Tips Mengelola Keuangan dan Manfaatnya

Mengelola keuangan menjadi salah satu pondasi penting dalam kehidupan manusia karena sebanyak apapun penghasilan yang didapatkan tidak akan optimal jika tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang tips mengelola keuangan yang bisa dijalankan.

Melalui tips ini Anda bisa membuat perencanaan keuangan semaksimal mungkin sehingga penghasilan yang Anda sudah dapatkan dapat terkontrol dan tidak berhamburan kemana – mana tanpa arah. Tips triknya seperti apa bisa Anda cek dan simak dalam ulasan di bawah ini!

 

Tips Mengelola Keuangan dan Manfaatnya

Buat skala prioritas

skala prioritas

Skala prioritas merupakan peta keuangan yang kehadirannya sangat penting untuk memberikan informasi kepada diri Anda sendiri atau keluarga yang terlibat tentang kemana uang yang sudah didapatkan akan dibelanjakan.

Anda bisa membuat daftar pengeluaran serta sekaligus dapat mengurutkan pengeluaran atas pendapatan yang sudah diterima dari yang kebutuhan paling penting sampai dengan kebutuhan yang tidak penting.

Sebagai contoh, daftar dalam skala prioritas Anda bisa menerapkan susunan prioritas sebagai berikut :

  • Pengeluaran untuk belanja harian
  • Pengeluaran servis kendaraan
  • Pengeluaran untuk membayar cicilan
  • Pengeluaran untuk biaya sekolah anak
  • Pengeluaran listrik dan bensin
  • Dan berbagai jenis pengeluaran lain yang memang penting dalam kehidupan Anda karena pastinya setiap orang memiliki skala prioritas yang berbeda

Cari penghasilan tambahan

Jika setelah Anda susun list pengeluaran berdasarkan skala prioritas ternyata dana penghasilan bulanan Anda masih kurang untuk menutupi seluruh pengeluaran Anda, maka yang Anda perlu dan harus lakukan adalah mencari tambahan penghasilan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan yang bisa Anda lakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda seperti membuka jasa ojek online yang dijalankan setelah Anda pulang kerja, menjadi reseller, menjual produk Anda sendiri secara online dan sebagainya.

Jika Anda punya keahlian tertentu, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian Anda tersebut untuk mendapatkan tambahan penghasilan juga. Semisal jika Anda adalah orang yang hobi fotografi dan memiliki kamera, Anda bisa membuka jasa fotografi yang dijalankan sepulang Anda bekerja.

Buka rekening khusus tabungan

Buka rekening khusus tabungan

Pada era seperti sekarang ini sudah beredar berbagai macam produk perbankan yang semakin memudahkan setiap orang untuk memiliki tabungan. Agar ada dana yang dikhususkan untuk menabung dan tidak Anda ambil untuk keperluan lain, Anda bisa ikut dalam program perbankan yang diadakan tersebut.

Hampir semua perbankan sekarang ini sudah memiliki fasilitas tabungan sejenis yang dapat memberikan manfaat atau benefit di kemudian hari sesuai dengan yang Anda butuhkan. Pastikan juga bahwa Anda menghindari menabung pada rekening yang sama dengan rekening penghasilan bulanan Anda, karena ini sangat diperlukan dalam mengontrol segala macam pengeluaran supaya tidak timbul kekacauan di kemudian hari.

Kurangi penggunaan kartu kredit

Jika selama ini Anda sering menggunakan kartu kredit untuk membiayai pengeluaran bulanan yang Anda inginkan, mulai sekarang Anda harus mulai mengurangi penggunaannya. Terlalu sering dan terlalu banyak menggunakan kartu kredit sangat tidak baik untuk keuangan Anda.

Budaya penggunaan kartu kredit untuk membiayai keinginan dapat menjadikan Anda memiliki budaya berhutang. Atas apa yang Anda inginkan Anda berhutang untuk kemudian membiayai utang yang sebenarnya tidak terlalu Anda perlukan tersebut.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus dampaknya Anda bisa terlilit banyak hutang di kemudian hari. Terlebih kalau perilaku konsumtif Anda sudah tidak terkontrol. Hal ini akan sangat berbahaya bagi keuangan Anda di masa depan.

Bayar cicilan tepat waktu

Bayar cicilan tepat waktu

Jika Anda memang masih punya cicilan, baiknya Anda membayar cicilan tersebut tepat waktu. Dengan membayar tepat waktu tentu Anda bisa meminimalisir potensi terkena denda karena terlambat membayar cicilan tersebut.

Syukur – syukur jika memang Anda bisa membayar cicilan lebih cepat karena hal tersebut dapat membuat Anda tidak lama – lama harus terjerat dengan hutang. Namun tetap pastikan agar setelah Anda berhasil keluar dari jeratan hutang, jangan sampai Anda berhutang kembali.

Jika memang harus berhutang pastikan Anda punya planning untuk melunasi hutang tersebut tepat waktu. Karena jika tidak bisa dipastikan akan banyak masalah lain yang menimpa Anda pada akhirnya.

Mulailah menyisihkan dana untuk berinvestasi

Dari 100% orang masih 10% saja yang berani berinvestasi. Dibandingkan menabung, investasi memang memiliki resiko. Namun investasi juga menjadi cara tepat untuk mendapatkan penghasilan di luar penghasilan utama karena prinsipnya uang yang akan bekerja untuk Anda.

Pilihan investasi yang bisa dimanfaatkan pun sangat banyak. Ada beberapa jenis investasi yang Anda bisa manfaatkan untuk mengelola keuangan Anda terdiri atas :

1. Deposito berjangka

deposito berjangka

Deposito berjangka merupakan jenis deposito dengan tingkat bunga bank yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito juga memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas. Jika menarik uang lebih awal dari periode yang telah disepakati maka akan dikenai denda bagi orang yang melanggar perjanjian penarikan tersebut.

Bagi Anda yang mendepositokan sejumlah dana dengan nominal yang tinggi, maka besar dari keuntungan yang akan Anda dapatkan semakin tinggi juga. Deposito berjangka sendiri sampai saat ini sudah dianggap sebagai bentuk investasi yang paling menguntungkan dengan nilai pertanggungan resiko yang sangat rendah.

2. Investasi emas

Emas termasuk salah satu jenis investasi klasik yang sangat populer bahkan di seluruh Asia. Secara umum emas atau logam mulia termasuk salah satu alat investasi yang dapat menjaga nilai kekayaan dari tergerus inflasi.

Sampai saat ini nilai emas yang selalu sebanding dengan nilai mata uang demikian pun dengan pertumbuhannya menjadikan emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling aman.

3. Investasi properti

Investasi properti

Sama halnya dengan emas, properti juga termasuk salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan karena tidak terkena pengaruh inflasi. Secara umum sama halnya dengan nilai emas, nilai properti akan selalu meningkat sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang yang sangat populer.

Terlebih bagi Anda yang memiliki properti, selain bisa dijual juga dapat disewakan. Dengan menyewakan properti Anda bisa mendapatkan keuntungan nilai sewa dari properti tersebut. Hanya saa memang membiayai properti butuh banyak dana sehingg Anda harus siapkan dulu dana pemeliharaannya jika memang ingin memiliki properti.

Jika memang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan dan tidak ditempati, baiknya Anda sewakan properti Anda. Sementara untuk jangka panjang, jika nilainya sudah meningkat Anda bisa menjualnya untuk mendapat keuntungan. Akan tetapi biasanya Anda butuh waktu sekitar 10 – 15 tahun untuk mendapatkan nilai properti yang lebih besar dari harga belinya.

4. Investasi saham

Pada dasarnya saham merupakan tanda bukti kepemilikan suatu perusahaan. Dengan membeli saham itu artinya Anda punya hak kepemilikan saham sejumlah nominal saham yang Anda punya atau Anda pegang.

Selain bisa dijual ketika harganya melonjak, keuntungan lain yang bisa didapatkan dari saham berasal dari deviden yang dibagikan. Hanya saja memang tidak semua perusahaan menjanjikan pembagian deviden. Jadi jika memang tujuan Anda membeli saham adalah untuk deviden, baiknya Anda cari tahu dulu portofolio saham yang perusahaannya membagikan deviden kepada para pemegang saham.

Investasi jenis ini termasuk salah satu jenis investasi yang sangat cocok bagi seseorang yang berambisi mengeruk uang sebanyak mungkin. Hanya saja utamanya bagi pemula, memilih instrumen investasi saham yang tepat harus berhati – hati agar tidak boncos. Baiknya Anda juga belajar dulu tentang pasar modal, bagaimana transaksi saham dan strategi investasi yang tepat dilakukan.

5. Obligasi

Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan. Biasanya ketika perusahaan dan pemerintah membutuhkan bantuan dana untuk berbagai keperluan termasuk membangun infrastruktur, mereka akan menerbitkan surat utang.

Jadi Anda yang memiliki obligasi artinya Anda merupakan pemberi utang kepada perusahaan atau pemerintah dengan menerbitkan surat utang. Obligasi juga termasuk salah satu jenis investasi yang beresiko rendah namun memberikan imbal hasil yang lumayan besar.

6. P2P Lending

Tren pinjaman online yang beredar dalam beberapa kurun waktu menjadikan P2P lending semakin populer. Sistem P2P lending sendiri cukup sederhana sebenarnya. Jadi P2P lending menjadi suatu perantara bagi investor dengan pihak yang membutuhkan dana untuk permodalan suatu usaha UMKM.

Biasanya pada platform P2P lending tersedia sejumlah nominal pinjaman yang bisa diajukan. Konsepnya Anda bisa menjadi pihak yang berhutang atau memberi hutang. Jika memang Anda merasa memiliki sejumlah uang untuk memberi pinjaman Anda bisa memberi hutang pinjaman kepada orang yang membutuhkan. Besaran bunga akan Anda dapatkan sejumlah nilai pinjaman yang Anda berikan.

 

Manfaat Memiliki Rencana dan Pengelolaan Keuangan

Mengontrol keuangan

Mengontrol keuangan

Dengan memiliki rencana keuangan dan mengelola keuangan maka Anda bisa mencatat setiap pengeluaran secara detail sehingga Anda bisa tahu kemana saja uang Anda belanjakan. Anda juga akan lebih mudah menentukan batas maksimal pengeluaran bulanan untuk masing – masing pos.

Menentukan nilai batas terbesar dari setiap pos pengeluaran sangat penting agar Anda tidak sampai mengalami pembengkakan pengeluaran pada akhirnya.

Menjaga cash flow atau arus kas

Arus kas harus terkontrol agar Anda bisa tahu kemana saja alur pengeluaran Anda dan darimana saja sumber – sumber penerimaan Anda dapatkan. Selain penting untuk manajemen keuangan bisnis, manajemen keuangan pribadi juga penting memahami tentang arus kas ini.

Sebagai pengingat agar tidak besar pasak daripada tiang

debt

Karena Anda memiliki informasi konkrit tentang pemasukan dan pengeluaran tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat sebagai alarm pengingat Anda. Ketika akan ada pengeluaran tidak penting di ambang batas pengeluaran maka Anda bisa segera menyetopnya saat itu juga.

Dengan begitu Anda bisa meminimalisir pengeluaran semaksimal mungkin dan tidak ada uang yang menguap begitu saja. Tentu Anda tidak ingin kehabisan uang di pertengahan bulan bukan? Oleh sebab itu pencatatan keuangan dapat menjadi alat kontrol Anda.

Membantu Anda mencapai tujuan

Jika Anda ingin membeli sesuatu secara cash misalkan ingin membeli rumah atau mobil, Anda harus paham berapa pemasukan Anda, berapa pengeluaran Anda dan berapa sisa uang yang bisa disisihkan. Dengan begitu Anda bisa jauh lebih mudah merinci untuk mencapai tujuan akhir Anda atas keuangan yang Anda punya.

Catatan keuangan secara tidak langsung juga dapat menjadi penyemangat Anda dalam bekerja, mencari tambahan penghasilan, berhemat dan meminimalisir pengeluaran agar bisa jauh lebih cepat mencapai apa yang menjadi tujuan Anda.

Membantu menghadapi kondisi darurat

tips mengelola keuangan - emergency fund

Karena Anda sudah memiliki pencatatan keuangan secara rinci, hal tersebut menjadikan Anda bisa menghadapi berbagai hal yang tak terduga secara lebih mudah. Bahkan Anda juga dapat menganggarkan sekian persen dari pemasukan sebagai dana darurat sehingga Anda bisa memanfaatkannya di kemudian hari jika ada keperluan mendesak tanpa mengganggu uang utama Anda.

Membantu terbebas dari utang

Melakukan manajemen keuangan juga dapat membuat Anda bisa memahami batas maksimal pengeluaran sehingga Anda bisa mencegah terlibat lebih jauh dengan unsur – unsur utang. Dengan selalu mencatat keuangan secara tak langsung Anda juga bisa terhindar dari perilaku konsumtif dan berlebihan.

Itulah berbagai hal menarik mengenai tips mengelola keuangan dan manfaatnya yang Anda perlu tahu, pahami dan terapkan. Pastikan sedari sekarang Anda memanajemen keuangan sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat semaksimal mungkin.