Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

Kerusakan kopling mobil adalah sesuatu yang berefek utama terhadap kinerja kendaraan.Berbicara mengenai transmisi mobil, saat ini terbagi menjadi 3 varian yakni, manual, automatic, dan triptonic. Pastinya setiap varian tersebut memiliki cara kendali yang berbeda-beda. Namun, untuk transmisi yang saat ini banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat global adalah transmisi manual. Dimana transmisi tersebut diklaim lebih support untuk perjalanan jauh seperti perjalanan luar kota, hingga perjalanan luar pulau.

Mobil yang dengan transmisi manual pastinya sudah dibekali komponen kopling sebagai pengatur gigi percepatannya saat mobil melaju. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan, otomatis akan menimbulkan masalah besar, dikarenakan pengatur utama laju mobil tersebut berfungi tidak sewajarnya, dan jika mobil tetap terus melaju, maka akan membahayakan penumpang dan pengemudi didalam mobil terebut. Bagaimana cara mengatasi kerusakan kopling? Daripada penasaran, ikuti ulasan lengkapnya mengenai Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil berikut ini.

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

Kopling Kesulitan Masuk Gigi
Kesulitan memasukkan gigi pada sistem transmisi memang biasa, tapi mengenai hal ini menjadi tanda-tanda permulaan kerusakan pada kopling mobil. Meskipun demikian, hal tersebut tidak bisa langsung diklaim sebagai suatu kerusakan pada transmisi. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pelepasan pedal kopling yang belum sempurna, yang berpengaruh penginjakan gigi berikutnya menjadi lebih sulit

Bagaimana cara menanggulanginya? Caranya cukup sederhana, hanya dengan melakukan penyetelan pada kopling yang sesuai dengan standart, maka kopling akan kembali berfungsi seperti biasanya.

Mobil Bergetar Saat Kopling Dilepas
Bergetar saat kopling di lepas biasanya disebabkan karena adanya plat kopling serta kondisi roda mobil yang kurang rata, sehingga mempengaruhi proses pengaliran tenaga yang akan dialirkan dari mesin ke bagian transmisi menjadi lebih berat. Akibatnya timbul getaran pada mobil pada saat kopling terebut dilepas.

Artikel lainnya  Ini Dia Penyebab AC Mobil Hanya Berangin Terasa Kurang Dingin

Cara menanggulangi hal tersebut cukup mudah. Dengan mengubah roda yang tidak rata dan mengubah komponen yang bermasalah, bisa dijamin kopling mobil akan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Kopling Blong
Salah satu ciri kopling blong ialah kopling terasa sangat enteng dan ringan saat diinjak. Dengan kata lain, Anda tidak memerlukan tenaga besar saat mengalihkan kopling dari satu posisi ke posisi lain. Kopling blong diakibatkan karena angin yang masuk pada sistem hidrolik terlalu banyak, sehingga sistem hidrolik juga akan mengalami kebocoran. Kebocoran ini juga akan bertambah besar seandainya tidak segera ditangani.

Segera bawa mobil Anda ke bengkel jika terjadi kebocoran pada bagian sistem hidrolik. Apabila kopling mobil Anda hanya kehabisan minyak rem, periksa dan isi kembali minyak rem supaya kopling kembali bermanfaat dengan baik.

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil

Tercium Bau Terbakar dari Kopling
Bau terbakar pada kopling diakibatkan karena proses penginjakan kopling yang tidak sempurna, dalam artian hanya menginjak separuh kopling saja. Penginjakan kopling yang tidak penuh menyebabkan kekuatan kopling menjadi lebih kecil, sehingga kampas kopling menjadi lebih kecil.

Kondisi ini pada umumnya terjadi saat jalanan menanjak. Dimana terjadi gesekan pada bagian komponen di dalam kopling menjadi semakin memanas, sehingga pada akhirnya memicu bau gosong dari kopling.

Kurangi kebiasan untuk menginjak kopling setengah, khususnya saat kondisi jalanan menanjak. Kebiasaan ini lambat laun akan mempercepat usia dari kampas kopling tersebut, sehingga kampas kopling jadi cepat rusak.

Pedal Kopling Sulit Diinjak
Ada dua hal yang menjadi penyebab terjadinya pedal kopling sulit diinjak. Pertama,pegas pengembali kopling mendadak kembali menjadi keras, sehingga proses penginjakan pedal kopling juga menjadi lebih sulit. Kedua, kerusakan yang terjadi pada sistem kopling yang bisa diakibatkan oleh usia mobil yang sudah tua, dapat juga karena mobil jarang digunakan oleh pemiliknya.

Artikel lainnya  Ini Dia Penyebab AC Mobil Hanya Berangin Terasa Kurang Dingin

Untuk menanggulangi dua penyebab tersebut, Anda dapat mencoba untuk menghidupkan mesin mobil dengan memijak pedal kopling secara perlahan. Lakukan dengan teliti dan hati-hati. Kalau tidak, kerusakan yang timbul pada pedal kopling justru tidak akan berkurang, melainkan klerusakan akan bertambah banyak.

Cara mengatasinya cukup mudah. Hanya saja, Anda butuh super hati-hati saat memperbaiki sistem kopling ataupun pedal kopling agar proses perbaikannya berlangsung mulus. Apabila Anda tidak yakin dapat membenahi masalah kopling mobil sendirian, Anda bisa serahkan langsung ke bengkel yang berpengalaman di bidang perbaikan ini.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil yang dapat kami sampaikan kali ini. Diharapkan isi ulasan bisa memberikan referensi bagi Anda yang saat ini memiliki mobil bermasalah pada bagian kopling. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)
Cara Mudah dan Aman Mengatasi Kerusakan Kopling Mobil