda dengan investasi properti yang membutuhkan waktu untuk menjual apalagi jenis investasi saham. Dengan demikian investor jadi lebih leluasa untuk mencairkan emas menjadi uang tunai ketika membutuhkannya.

Cocok dijadikan investasi sekaligus cadangan dana darurat.

 

Emas Tidak Tergerus Inflasi

Inflasi atau penurunan nilai mata uang bisa terjadi setiap tahun, namun hal itu tidak berpengaruh pada nilai emas yang justru terus naik setiap tahun. Karena itu emas digunakan sebagai alat untuk melindungi nilai kekayaan selama puluhan tahun.

Bahkan ketika hal buruk dan tidak terkendali seperti krisis keuangan terjadi, emas bisa menjadi alat tukar yang aman. Nilai emas dapat dikendalikan dibandingkan nilai mata uang yang terpengaruh dengan inflasi.

 

Investasi Minim Risiko

Investasi emas termasuk investasi yang minim risiko sehingga cocok untuk investor pemula yang baru mencoba. Berbeda dengan saham, properti dan jenis investasi lainnya jika tidak terbiasa sangat berisiko merugi meskipun keuntungan yang bisa diperoleh juga cukup besar.

Hal tersebut karena emas tidak terpengaruh dengan inflasi dan suku bunga tinggi. Tingkat fluktuasi emas juga tidak ekstrem seperti pada jenis investasi lain.

Namun jika memiliki cukup banyak modal investasi, sebaiknya jangan menyatukan investasi pada emas saja, gunakan pula pada jenis investasi lainnya.

 

Tidak Membutuhkan Modal Besar

Investasi dalam bentuk emas tidak membutuhkan modal besar, sebab dengan modal kecil sudah bisa melakukan investasi. Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menyediakan pembelian emas investasi dalam jumlah kecil serta dengan sistem pembayaran cicilan.

Calon investor dapat membeli emas mulai pecahan kecil dan menambah jumlahnya setiap saat. Jumlah investasi emas dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan investor tanpa dibebani jumlah minimal.

Karenanya jenis investasi emas dapat dilakukan semua lapisan masyarakat dari ekonomi rendah hingga tinggi sekalipun.

 

Perawatan yang Mudah

Investasi emas dapat dilakukan dengan menyimpan emas secara mandiri. Tidak perlu khawatir karena emas tidak membutuhkan perawatan khusus selama disimpan pada tempat yang aman.

Cukup simpan hingga waktu tepat untuk dicairkan tiba. Jika merasa khawatir akan keamanan emas yang disimpan sendiri, Anda dapat menyimpan di bank atau pegadaian yang menyediakan layanan penyimpanan.

 

Bebas pajak

Selanjutnya keuntungan investasi emas adalah tidak perlu membayar pajak seperti beberapa jenis investasi lain, misalkan saham pada perusahaan tertentu. Investasi emas merupakan pilihan berinvestasi tanpa pusing memikirkan pajak dari keuntungan yang didapat.

 

Kerugian Investasi Emas

Selain memiliki keuntungan, investasi emas juga memiliki beberapa kerugian investasi emas yang perlu diperhatikan. Meskipun dinilai sebagai jenis investasi paling aman dan minim risiko kerugian, ada beberapa kerugian yang bisa menimpa investor.

Untuk itu penting untuk mengetahui kerugian emas agar dapat diantisipasi dengan baik:

 

Risiko kehilangan

Investasi emas terutama jika menyimpannya sendiri sangat berisiko pada kehilangan atau pencurian. Risiko ini menjadi risiko paling utama dalam berinvestasi dalam bentuk emas.

Serta yang paling berisiko jika investasi dilakukan dalam bentuk emas perhiasan yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Karenanya sebagai investasi disarankan dalam bentuk emas batangan.

Selain itu untuk menghindari risiko kehilangan atau pencurian emas batangan di penyimpanan pribadi. Lebih aman menitipkan atau menyewa safe deposit box yang difasilitasi bank.

Memang Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk biaya sewa namun juga mendapat jaminan keamanan.

 

Harga fluktuatif atau bergerak lambat

Nilai minus lain dari investasi emas adalah harga yang fluktuatif. Meskipun harga emas cenderung selalu meningkat namun kenaikannya berjalan lambat atau tidak berlangsung setiap hari.

Karenanya investor emas tidak dapat membuat perhitungan nilai investasi emas di masa yang akan datang. Dapat dikatakan investasi emas tidak memberikan keuntungan finansial dalam jumlah besar dalam jangka waktu pendek.

Oleh karena itu jika investasi bertujuan mendapat keuntungan banyak dan cepat, Anda dapat mengambil jenis investasi lain dengan risiko lebih besar.

 

Berdampak kecil terhadap ekonomi riil

Karena keuntungan investasi emas bisa didapat dalam gerak lambat, jenis investasi ini tidak memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi riil. Karena keuntungan yang kecil cenderung digunakan hanya untuk kepentingan pribadi.

Sekalipun keuntungan investasi digunakan untuk pembelanjaan tidak terlalu berpengaruh karena jumlahnya kecil. Berbeda dengan investasi saham sebuah perusahaan yang keuntungannya digunakan berputar untuk kepentingan ekonomi.

 

Investasi jangka panjang

Jika berharap memperoleh banyak keuntungan dari investasi emas, Anda bisa mendapatkannya dalam waktu panjang. Karena membutuhkan waktu lama dalam proses kenaikan harga emas untuk mendapat keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

Fluktuasi harga emas yang besar bukan jaminan mendapat keuntungan dalam waktu cepat.

 

Membutuhkan biaya tambahan

Guna mengamankan emas yang dimiliki, investor dapat menitipkannya pada bank atau pegadaian. Untuk itu investor akan dikenai biaya penitipan yang biasanya dibayarkan pada periode waktu tertentu.

Artinya investor emas memerlukan biaya tambahan selain modal investasi pembelian emas. Kecuali investor cukup yakni menyimpan emas secara pribadi dengan aman.

Itu dia keuntungan dan kerugian investasi emas yang penting untuk diketahui sebelum melakukan investasi. Investasi emas sangat cocok dipilih untuk Anda yang masih pemula ingin belajar berinvestasi.

Jangan lupa pertimbangkan keuntungan dan kerugian yang ada untuk memilih investasi yang tepat untuk Anda.